Jenis-jenis Cermin

Posted on

Cermin merupakan suatu benda yang mampu memantulkan cahaya. Berdasarkan dari bentuk permukaannya terdapat cermin datar dan cermin lengkung. Cermin lengkung dapat digolongkan menjadi dua macam yaitu cermin cembung dan cermin cekung.

Cermin datar

Cermin datar merupakan cermin yang memiliki permukaan dengan bidang pantul datar dan tidak melengkung. Cermin datar tersebut biasa dipakai untuk bercermin. Ketika kamu bercermin maka akan terlihat bayanganmu di dalam cermin.
Kegiatan tersebut dapat menunjukkan bahwa bayangan pada cermin datar memiliki sifat-sifat seperti:
1) memiliki ukuran besar maupun tinggi bayangan yang sama dengan ukuran benda aslinya.
2) Jarak bayangan ke cermin adalah sama dengan jarak benda asli ke cermin.
3) Kenampakan bayangan akan terlihat berlawanan dengan benda.
4) Bentuk bayangan tegak seperti benda asli.
5) Bayangan memiliki sifat semu atau maya sehingga bayangan dapat dilihat dalam cermin akan tetapi tidak dapat ditangkap layar.

PELAJARI:  Yuk Kita Cari Tahu tentang Daur Air

Cermin Cembug

Cermin cembung merupakan cermin yang memiliki permukaan bidang pantulnya melengkung ke arah luar. Cermin cembung tersebut dapat dimanfaatkan untuk pembuatan kaca spion pada kendaraan bermotor. Bayangan cermin cembung memiliki bersifat maya, tegak, dan diperkecil daripada benda aslinya.

Cermin cekung

Cermin cekung merupakan cermin dengan bidang pantul yang melengkung ke arah dalam. Cermin cekung tersebut dimanfaatkan untuk reflektor pada lampu mobil dan lampu senter. Sifat dari bayangan benda dari cermin cekung ternyata bergantung oleh letak benda terhadap cermin.
1) Bila benda dekat dengan cermin cekung maka terbentuk bayangan yang bersifat tegak, lebih besar, dan semu.
2) Bila benda jauh dengan cermin cekung maka terbentuk bayangan yang bersifat nyata dan terbalik