Macam – Macam Objek Studi Sosiologi

Sebagai ilmu pengetahuan, Sosiologi termasuk rumpun ilmu-ilmu sosial (social sciences). Sosiologi lahir berkat seorang filosof Perancis bernama Auguste Comte (1798-I857) dengan bukunva ’Course de Philosophie Positive”, la menerangkan pendekatan-pendekatan umum untuk mempelajari masyarakat harus melalui urutan tertentu yang kemudian akan sampai pada tahap terakhir yaitu tahap ilmiah.

Auguste Comte disebut ’’Bapak Pertama Sosiologi” karena dialah yang pertama kali memakai istilah sosiologi, dan mengkaji sosiologi secara sistematis, sehingga ilmu tersebut melepaskan diri dari filsafat dan berdiri sendiri sejak pertengahan abad ke-19 (1856).

Pengertian Sosiologi

Sosiologi berasal dari dua kata yaitu kata socious (bahasa latin) yang artinya teman dan logos (bahasa yunani) yang berarti kata, perkataan atau pembiacaraan. Sedangkan secara harfiah, sosiologi berarti berbicara mengenai masyarakat.

Menurut Ensiklopedia Ilmu Sosial, Sosiologi dapat didefinisikan sebagai studi ilmiah tentang masyarakat dan tentang aspek kehidupan manusia yang diambil dari kehidupan dalam masyarakat.

PELAJARI JUGA:  Hubungan Kelompok Sosial Dengan Realitas Sosial

Menurut Auguste Comte, Sosiologi adalah ilmu yang terutama mempelajari manusia sebagai makhluk yang mempunyai naluri untuk senantiasa hidup dengan sesamanya. Dengan kata lain, Sosiologi mempelajari segala aspek kehidupan bersama yang terwujud dalam asosiasi-asosiasi, lembaga-lembaga, dan peradaban.

Objek Studi Sosiologi

Objek studi dari sosiologi adalah masyarakat, dengan menyoroti hubungan antarmanusia dan proses sebab-akibat yang timbul dari hubungan antarmanusia tersebut. Adapun unsur-unsur yang terkandung dalam istilah masyarakat adalah sebagai berikut.

  1. Sejumlah manusia yang hidup bersama, dan berinteraksi sosial secara berkesinambungan, mempunyai perasaan identitas bersama, tujuan bersama dan sistem norma
  2. Merupakan suatu kesatuan.
  3. Merupakan suatu sistem hidup bersama yang berkebudayaan dan ada ikatan kelompok dan lokalitas tertentu.
    Istilah masyarakat berasal dari akar kata Arab ’’syaraka” yang berarti ikut serta berpartisipasi. Dalam bahasa Inggris dipakai stilah society yang berasal dari kata Latin soous, yang berarti kawan.
PELAJARI JUGA:  Tujuan Dibentuknya Institusi Sosial Dalam Masyarakat

Jenis Objek studi yang dipelajari sosiologi adalah sebagai berikut.

  1. Hubungan timbal balik antara manusia satu dengan yang lain.
  2. Hubungan antara individu dengan kelompok
  3. Hubungan antara kelompok satu dengan kelompok lain.
  4. Sifat-sifat dari kelompok social yang beranekaragam coraknya.

Dalam mempelajari objek studinya sosiologi tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan ilmu sosial lainnya sehingga sosiologi bersifat interdisipliner. Dengan demikian, tuntutan bagi seseorang yang mempelajari sosiologi adalah harus banyak membaca buku dan tulisan yang berkaitan dengan pokok bahasan dalam sosiologi itu sendiri.