Jenis-jenis Tanah yang Ada di Bumi

Posted on

Apakah kamu mengetahui tentang komposisi pembentuk tanah? Sebenarnya, tiap tanah mempunyai komposisi yang berbeda-beda. Nah, berdasarkan komposisinya, tanah dikelompokkan menjadi empat antara lain seperti tanah berpasir, tanah lempung, tanah liat, dan tanah humus. Kamu ingin mengetahuinya secara lebih jelas lagi? Ayo simak pembahasan berikut ini.

Tanah Berpasir

Tanah berpasir merupakan jenis tanah yang mengandung pasir 70% dari berat tanah. Ciri-ciri tanah tersebut ialah terasa kasar apabila di genggam. Ketika tanah berpasir tersebut dalam keadaan basah maka dipijat tidak melekat.

Tanah Lempung

Tanah lempung merupakan jenis tanah yang tersusun dari lempung 30%- 40%. Ketika keadaan basah, tanah lempung ini dipegang tidak terlalu licin dan tidak kasar. Tanah jenis ini apabila dipijat akan melekat di jari dan mudah dibentuk. Hal tersebut sering dimanfaatkan oleh pengrajin gerabah, ataupun pematung.

PELAJARI:  Perkembangbiakan Tumbuhan secara Vegetatif Alami

Tanah Liat

Tanah liat merupakan jenis tanah yang berasal dari campuran dari pasir, lumpur, dan debu. Ketika tanah ini keadaan basah, maka tanah liat jika dipijat dengan jari maka akan terasa halus dan sangat lekat. Tanah liat  ini juga mudah dibentuk bulatan serta mudah digulung. Jenis tanah ini juga sering gunakan untuk membuat mainan anak-anak.

Tanah Humus

Tanah humus merupakan jenis tanah yang banyak mengandung humus. Humus merupakan bahan yang berasal dari makhluk hidup yang sudah mati dan yang telah mengalami pembusukan. Tanah ini begitu subur karena banyak mengandung unsur hara yang diperlukan oleh tanaman.