Ciri-ciri, Struktur Tubuh dan Sistem Reproduksi Mollusca

Mollusca berasal dari Bahasa Latin yaitu molluscus yang artinya lunak merupakan sejenis hewan triploblastik selomatayang memiliki tubuh bersifat lunak. Ke dalam kelompok ini termasuk hewan – hewan dengan atau tanpa cangkang seperti beragam jenis siput, kiton, cumi – cumi dan kerabatnya, serta kerang – kerangan.

Mollusca adalah salah satu filum terbesar kedua di dalam kerajaan binatang setelah filum arthropoda. Sekarang ini rata – rata ada sekitar 75 ribu jenis ditambah dengan 35 ribu kelompok dalam bentuk fosil.

Kebanyakan moluska hidup di laut, air payau, air tawar, dan darat. Dari palung – palung benoa di laut hingga pegunungan yang tinggi bahkan dengan mudah ditemukan di sekitar rumah anda.

Mengenal Mollusca

Yang dimaksud dengan mollusca adalah sekelompok hewan yang memiliki sifat tripoblastik slomata dan sejenis invertebrata yang mempunyai bentuk tubuh lunak dan multiseluler.

 

Seperti dijelaskan di atas, istilah mollusca berasal dari Bahasa Yunani yaitu suku kata molluscus yang artinya lunak. Jadi dalam hal ini mollusca termasuk ke dalam hewan yang berbentuk lunak baik itu terhadap cangkang ataupun tanpa cangkang.

Contohnya adalah beragam jenis kerang – kerangan, siput, kiton, cumi – cumi dan kerabatnya. Sekarang ini banyak ditemukan jenis hewan ini diperkirakan terdapat sekitar 75 ribu ditambah 35 ribu jenis dalam bentuk posil. Molluska khusus dipelajari oleh cabang ilmu bernama zoology yang disebut dengan istilah malakologi / malacology.

BACA:  Urutan Taksonomi dari Terendah Hingga Tertinggi

Ciri – Ciri Mollusca

Adapun cici-ciri dari Mollusca adalah sebagai berikut:

1/Memiliki tubuh yang terdiri atas sepasang kaki muscular dan kepala yang mengalami perkembangan beragam dikelompokkan berdasarkan atas kelasnya masing – masing. Sepasang kaki yang dimiliki oleh kelompok mereka berfungsi untuk melakukan sistem adaptasi yang bermanfaat untuk melakukan pertahanan hidup pada daerah substrat, dengan menggali dan membor daerah tersebut atau melakukan gerakan – gerakan tertentu.

2/Memiliki ukuran terhadap tubuh yang bervariasi.

3/Bersifat lunak dan tidak ada ruas.

4/Merupakan sejenis hewan hermafrodit yaitu rata – rata memiliki 2 kelamin (jantan dan betina) di dalam satu tubuh mereka.

5/Tubuh mereka terdiri dari kaki, mineral dan massa viseral.

6/Mollusca rata – rata mempunyai struktur tubuh yang bersifat simetris bilateral.

7/Melakukan perkembangbiakan secara seksual.

8/Memiliki sifat sebagai hewan heterotrof.

9/Merupakan tripoblastik selomata.

10/Adalah termasuk ke dalam kelompok hewan invertebrata (tak bertulang belakang).

11/Mampu hidup di air dan di darat.

12/Memiliki cincin syaraf yang menjadi sistem syaraf pusat mereka.

13/Organ ekskresi berupa nefridia.

14/Memiliki radula (lidah bergigi).

Sistem Reproduksi Mollusca

Kelompok hewan mollusca merupakan hewan hermaprodit yaitu hewan yang memiliki alat kelamin jantan dan betina di dalam satu individu (berumah satu) namun pada beberapa jenis ditemukan juga hewan ini yang memiliki alat kelamin terpisah (berumah dua).

Maka dari itu cara reproduksinya adalah melalui cara – cara fertilisasi internal.

Struktur Tubuh Mollusca

Secara garis besar tubuh mollusca memiliki 3 struktur utama antara lain sebagai berikut :

  1. Kaki adalah merupakan penjuluran pada bagian tubuh yang terdiri atas otot – otot. Kaki pada mollusca memiliki fungsi untuk merayap, bergerak, atau menggali. Sebagian jenis mollusca memiliki kaki yang digantikan dengan tentakel yang berfungsi dalam menangkap mangsa mereka.
  2. Mantel adalah merupakan salah satu bagian yang berfungsi untuk menyelubungi atau melindungi massa viseral. Di bagian mantel ini berisikan beberapa rongga cairan yang adalah sebagai tempat berupa lubang dari insang, anus, dan cairan dari hasil melakukan sistem ekskresi. Mantel dapat mensekresikan komponen yang akan membentuk menjadi cangkang.
  3. Massa viseral adalah bagian dari tubuh hewan yang lunak sebagai tempat terdapatnya organ – organ tubuh mereka. Massa yang diselubungi oleh jaringan tebal inilah disebut dengan istilah mantel.
BACA:  Otot yang Melekat pada Rongga Tubuh

Peranan dan Manfaat Mollusca

Tentu saja mollusca memiliki manfaat besar terhadap kehidupan manusia yang mana ada banyak jenis mollusca bisa diaplikasikan dalam beragam hal.

Macam – macam kegunaan dari mollusca adalah sebagai berikut :

  1. Serbuk cangkang dari kerang laut memiliki potensi sebagai obat sakit maag.
  2. Kerang dan tiram bagus dimanfaatkan untuk beraneka perhiasan.
  3. Sebagai bahan makanan seperti sotong, cumi – cumi, dan kerang, dan lain sebagainya.

Contoh Hewan Mollusca

Berikut adalah beberapa contoh hewan yang termasuk dalam Mollusca:

  1. Bekicot (achatina fulica)
  2. Remis (corbicula javanica)
  3. Cumi – cumi (logio sp)
  4. Sotong (epia sp)
  5. Kerang hijau (mytilus viridis)
  6. Kerang (anadara sp)
  7. Tiram batu (aemaea sp)

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang pengertian, peranan, sistem reproduksi, struktur tubuh, ciri – ciri, dan contoh mollusca. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.