Simbiosis dan Klasifikasinya

Kita pasti sering mendengar seseorang yang menyebutkan kata simbiosis ketika sedang berbincang maupun ketika sedang bercakap-cakap. Jadi apa sebenarnya simbiosis tersebut? materi tentang simbiosis dan jenisnya masuk dalam pelajaran biologi ketika kita masih sekolah.

Simbiosis sendiri adalah hubungan timbal balik antara dua mahluk hidup yang jenisnya berbeda. Kata simbiosis sendiri sebenarnya berasal dari bahasa yunani yakni terdiri dari dua kata yakni sym dan juga biosis. Kata sym memiliki arti dengan dan juga kata biosis yang memiliki arti kehidupan.

Simbiosis merupakan pola hubungan yang erat antara dua mahluk hidup yang berbeda jenis maupun berbeda bentuknya. Simbiosis dalam biologi dibagi menjadi 3 yakni simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme dan juga simbiosis komensalisme.

Simbiosis mutualisme adalah hubungan yang erat maupun dekat antara dua spesies mahluk hidup yang berbeda jenis, hubungan antara dua spesies mahluk hidup ini saling menguntungkan antara satu dengan yang lainnya. Misalnya adalah hubungan yang saling menguntungkan antara bunga dan juga lebah madu. Lebah madu yang hinggap diatas bunga menguntungkan pihak bunga karena bunga membutuhkan lebah madu tersebut untuk melakukan penyerbukan. Sedangkan lebah madu membutuhkan madu yang dihasilkan oleh bunga sebagai sumber makanannya. Contoh yang lain adalah hubungan antara kerbau dan juga burung jalak. Burung jalak sering hinggap di punggung kerbau, hal ini menguntungkan kedua belah pihak karena jalak memperoleh makanannya yakni berupa kutu di punggung kerbau sedang kerbau merasa terbantu karena dia tidak merasakan gatal lagi karena kutu yang ada di tubuhnya telah diambil oleh burung jalak.

PELAJARI JUGA:  Pengertian dan Pengaruh Eutrofikasi pada Lingkungan

Simbiosis parasitisme adalah hubungan timbal balik antara dua mahluk hidup, yang satunya diuntungkan dan yang satunya lagi dirugikan. Contohnya adalah yang terjadi pada kutu dan juga kucing, kutu memperoleh keuntungan ketika hinggap di tubuh kucing karena dapat menghisap darah yang juga merupakan makanannya, sedangkan kucing adalah pihak yang dirugikan karena kucing merasa gatal setelah kutu hinggap di tubuh maupun bulunya.

Simbiosis komensalisme adalah hubungan timbal balik antara dua spesies mahluk hidup, dimana yang satu diuntungkan dan yang satunya lagi tidak diuntungkan juga tidak dirugikan. Contohnya adalah yang terjadi pada ikan hiu dan juga ikan ramora. Ikan ramora senang berada dekat dengan ikan hiu karena merasa aman dari predator, sedangkan ikan hiu tidak akan merasa dirugikan maupun juga diuntungkan ketika didekati oleh ikan ramora.

PELAJARI JUGA:  Sejarah dan Klasifikasi pada Rokok

Nah, demikianlah sedikit informasi mengenai simbiosis. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.