Flora dan Fauna Khas Australia

Benua Australia merupakan tanah yang termasuk berbeda dari yang lainnya dimana sekitar 1 juta spesies asli yang berbeda – beda hidup berdampingan di dalamnya.

Sekitar 80 persen wilayahnya dipenuhi oleh hutan – hutan liar dan ladang bunga dimana di dalamnya hidup kelompok mamalia, reptil dan katak serta hewan unik lainnya bersama – sama dengan sebagian besar ikan air tawar dan burung.

Lingkungan laut di Australia adalah rumah bagi sekitar 4.000 spesies ikan, 1.700 spesies karang, 50 jenis mamalia laut dan beragam burung laut. Beberapa diantaranya adalah spesies laut yang ditemukan di perairan Australia bagian selatan dan memiliki kemiripan dengan tempat yang lainnya.

Letak geografis Australia memungkinkan area ini banyak dihuni oleh flora dan fauna yang jenisnya sangat berbeda – beda dari spesies di bagian lainnya di dunia. Namun spesies sejenis banyak ditemukan juga di tempat lainnya.

 

Nah beberapa spesies terkait juga banyak ditemukan di benua kuno terletak di bagian selatan bernama Gondwana termasuk ke dalamnya adalah Amerika Selatan, Afrika, India dan Antartika.

Secara garis besar flora dan fauna di benua Australia mempunyai asal – usul dari Gondwana yang muncul pertama kali sekitar 140 juta tahun yang lalu.

Lalu selanjutnya Australia terpisah dari Antartika sekitar 50 juta tahun yang lalu. Ini berpengaruh terhadap kondisi iklim di Australia menjadi lebih hangat dan agak kering dengan spesies baru berupa tanaman dan hewan berevolusi dan mendominasi lanskap.

Flora Khas Australia

Rata – rata hutan – hutan besar di Gondwana berisikan tanaman dari jenis eukaliptus dan akasia. Hingga saat ini beberapa sisa hutan – hutan kuno Gondwanan kelestariannya masih tetap terjaga.

Termasuk di dalamnya adalah hutan hujan beriklim dingin dan hangat yaitu terletak di daerah Tasmania dan Australia timur dan jenis hutan hujan kering serta hutan belukar di Australia utara. Hutan – hutan ini mempunyai nilai konservasi yang cukup tinggi.

Pada tahun 1994, Wollemi Pine ditemukan terletak di sebuah lembah terpencil bernama Blue Mountains of New South Wales.

Dari sini selanjutnya mengalami perkembangan yang mewakili kelompok – kelompok yang sudah ada saat ini seperti beberapa pohon yang mulai punah sudah ada sejak masa dinosaurus, menyebabkan spesies ini menjadi salah satu spesies yang sudah ada selama 65 juta tahun yang lalu.

Saat ini sekitar 20.000 vaskular, 7.700 tanaman non vaskular ditambah 250.000 spesies jamur tumbuh dengan subur di Australia.

BACA:  Bentuk Muka Bumi dari Interpretasi Peta Umum

Tanaman tersebut termasuk fosil hidup seperti kelompok palem sikas dan rerumputan, serta bunga – bunga liar seperti terbanyak adalah kelompok waratah, sturt gurun, kacang, banksias dan cakar kanguru.

Benua Australia menyimpan sekitar 1.000 spesies akasia dan rata – rata sekitar 2.800 spesies dalam keluarga myrtaceae mencakup eukaliptus atau pepohonan karet dan melalaeucas. Hutan – hutan liar terbentang luas di sepanjang wilayah Queensland.

Keragaman yang tinggi lainnya adalah dari spesies acacia, eucalyptus, melaleuca, grevillea dan allocasuarina mendominasi di bagian pedalaman dari benoa Australia sedangkan eukaliptus mendominasi di area yang basah.

Jenis vegetasi yang paling umum saat ini adalah jenis yang mampu bertahan di wilayah kering yang asli tanahnya belum dibuka untuk pertanian.

Vegetasi jenis ini yang menyebar di seluruh benoa Australia adalah sekitar 23 persen merupakan daerah padang rumput terletak di Australia barat, selatan dan daerah northern territory.

Di hutan – hutan eukaliptus timur dan barat banyak ditemukan hutan acacia dan hutan shrublands. Sedangkan padang rumput sebagian besar tumbuh di Queensland.

Fauna Khas Australia

Fakta menjelaskan bahwa di Australia terdapat sekitar 378 jenis mamalia yang terdiri dari 828 jenis burung, 300 spesies kadal, 140 spesies ular dan 2 spesies buaya.

Mamalia yang ditemukan hampir setengahnya adalah dari jenis marsupial. Sedangkan sisanya adalah berupa mamalia plasenta atau populer dengan istilah monotremes.

Spesies marsupial yang dijumpai di Australia adalah sekitar lebih dari 140 spesies termasuk di dalamnya adalah kanguru, walabi, wombat, koala, dan tasmania devil namun yang sekarang ditemukan hanyalah tasmania saja.

Kelompok hewan yang paling terkenal di benoa Australia adalah koala, ekidna, dingo, platypus, walabi, wombat, dan kanguru.

Selanjutnya ditemukan sekitar 55 spesies yang memiliki sedikit perbedaan dengan kanguru dan walabi macropods asli dari Austalia. Macropods disini jumlahnya sangat bervariasi tergantung ukuran dan berat, mulai dari setengah kilogram sampai dengan 90 kilogram. Walabi berbeda penampilan dengan kanguru yaitu walabi ini cenderung memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil.

Pada beberapa daerah pedesaan yang jarang ada penduduk, banyak dijumpai kanguru namun dianggap sebagai hama karena mereka selalu bersaing dengan domba dan sapi untuk makan rumput dan minum air di ladang yang keberadaannya saat ini sudah mulai langka.

Sedangkan perkiraan populasi kangguru di Australia sekrang ini bervariasi antara 30 hingga 60 juta.

Dingo adalah anjing liar yang asli berasal dari Australia dan termasuk ke dalam mamalia terbesar yaitu dari jenis karnivora. P

BACA:  Analisis Mengenai Objek Formal Geografi

ada beberapa daerah di Australia, dingo dianggap sebagai hama karena mereka juga bersaing untuk hidup dengan domba dan hewan ternak lainnya.

Dalam upaya untuk menjaga kesuburan tanah di wilayah bagian tenggara Australia agar terbebas dari serangan dingoes, maka dibangun pagar terbesar di dunia yang melingkupi area sekitar 5.320 kilometer terbentang dari Queensland hingga Australia Selatan.

Hewan apa lagi yang berkembang biak dengan subur di Australia ?

Seperti dijelaskan tersebut di atas terdapat kelompok unik hewan monotremata yang bertelur seperti mamalia disebut dengan istilah fosil hidup. Yang paling khas adalah platipus, hewan riverdwelling menyerupai bebek yang memiliki tubuh berbulu dan kaki berselaput.

Nah dari sekitar 828 jenis burung yang terdaftar di Australia, sekitar 400 jenis hidup dengan aman di tempat lain. Ini disebabkan karena adanya proses isolasi yang telah menyumbangkan kontribusi terhadap perkembangan dan kelangsungan hidup burung – burung tersebut.

Beberapa yang terlihat menonjol adalah sejumlah burung air, burung laut, dan burung liar yang tinggal di hutan – hutan terbuka.

Beberapa contoh yang terkenal adalah kasuari, angsa hitam, penguin peri, kookaburras, lyrebirds, dan currawongs. Juga ditemukan sekitar 55 spesies burung beo. Rata – rata burung – burung ini memiliki bulu yang berwarna – warni seperti burung kakatua, rosellas, nuri, cockatiels, parkit dan budgerigars.

Di hutan – hutan belantara benua Australias banyak ditemukan spesies ular berbisa terbanyak dibandingkan dengan benua lainnya (21 dari 25 ular yang ditemukan adalah mematikan di dunia).

Pada umumnya warga di Australia sangat takut terhadap gigitan ular berbisa namun biasanya ular – ular liar tersebut akan marah ketika dengan sengaja diprovokasi oleh manusia.

Untuk lautan di Australia terdiri dari beragam jenis ikan yaitu ada sekitar 4.000 dari 22.000 jenis ikan serta 30 dari 58 spesies dunia. Australia ibarat sebuah rumah bagi sistem terumbu karang terbesar di dunia.

UNESCO mencatat benoa yang satu ini sebagai salah satu warisan dunia sebagai great barrier reef yang mana kaya akan beragam spesies laut seperti ikan hiu putih yang bisa mencapai panjang sekitar 12 meter dan ubur – ubur kotak merupakan salah satu hewan terbanyak hidup di laut yang mengelilingi benoa Australia.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang flora dan fauna khas Australia. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.