Kelemahan dan Kelebihan Teori Atom Dalton

Posted on

Atom merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran kimia. Banyak teori yang dikemukakan oleh para ahli, salah satunya adalah teori yang dikemukakan oleh dalton, dan teori ini disebut dengan teori atom dalton.

Teori atom dalton merupakan teori yang tertua yang ada di dunia. Teori dalton sendiri ditemukan oleh john dalton, john dalton adalah seorang guru sekolah di inggris yang sudah mempublikasikannya pada tahun 1808.

Temuannya mengenai atom ini didasarkan pada eksperimen dan juga hukum beberapa kombinasi kimia. Dalton memiliki beberapa dalil yakni, atom merupakan partikel yang sudah tidak dapat dibagi lagi.

Selain itu menurut teori dalton, atom juga tidak dapat dihancurkan. Dan atom juga merupakan unit terkecil dari materi yang dapat mempengaruhi suatu reaksi kimia yang terjadi.

PELAJARI:  Pengertian dan Manfaat Bakteri Rhizobium leguminosarum

Seperti kebanyakan teori yang lainnya, teori atom dalton ini memiliki kelebihan dan juga kelemahan.

Kelemahan Teori Atom Dalton

Kelemahan teori atom dalton yakni:

1. Ketidakterpisahan atom terbukti tidak benar, karena atom dapat dibagi lagi menjadi beberapa bagian seperti proton, neutron dan juga elektron. Namun atom merupakan satuan terkecil yang sangat berpengaruh dalam suatu reaksi kimia yang terjadi apabila senyawa kimia digabung menjadi satu.

2. Menurut dalton, atom-atom dari unsur yang sama adalah sama dalam segala hal. Pernyataan dalton ini salah karena atom dari beberapa unsur yang berbeda-beda dalam hal massa dan juga kepadatannya. Atom seperti yang ada di dalam unsur yang sama memiliki massa yang berbeda disebut dengan isotop.

PELAJARI:  Teknik Pemisahkan Fraksi Minyak Bumi

3. Menurut dalton, yang berbeda biasanya tergabung dalam rasio nomor yang sederhana keseluruhan untuk membentuk suatu senyawa. Hal ini nampaknya tidak terlihat pada senyawa organik kompleks seperti misalnya pada senyawa organik yang membentuk gula.

Kelebihan Teori Atom Dalton

Kelebihan teori atom dalton adalah sebagai berikut:

1. Teori hukum dalton ini menjelaskan tentang hukum kombinasi kimia yang tidak ada saat itu dan sampai sekarang masih digunakan.

2. Dalton adalah satu-satunya penemu yang mengakui perbedaan dapat diterapkan antara partikel dari suatu unsur ataupun atom dan dari senyawa ataupun molekul.

Nah, demikianlah sedikit informasi tentang teori atom dalton. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.