Pengertian Interaksi Sosial dari Beberapa Ahli

Posted on

Interaksi sosial dapat diartikan sebagai hubungan-hubungan sosial yangdinamis. Hubungan sosial yang dimaksud dapat berupa hubungan antara individuyang satu dengan individu lainnya, antara kelompok yang satu dengan kelompoklainnya, maupun antara kelompok dengan individu. Dalam interaksi juga terdapatsimbol, di mana simbol diartikan sebagai sesuatu yang nilai atau maknanyadiberikan kepadanya oleh mereka yang menggunakannya. Hal ini dapat dicermati dari pengertian interaksi sosial menurut beberapa ahli seperti dibawah ini :

Menurut Gilin

Pengertian interaksi sosial menurut gillin bahwa interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yangdinamis yang menyangkut hubungan antarindividu dan kelompok atau antarkelompok.

Menurut Macionis

Menurut Macionis bahwa pengertian interaksi sosial adalah proses bertindak dan membalas tindakan yang dilakukan seseorang dalam hubungan dengan orang lain.

PELAJARI:  Hubungan Timbal Balik Antara Aspek Sosial - Budaya dan Ekonomi

Menurut Soerjono Soekanto

Pengertian interaksi sosial menurut Soerjono Soekanto bahwa interaksi sosial adalah proses sosial mengenai cara-cara berhubungan yang dapat dilihat jika individu dan kelompok-kelompok sosial saling bertemu serta menentukan sistem dan hubungan sosial.

Menurut Broom dan Selznic

Menurut Broom dan Selznic, bahwa pengertian interaksi sosial adalah proses bertindak yang dilandasi oleh kesadaran adanya orang lain dan proses menyesuaikan respon (tindak balasan) sesuai dengan tindakan orang lain.

Menurut Kimball Young dan Raymond W. Mack

Pengertian interaksi sosial menurut Kimball Young dan Raymond W. Mack adalah hubungan sosial yang dinamis dan menyangkut hubungan antarindividu, antara individu dengan kelompok maupun antara kelompok dengan kelompok lainnya.

PELAJARI:  Pengertian dan Contoh Imitasi dan Identifikasi

Menurut Homans

Menurut Homans, pengertian interaksi sosial adalahsuatu kejadian ketika suatu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang terhadap individulain diberi ganjaran atau hukuman dengan menggunakan suatu tindakan oleh yang menjadi pasangannya.

Menurut Bonner

Interaksi sosial adalah suatu hubungan antara dua individu atau lebih yang saling mempengaruhi, mengubah, atau memperbaiki kelakuan individu yang lain atau sebaliknya.

Kesimpulan

Jadi dapat disimpulkan bahwa interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara individu dan individu, antara individu dengan kelompok atau antara kelompok dengan kelompok dalam berbagai bentuk seperti kerjasama, persaingan ataupun pertikaian.