Otot yang Melekat pada Rongga Tubuh

Otot merupakan jaringan yang ada dalam tubuh manusia maupun hewan yang berfungsi sebagai alat gerak aktif. adapaun yang memperlajari tetang struktur pendukungnya disebut miologi. Kita dapat mempelajari tentang otot secara makroskopis (mata telanjang) dan juga mikroskopis (dengan memakai mikroskop).

Jenis-jenis Otot

Otot memiliki berbagai jenis diantaranya otot polos, otot jantung dan otot rangka. Pada pemahasan ini kita mencoba membahas seputar otot rangka. Otot rangka bisa juga disebut dengan otot lurik. Otot yang menempel pada tubuh manusia yang digunakan untuk bergerak. Otot lurik bekerja atas keinginan atau kemauan ( dikendalikan oleh otak atau saraf pusat ), sehingga kerap disebut dengan otot volunter (bergerak dibawah kesadaran kita). Otot lurik disebut dengan otot gerak karena otot lurik memiliki kemampuan untuk berkontraksi secara cepat namun otot ini cepat juga untuk lelah.

Otot lurik merupakan salah satu otot yang terdapat pada otot lengan, perut, pipi dan otot paha. Otot lurik sering disebut juga dengan otot serat lintang sebab otot ini mempunyai garis atau bagian yang terang dan gelap ( aktin ) yang merupakan penggerak dari otot.  Aktin adalah protein yang ada didalam otot yang menjadi satu dengan miosin, membentuk kumpulan protein dalam miofilamen yang mengatur mekanisme kontraktil sel otot dan sel yang lain.

PELAJARI JUGA:  Kingdom Monera dan Protista Serta Contohnya

Otot rangka dari tubuh kita adalah termasuk kategori otot lurik (otot motorik). Otot lurik dapat bekerja dengan keras karena memiliki banyak inti sel, namun otot ini juga membutuhkan istirahat karena mudah lelah. Berikut dibawah ini beberapa ciri dan fungsi dari otot lurik.

Ciri-Ciri Otot Lurik

  • Dapat bekerja keras dan cepat
  • Mudah lelah
  • Termasuk otot yang tidak bisa bekerja terus (memerlukan istirahat)
  • Termasuk otot yang melekat pada rangka tubuh manusia atau hewan
  • Cepat kontraksi (mengkerut atau pemendekan otot)
  • Mempunyai ribuan serabut yang membentuk jaringan otot yang mana tersusun rapi
  • Memiliki diameter kurang lebih 50 mikron dan panjang mencapai 2,5 cm
  • Inti sel berada di tepi atau disebut perifer
  • Terdapat pada Otot lengan, perut, pipi dan otot paha serta seluruh rangka tubuh manusia
  • Berbentuk selindris, panjang serta mempunyai banyak inti sel (multinuklei)
  • Bergerak dibawah kesadaran atau volunter
PELAJARI JUGA:  Ayo Belajar Alat Pernapasan pada Hewan

Fungsi Otot Lurik

Otot lurik memiliki peran yang cukup penting dalam tubuh manusia. Fungsi utama dari otot lurik ini adalah membantu bergerak cepat dan menggerakkan rangka tubuh manusia atau hewan sehingga dapat bergerak dengan leluasa (sesuai keinginan atau sesuai perintah saraf pusat/ otak).