Meringkas Dan Menyimpulkan Berita

Posted on

Dalam menyimpulkan berita yang akan kita dengar dari radio atau televisi, kita dapat berlatih dengan meminta temanmu untuk membacakan sebuah berita dengan berbagai tema, misalnya tema tentang kesehatan. Setelah menyimak berita tersebut kita dapat melatih kemampuan menyimpulkan berita dengan cara membaca kembali teks berita yang telah dibacakan teman tersebut. Selanjutnya, kita harus menentukan pokok-pokok berita dan menyimpulkannya dengan menggunakan kalimatmu sendiri

Cara menyimpulkan isi berita adalah menyimak berita saksama dan mencatat pokok-pokok berita pada saat mendengarkan berita. Catatlah pokok-pokok berita dengan kalimat pendek agar tidak ketinggalan dalam menyimak berita. Membuat kesimpulan berita. Kesimpulan dibuat dengan merangkaikan pokok-pokok berita yang telah dicatat menjadi beberapa kalimat.

Langkah-langkah menyimpulkan isi berita sebagai berikut :

  • Menyimak berita dengan seksama.
  • Mencatat pokok-pokok isi berita yang kita dapatkan : tema, peristiwa, yang diberitakan, orang yang diberitakan, tempat kejadian, waku kejadian, proses terjadinya peristiwa yang sedang diberitakan.
  • Membuat kesimpulan berita dengan cara menyusun pokok-pokok berita kemudian disusun dalam kalimat berita.
PELAJARI:  Mengidentifikasi Ciri Teks Prosedur

Cara menyimpulkan isi berita dapat ditulis dalam sebuah paragraf berdasarkan pokok pokok pikiran yang telah ditemukan dalam wacana berita. Perhatikan contoh berikut !

Kebakaran Melanda Ibu Kota

Kebakaran kembali melanda ibu kota. Api dengan cepat melahap pemukiman padat penduduk di daerah Tambora, Jakarta Barat. Peristiwa tersebut terjadi ketika warga sedang melaksanakan sholat Tarawih, Minggu (28/7).

Turman, ketua RW 11 mengatakan, “Saat peristiwa terjadi, semua warga tengah melaksanakan sholat Tarawih di masjid. Api dengan cepat menyebar ke rumah warga yang lain, sehingga banyak warga yang tidak sempat menyelamatkan harta benda mereka”.

Kebakaran diduga disebabkan adanya hubungan arus pendek dari salah satu rumah warga. Petugas pemadam kebakaran mengalami kesulitan untuk menjinakan si jago merah karena lokasi kebakaran sulit dijangkau petugas. Api baru bisa dipadamkan tiga jam kemudian. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupuah.

PELAJARI:  Melaporkan Kegiatan Membaca Buku

Untuk menyimpulkan isi berita di atas, langkah pertama adalah mencari 5W + 1H, yaitu:

  • What = kebakaran
  • When = Minggu, 28 Juli 2013
  • Where = Tambora, Jakarta Barat
  • Who = warga RW 11 Tambora
  • Why = adanya hubungan arus pendek dari salah satu rumah warga
  • HoW = ketika warga sedang sholat tarawih, terjadi konsleting dan api dengan cepat menyebar ke rumah warga yang lain.

Setelah menentukan unsur-unsur beritanya, barulah kita bisa membuat kesimpulannya.

Kesimpulan:

Kebakaran terjadi di daerah Tambora, Jakarta Barat pada hari Minggu, 28 Juli 2013. Peristiwa tersebut diduga disebabkan adanya hubungan arus pendek dari salah satu rumah warga. Warga Tambora yang menjadi korban dalam peristiwa tersebut sedang melaksanakan sholat tarawih ketika kebakaran terjadi.