Fungsi Masing – Masing Petugas Pertandingan dan Official Tim Dalam Lari Jarak Pendek

Posted on

Lari jarak pendek atau lari sprint dilakukan dengan kecepatan penuh, lari dengan secepat-cepatnya, hal ini berbeda dengan lari marathon. Lari jarak pendek menempuh jarak 100 meter, 200 meter, dan 400 meter (ada 3 kategorinya).

Karena jaraknya yang tidak jauh, maka faktor utama yang menentukan kemenangan dari lomba lari jarak pendek adalah kecepatan. Teknik lari jarak pendek, pada dasarnya dibagi menjadi tiga, yaitu start jongkok, gerakan lari, dan teknik memasuki garis finish. Namun Kita tidak akan membahas mengenai teknik star lari jarak pendek, melainkan mengenai fungsi dari masing-masing Petugas Pertandingan dan Official Tim Dalam Lari Jarak Pendek.

Berikut adalah tugas para panitia dalam lomba lari jarak pendek:

Juri Start (Starter)

Panitia yang berdiri di depan para pelari dan bertugas memberangkatkan pelari dengan sinyal bendera start. Lengannya, dan tentunya tiang benderanya, membentuk sudut 90˚ saat “Bersedia”; diantara sudut siku-siku dan sudut lurus saat “Siap”; dan lurus ke atas saat “Yak!”, dimana seluruh pelari sudah diperbolehkan untuk melangkah maju dan juri waktu memulai perhitungannya.

PELAJARI:  Jenis Tembakan Dalam Bola Basket

Sebelum lomba lari jarak pendek dimulai, Starter akan menginstruksikan kepada para pelari mengenai perintah / aba-aba yang akan digunakan, dan memastikan bahwa Timers dan Juri Hakim (Chief Umpire) dan Pencatat Hasil sudah siap.

Starter harus memiliki kontrol terhadap tanda aba-abanya, dan akan menjadi hakim saat perlombaan dan memiliki pendapat jika awal perlombaan adil atau tidak dengan meminta perlombaan diulang kembali jika terjadi insiden dalam waktu yang wajar, atau jika status seorang atlet di perlombaan telah dikompromikan secara tidak adil.

Pembantu Start (Recall Starter)

Panitia yang mengecek atau mengabsen para pelari, serta mengoreksi posisi para pelari sebelum dimulai perlombaan agar tidak terjadi kesalahan pada awal perlombaan.

Pada awal lomba lari jarak pendek, harus ditandai dengan jelas di trek. Ketika memulai,
semua pesaing harus berada di belakang garis start dan mereka tidak boleh menyentuh garis tersebut. Jadi sebelum perlombaan dimulai, Recall Starter harus memastikan tidak ada pelari yang mengambil langkah lebih maju agar awal perlombaan dimulai dengan adil.

PELAJARI:  Sebutkan Prinsip-Prinsip yang Terkandung Dalam Pencak Silat

Pencatat waktu (Timer)

Panitia yang mencatat waktu pemain yang dijadikan tanggung jawabnya. Dengan sebuah stopwatch, wasit timer memulai perhitungan saat lengan dan bendera start (atau semacam balok lurus sebagai substitusi bendera start) lurus ke atas beserta aba-aba “yak!”

Lintasan dalam sebuah lomba lari atletik berjumlah 4-7 lintasan, dan untuk 1 lintasan maksimal ditugaskan 3 orang timer.

Pengawas lintasan (Chief Track)

Petugas yang berdiri pada tempat tertentu dan bertugas mengawasi pelari apabila melakukan kesalahan dan pelanggaran.

Dalam lomba lari jarak pendek resmi, posisi pengawas lintasan dibagi menjadi 5 posisi:

  1. Pengawas lintasan (Chief Track) Mengawasi lintasan yang akan digunakan untuk perlombaan.
  2. Pengawas lomba (Chief Walk) Mengawasi saat jalannya perlombaan pada lintasan yang digunakan.
  3. Juri Hakim / Kepala wasit (Chief Umpire) Bertugas sebagai penengah atau pemutus keputusan terhadap pelanggaran yang terjadi saat jalannya perlombaan.
  4. Juri waktu (Chief Time) Bertugas mencatat waktu hasil dari pelari yang telah memasuki finish lomba lari.
  5. Juri Foto (Chief Photo) Mendokumentasikan gambar-gambar jalannya perlombaan dan pelari yang akan melewati garis finish sebagai bukti dari hasil perlombaan.
PELAJARI:  Posisi Tubuh Pada Waktu Melakukan Renang Gaya Dada

Juri Kedatangan

Petugas yang mencatat kedatangan pelari yang pertama. Biasanya posisi ini terdiri dari beberapa orang, yang masing-masing dipertanggungjawabkan untuk mencatat kedatangan salah satu pelari.

Tugas mereka tidak mewajibkan pencatatan waktu, tetapi untuk memastikan bahwa antara juri kedatangan dan juri waktu tidak ada yang salah menghitung atau melihat siapa pemenang lombanya.

Lintasan dalam sebuah lomba lari atletik berjumlah 4-7 lintasan, dan untuk 1 lintasan maksimal ditugaskan 3 orang timer.

Juri Pencatat Hasil

Petugas pencatat hasil setelah pelari memasuki garis finish. Pencatat hasil mengumpulkan catatan waktu dari juri waktu dan kesaksian juri kedatangan dan memutuskan pemenang lomba lari Starter.