Menelaah dan Merevisi Teks Tanggapan Kritis “Pengaruh K-pop di Indonesia”

Posted on

Pada bagian 3 ini kamu ditugaskan untuk menelaah dan merevisi teks tanggapan kritis secara mandiri. Penelaahan meliputi struktur teks, unsur kebahasaan, dan fungsi sosial teks. Untuk itu, carilah teks tentang budaya K-Pop yang melanda remaja saat ini. Setelah kamu telaah, cobalah teks tersebut kamu revisi menjadi sebuah teks tanggapan kritis yang baik. Untuk membantu menelaah dan merevisi teks yang telah kamu kumpulkan, gunakan contoh formulir berikut.

 Pengaruh K-pop di Indonesia 

Struktur Evaluasi

Kalimat Pada Teks
Kegandrungan akan musik K-pop merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pada Demam Korea (Korean Wave) di berbagai Negara, termasuk Indonesia. Jika dalam beberapa waktu lalu musik Jepang bangkit dengan grup musiknya masing-masing, Korea bangkit dengan kekuatan grup vokal, baik boyband maupun gilrband. Biasanya musik Korea mengusung musik dance, beraliran hip-hop, serta unsur koreografi dan kostum yang menarik. Hal ini tentu membawa dampak yang cukup besar bagi para remaja di Indonesia.

Struktur Deskripsi

Kalimat Pada Teks
Fenomena K-pop yang masuk ke Indonesia mulai digandrungi oleh masyarakat terutama kalangan remaja. Melihat antusiasme remaja terhadap budaya korea ini, media memanfaatkannya dengan cara menayangkan hal yang berhubungan dengan korea seperti drama, film, dan musik pop (K-pop) yang ditayangkan.

Siapa yang tidak mengenal Super Junior, SNSD, EXO, VIXX, 2Ne1, BTS dan SHINee? Kehadiran K-pop merajai dunia musik di Indonesia, terutama di kalangan remaja. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa ketertarikan ini menyebabkan remaja lebih tertarik dengan musik Korea dari pada musik asli Indonesia sendiri.

PELAJARI:  Teks Rekaman Percobaan Beserta Strukturnya

Indonesia juga memiliki musik yang tidak kalah kerennya dengan K-pop. Seperti musik keroncong, dangdut, kasidah, dan masih banyak yang lainnya. Kita seharusnya bangga dengan musik kita sendiri, dan tidak menggandrungi musik dari negara lain. Bukan berarti tidak boleh menyukai musik negara lain, Akan tetapi alangkah baiknya jika kita mencintai dan menghargai musik dari negeri sendiri.

Saat ada Super Junior Show 4 di Indonesia, SMTown goes to Jakarta, Music Bank, TLP INA, banyak remaja yang masih berstatus pelajar yang rela membuang banyak uang dan waktu belajarnya untuk menonton artis idola mereka. Beberapa orang menganggap kalau musik K-pop membawa pengaruh buruk bagi generasi muda Indonesia. Mereka mengatakan kalau musik K-pop bisa mengganggu konsentrasi belajar bagi remaja yang masih berstatus pelajar.

Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar. Akan tetapi, tidak selalu musik manca negara yang masuk ke Indonesia hanya memiliki sisi negatif saja. Salah satu sisi positif masuknya K-pop adalah bertambahnya pengetahuan mereka tentang budaya dan bahasa Korea. Dengan adanya minat yang luar biasa hebatnya, mendorong sebagian remaja penikmat musik K-pop tersebut berusaha untuk mempelajari segala hal yang berhubungan dengan K-pop dan negara asalnya.

Ketika kita menyukai sesuatu, hendaknya mengambil sisi positifnya saja. Sama seperti halnya K-pop, ambil sisi positifnya untuk motivasi dalam belajar. Misalnya, kerja keras mereka untuk dapat tampil kompak dapat dijadikan motivasi untuk menggapai cita-cita.

PELAJARI:  Menelaah Struktur dan Bahasa Cerita Fantasi

Struktur Penegasan Ulang

Kalimat Pada Teks
Dengan demikian, kehadiran K-pop membawa dampak yang cukup besar bagi remaja di Indonesia. Akan tetapi, kehadiran K-pop jangan sampai kita lupa dengan musik yang kita miliki. Sebagai anak bangsa, kita perlu menjaga dan melestarikan musik kita agar tidak tersisih atau bahkan hilang karena perkembangan musik dari negeri lain.

1. Fungsi Sosial Teks Tanggapan Kritis “Pengaruh K-pop di Indonesia”

  • Menganalisis tentang pengaruh musik Korea di Indonesia selama ini.
  • Menanggapi kekurangan dan kelebihan dari adanya K-pop di Indonesia.
  • Menegaskan kesimpulan tentang keberadaam K-pop di Indonesia serta upaya mengurangi dampak negatif K-pop.

2. Unsur Kebahasaan Tanggapan Kritis “Pengaruh K-pop di Indonesia”

A. Ungkapan Menguatkan

  • Menurut saya, musik di Indonesia juga sudah beragam dan bagus.
  • Dengan mempertimbangkan dampak yang disebabkan K-pop, kita dapat memperoleh dampak positifnya.
  • Secara tidak langsung, datangnya artis Korea ke Indonesia akan menambah devisa negara.

B. Ungkapan Melemahkan

  • Menurut saya, musik di Indonesia juga sudah beragam dan bagus. Tetapi hal tersebut merupakan selera atau relatif, tergantung penilaian orang tersebut.
  • Tetapi di lain sisi, K-pop juga membawa keberuntungan tersendiri. Terutama para produsen aksesoris khas Korea yang ramai pesanan.
  • Para penggemar K-pop menuturkan bahwa mereka lebih menyukai musik K-pop yang lebih kreatif daripada musik Indonesia yan monoton.
PELAJARI:  Menjelaskan Cara Meneladani Karakter Unggul Tokoh dengan Menggunakan Teks Eksposisi

C. Ungkapan Sudut Pandang

  • Para penggemar K-pop menuturkan bahwa mereka lebih menyukai musik K-pop yang lebih kreatif daripada musik Indonesia yan monoton.
  • Menurut saya, musik di Indonesia juga sudah beragam dan bagus.
  • Menurut bapak kapolri Kota Kediri, bahwa sekarang banyak motif yang dapat merubah ideologi bangsa secara tidak langsung.

D. Ungkapan Simpulan

  • Dengan banyaknya jumlah penggemar Korean musik dan adanya pendapat penggemar K-pop tersebut sudah menjadi bukti besarnya pengaruh K-pop di Indonesia.
  • Dari beberapa pemaparan di atas, sebaiknya kita tidak boleh menerima semua kebudayaan dari luar tanpa disaring dahulu.

E. Ungkapan Gaya Bahasa

  • Tentunya hal ini akan berpengaruh buruk bagi bangsa Indonesia. Tetapi di lain sisi, K-pop juga membawa keberuntungan tersendiri.
  • Berikutnya adalah gaya busana dan perilaku yang kurang sopan.

F. Ungkapan Kata Bilangan

  • Alasan pertama bahwa K-pop berdampak negatif adalah masyarakat tidak menghiraukan dan melupakan musik dan budaya Indonesia.
  • Berikutnya adalah gaya busana dan perilaku yang kurang sopan.