Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi

Apakah kamu pernah mendengar atau membaca teks deskripsi? Baik itu menonton acara jalan-jalan dari sebuah televisi yang menayangkan keindahan pariwisata Indonesia dengan pemaparan yang menarik. Atau membaca info perjalanan yang mendeskripsikan keindahan wisata Indonesia? Ya, itulah beberapa contoh teks deskripsi. Untuk mengenal lebih jauh teks deskripsi, terlebih dahulu kamu harus mengetahui ciri isi dan tujuan teks deskripsi.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Teks deskripsi mempunyai ciri-ciri yang dapat mempermudah kita dalam mengenal jenis dari sebuah teks deskripsi Berikut di bawah ini adalah diantara ciri-ciri dari paragraf deskripsi, yaitu :

  • Menjabarkan atau menggambarkan suatu objek seperti benda, tempat atau suasana tertentu.
  • Melibatkan panca indera (penglihatan, pendengaran, pengecapan, penciuman dan
    perabaan).
  • Memaparkan ciri-ciri fisik dan sifat objek tertentu seperti ukuran, bentuk, warna dan kepribadian secara jelas dan terperinci.
  • Banyak ditemukan kata-kata atau frasa yang bermakna kata sifat atau keadaan.
PELAJARI JUGA:  Menemukan Gagasan Umum dan Fakta Penting dalam Teks Eksplanasi

Tujuan Teks deskripsi

Tujuan teks deskripsi menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis Teks deskripsi bertujuan menggambarkan/ melukiskan secara rinci dan penggambaran sekonkret mungkin suatu objek/ suasana/ perasaan sehingga pembaca seakan-akan melihat, mendengar, mengalami apa yang dideskripsikan.