Mengidentifikasi Ciri Objek dan Isi Teks Deskripsi

Objek teks deskripsi bersifat khusus dengan ciri tertentu yang berbeda dengan umumnya. Berikut ini contoh yang dideskripsikan pada teks deskripsi Parangtritis nan Indah.

Teks            Objek/Hal yang Dideskripsikan
1                  Pantai Parangtritis

Tujuan teks deskripsi menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis.

Teks          Tujuan
1              Menggambarkan keindahan Pantai Parangtritis

Teks          Rincian
1               Keindahan fisik pantai, keindahan sore hari (sun set), suasana kegiatan orang di pantai.

Teks         Perasaan terhadap objek
1              Bangga dengan keindahan Pantai Parangtritis

PELAJARI JUGA:  Pengertian Antonim, Jenis dan Contoh Antonim

Ciri Objek yang dideskripsikan

• Objek yang dibicarakan pada teks deskripsi bersifat khusus (objek tertentu yang kemungkinan berbeda dengan objek lain). Objek yang dideskripsikan bersifat pendapat personal. Ciri ini tergambar pada judul berisi objek pada konteks tertentu (Si Bagas Kucingku, Ibuku Kebanggaanku). Hal yang dibicarakan khusus kucing bernama Bagas yang kemungkinan memiliki sifat berbeda dengan kucing-kucing yang lain. Demikian juga Ibu yang dideskripsikan memiliki tanggapan khusus sesuai dengan pendapat penulis tentang ibu yang bisa jadi berbeda
dengan ibu pada umumnya).

Ciri Isi

• Isi teks deskripsi diperinci menjadi perincian bagian-bagian objek
• Isi teks deskripsi menggambarkan secara konkret (menggambarkan wisata yang indah akan dikonkretkan indahnya seperti apa, menggambarkan ibu yang baik akan dikonkretkan baiknya seperti apa). Dengan demikian, teks deskripsi banyak menggunakan kata khusus (warna dikhususkan pada kata hijau, biru toska, orange)
• Isi teks deskripsi bersifat personal dengan kandungan emosi sehingga menggunakan kata-kata dengan emosi kuat (ombak menggempur, kemolekan pantai, ibuku yang tangguh)