Membenahi Kesalahan Isi Laporan Hasil Observasi

Posted on

Pelajaran sebelumnya kamu sudah mempelajari tentang struktur laporan hasil observasi. Struktur tersebut adalah definisi umum, definisi bagian, dan definisi manfaat. Nah di bagian ini kamu ditugaskan untuk membenahi kesalahan isi laporan hasil observasi. Dibawah ini terdapat dua contoh teks. Teks tersebut kamu tentukan mana yang menjadi bagian pernyataan umum dan mana yang menjadi bagian pengklasifikasian.

Definisi Umum

Pernyataan umum biasanya disajikan dalam kalimat definisi. Kalimat definisi seringkali mengggunakan konjungsi ”adalah, ialah, yakni, merupakan, dan yaitu”.

a. Kutipan 1

Paus adalah satu dari sekian banyak ikan yang istimewa. Mamalia laut, bertubuh besar, cerdas dan hidup bebas di samudera. Cara bernapasnya juga istimewa. Kalau makhluk laut lain bernapas dengan insang, maka paus menggunakan paru-parunya. Berdasarkan ada atau tidak giginya, paus terbagi menjadi dua kategori yaitu paus bergigi dan baleen atau balin atau paus yang tidak bergigi.

b. Kutipan 2

Sungai adalah aliran air yang besar dan memanjang yang mengalir secara terus-menerus dari hulu (sumber) menuju hilir (muara). Sungai konsekuen adalah sungai yang arah alirannya sesuai dengan kemiringan batuan. Sungai sbsekuen adalah sungai yang arah aliran airnya tegak lurus dengan sungai konsekuen. Sungai obsekuen merupakan anak sungai subsekuen yang arah alirannya berlawanan dengan kemiringan batuan. Sungai resekuen merupakan anak sungai subsekuen yang arah alirannya searah dengan kemiringan batuan. Sungai insekuen merupkan sungai yang arah alirannya teratur dan tidak terikat lapian batuan yang dilaluinya.

Perhatikan contoh-contoh kalimat definisi berikut ini.

  • Paus adalah satu dari sekian banyak ikan yang istimewa.
  • Wayang adalah seni pertunjukan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia.

Sekarang, belajarlah membuat kalimat definisi. Jelaskan bagaimana cara menguji ketepatan sebuah kalimat definisi.

Selanjutnya, pelajarilah bagaimana cara membuat pengklasifikasian yang baik. Pengklasifikasian sebuah objek yang baik harus menyebutkan dasar pengklasifikasian dan jumlah keanggotaannya. Pada kutipan satu di atas pengklasifikasian ikan paus dapat dilihat dalam kalimat:

  • Berdasarkan ada atau tidak giginya, paus terbagi menjadi dua kategori yaitu paus bergigi dan baleen atau balin atau paus yang tidak bergigi.
PELAJARI:  Membedakan Fakta dan Opini

Dalam kalimat di atas pengklasifikasian paus disajikan dengan mencantumkan tiga hal yaitu (objek yang dilaporkan yaitu pas, (b) dasar pengelompokan, dan (c) jumlah anggota objek.

Bandingkan kutipan 1 dan 2 dengan dua kutipan berikut ini.

c. Kutipan 3

Ikan paus merupakan ikan terbesar saat ini. Ikan paus ini memiliki banyak jenis dari ikan paus yang buas atau karnifora sanpai ikan paus yang jinak. Banyak orang yang kurang tahu tentang jenis-jenis ikan paus di dunia ini padahal ada banyak ikan jenis ikan paus.

Pada kutipan 3 di atas kalimat defenisi ikan paus dapat dilihat dalam kalimat:

  • Ikan paus merupakan ikan terbesar saat ini.

d. Kutipan 4

Kelelawar disebut sebagai hewan yang menakutkan karena selalu dihubungkan dengan mitos vampir. Bagaimana fakta sebenarnya tentang kelelawar? Hewan ini termasuk jenis mamalia, hewan beranak dan menyusui, seperti anjing, kucing, sapi, dan lain-lain. Hewan menyusui ini berasal dari ordo Chiroptera. Hanya ada tiga jenis kelelawar di dunia yang mengisap darah. Tiga jenis kelelawar yang hidup di bagian tengah dan selatan Amerika tersebut menggigit hewan ternak dan mengisap hanya sedikit darahnya tanpa membahayakan

Pada kutipan 4 di atas pengklasifikasian Kelelawar dapat dilihat dalam kalimat:

  • Hanya ada tiga jenis kelelawar di dunia yang mengisap darah.

Deskripsi Bagian

Deskripsi bagian yang baik disajikan mengikuti urutan dalam pengklasifikasian. Perhatikan paragraf-paragraf yang merupakan deskripsi bagian secara berurutan membahas wayang kulit, wayang wong, wayang golek, wayang suket, dan wayang motekar.

Apabila pada bagian pernyataan umum terdapat kalimat definisi dan kalimat pengklasifikasian, dalam bagian deskripsi bagian kamu akan menemukan kalimat deskripsi.

Contoh kalimat deskripsi:

  • Wayang ini terbuat dari kulit kerbau yang ditatah, dan diberi warna sesuai kaidah pulasan wayang pendalangan, diberi tangkai dari bahan tanduk kerbau bule yang diolah sedemikian rupa dengan nama cempurit yang terdiri dari: tuding dan gapit.
  • Wayang topeng dimainkan oleh orang yang menggunakan topeng.
  • Wayang tersebut dimainkan dengan iringan gamelan dan tari-tarian.

Deskripsi Manfaat

Teks laporan hasil observasi biasanya diakhiri dengan deskripsi manfaat. Manfaat objek yang diobservasi tersebut dpat dilihat dari berbagai sudut pandang. Pada teks Wayang deskripsi manfaat dinyatakan pada paragraf terakhir sebagai berikut.

PELAJARI:  Mengidentifikasi Informasi Berupa Permasalahan Aktual yang Disajikan dalam Ceramah

Bagian Teks

  • Semua jenis wayang di atas merupakan wujud ekspresi kebudayaan yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai kehidupan antara lain sebagai media pendidikan, media informasi, dan media hiburan. Wayang bermanfaat sebagai media pendidikan karena isinya banyak memberikan ajaran-ajaran kehidupan kepada manusia. Pada era modern ini, wayang juga banyak digunakan sebagai media informasi. Ini antara lain dapat kita lihat dari pagelaran wayang yang disisipi informasi tentang program pembangunan seperti keluarga berencana (KB), pemilihan umum, dan sebagainya.Yang terakhir, meski semakin jarang, wayang masih tetap menjadi media hiburan.

Analisi Isi

  • Deskripsi manfaat; berisi manfaat objek yang diobservasi.

Tugas

Bacalah teks laporan hasil observasi berikut ini, kemudian kerjakan tugas yang disajikan di bagian akhir teks sesuai dengan petunjuk.

Sampah

Sampah merupakan barang sisa yang tidak memiliki nilai ekonomi. Sampah dibagi menjadi dua jenis sampah organik dan sampah an organik. Sungai merupakan aliran sungai yang mengalir dali hilir ke hulu, sungai pada umumnya di gunakan sebagai beberapa kegiatan yang membantu manusia. Namun, di desa Jantur Kecamatan Bumiaji sungai di salahgunakan menjadi tempat pembuangan akhir sampah sehingga sungai yang dulunya dialiri air sekarang menjadi kering dan penuh dengan timbunan sampah.

Sampah anorganik adalah sampah yang sulit diuraikan,tidak bisa hancur dengan alami, biasanya terdiri dari limbah bahan-bahan kimia yang tidak mudah diuraikan,sedangkan jika sampah anorganik di daur ulang dapat membuat barang yang bernilai guna. Contoh jenis sampah anorganik adalah plastik, wadah detergen, plastik-plastik bungkus sisa makanan.

Sampah organik adalah sampah yang dapat diuraikan lagi dan mudah membusuk. Sampah ini biasanya berupa limbah rumah tangga yang mudah membusuk, limbah ternak yang tidak dikelola terlebih dulu tetapi langsung dibuang begitu saja, dan daun-daun atau batang pohon yang sudah mati. Contohnya daun, sayur, sisa buah, limbah kayu sisa dan limbah pembuangan kotoran sapi.

Baik sampah organik maupun anorganik sesungguhnya sangat bermanfaat bagi kehidupan apabila manusi dapat mengolahnya dengan baik.

PELAJARI:  Menelaah dan Merevisi Teks Tantangan "Dilema Kenaikan Tarif Dasar Listrik Industri"

Berdasarkan teks laporan hasil observasi di atas kerjakan tugas berikut ini.
a. Jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Apakah kalimat definisinya sudah tepat? Jelaskan alasanmu!
Jawab: Definisi dari sungai, sampah, sampah organik dan sampah anorganik sudah tepat, sudah memberi pengertian dan penjelasan yang sesuai.

2. Apakah pengklasifikasian objek yang diobservasi sudah disajikan dalam kalimat yang tepat? Jelaskan alasanmu!
Jawab: Klasifikasi tentang objek seperti sungai, sampah organik dan anorganik bisa dikatakan sudah padu dan dapat dipahami. pendek kata, klasifikasinya sudah tepat.

3. Apakah urutan penyajian dalam deskripsi bagian telah mengikuti urutan pengklasifikasian objek yang diobservasi? Jelaskan jawabanmu!
Jawab: Tulisan di atas kalau dilihat dari urutan penyajian amburadul. seharusnya tulisan di atas dimulai dengan menjelaskan sungai, lalu spesifik pada sungai di Bumiaji. Setelah penjabaran tentang sungai telah selesai, maka gilirannya untuk menggambarkan tentang sampah beserta jenis sampah yang dijelaskan dengan kelebihan dan kekurangannya.

4. Apakah dalam teks laporan hasil observasi tersebut telah terdapat deskripsi manfaat?
Jawab: Kalimat “Baik sampah organik maupun anorganik sesungguhnya sangat
bermanfaat bagi kehidupan apabila manusi dapat mengolahnya dengan baik.” belum bisa disebut memberikan penjelasan atau menguraikan manfaat dari sampah organik dan anorganik.

5. Apakah dalam teks tersebut terdapat kalimat yang tidak padu/ menyimpang dari topik yang dibahas?
Jawab: Kalimat “Sampah merupakan barang sisa yang tidak memiliki nilai ekonomi.” bisa dikatakan tidak sinkron dengan keseluruhan isi. Dikatakan demikian, karena hal tersebut tidak konsisten dengan kalimat penutup yang menyebutkan bahwa sampah memiliki suatu manfaat.