Fauna di Wilayah Asia Tenggara

Posted on

Keadaan iklim dan bentuk alam di kawasan Asia Tenggara memang hampir sama termasuk jenis flora dan faunanya. Nah, berdasarkan wilayah biologisnya, wilayah Asia Tenggara dapat dibagi menjadi 3, simak pembahasannya berikut ini.

  1. Zona flora dan fauna Asia

Zona flora dan fauna Asia ini meliputi wilayah Sumatra, Kalimantan, Jawa, sebelah barat Kepulauan Filipina, hingga ke selatan ke Selat Makassar dan Selat Lombok yang dibatasi oleh Garis Wallace. Fauna yang berada di kawasan ini antara lain seperti Gajah, harimau, kera, kerbau, babi hutan, beruang, badak, burung merak dan orang utan.

  1. Zona flora dan fauna Australia.

Zona flora dan fauna Australis ini meliputi wilayah Irian dan Australia yang dibatasi oleh Garis Weber. Fauna yang berada di kawasan ini antara lain seperti burung cendrawasih, burung kakatua, kuskus, dan kangguru. Pada zona ini terdapat berbagai burung yang memiliki bulu yang menarik dan bewarna-warni.

  1. Zona transisi (Zona peralihan).
PELAJARI:  Jenis-jenis Batuan

Zona transisi ini meliputi wilayah  Kepulauan Filipina, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Timor Leste. Hewan yang berada di kawasan ini antara lain seperti anoa, kuda, babi rusa, tapir, kasuari, dan komodo. Hewan-hewan tersebut memiliki karakteristik yang sangat berbeda bila dibandingkan dengan kedua zona yang lain dan terbilang unik.