Seni Musik dan Unsur yang Menyusunnya

Bisa dikatakan bahwa sekarang orang-orang di seluruh dunia rata-rata tidak dapat hidup tanpa mendengarkan musik. Musik dapat menjadi teman di kala senang, sedih bahkan ketika galau sekalipun. Musik masuk ke dalam setiap sendi kehidupan manusia.

Hidup tanpa musik serasa hampa dan tidak berwarna sama sekali maupun hitam putih, karena musik dapat memberi warna yang membuat hati pendengarnya akan mengikuti setiap irama musik tersebut.

Misalnya bagi orang yang sedang memiliki banyak pikiran bahkan sedang stress maka musik yang disarankan adalah musik yang lembut seperti musik karya dari maestro musik dunia yakni Beethoven, musik yang biasa kita dengarkan ketika membuka kotak musik.

Pengertian Seni Musik

Menurut jJamalus (1988), musik adalah suatu hasil karya seni bunyi dalam bentuk lagu ataupun komposisi musik yang mengungkapkan pikiran dan juga perasaan penciptanya melalui unsur-unsur musik diantaranya adalah irama, melodi, harmoni, bentuk dan juga struktur lagu dan ekspresi sebagai satu kesatuan.

PELAJARI JUGA:  Tari Penyambutan di Kalimantan Timur

Sedangkan Prier (1991), mengatakan hal yang sama yang telah diungkapkan oleh Aristoteles bahwa musik merupakan curahan kekuatan tenaga penggambaran yang berasal dari gerakan rasa dalam suatu rentetan suara maupun melodi yang berirama.

Sehingga secara garis besar dapat dikatakan bahwa musik adalah bagian dari seni yang menggunakan bunyi sebagai media penciptaannya.

Unsur Penyusun Senin Musik

Dalam seni musik sendiri terdiri dari dua unsur yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Kedua unsur tersebut yakni unsur vocal dan instrument.

Vocal adalah alunan nada-nada yang keluar dari suara manusia sedangkan instrument adalah nada-nada yang keluar dari alat musik yang digunakan. Teknik vocal adalah cara memproduksi suara yang baik dan benar, sehingga nanti suara yang akan keluar terdengar jelas, indah, merdu dan juga nyaring.

Unsur-unsur teknik vocal terdiri dari artikulasi, pernafasan, pendengaran yang baik, kontrol pernafasan dan juga rasa musical. Dan nada adalah bunyi yang memiliki getaran teratur tiap detiknya.

PELAJARI JUGA:  Bentuk dan Jenis - Jenis Patung

Sifat dari nada dibagi menjadi empat yakni fitch, durasi, intensitas nada dan juga timbre.

  • Fitch yakni ketepatan setiap jangkauan nada.
  • Durasi adalah lamanya suatu nada ketika dibunyikan.
  • Intensitas nada adalah kuat lembutnya nada ketika nada tersebut sedang dibunyikan.
  • Timbre adalah warna suara yang berbeda antara satu orang dengan orang yang lainnya. Timbre ini dibagi menjadi sopran, messo sopran dan juga alto untuk suara wanita dewasa. Sedangkan untuk suara pria dewasa dibagi menjadi tenor, bariton dan juga bas.

Nah, demikianlah sedikit informasi mengenai seni musik. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.