Inilah Lapisan Bumi yang Perlu Kamu Ketahui

Posted on

Bumi merupakan tempat hidup yang nyaman untuk manusia, hewan, dan tumbuhan. Bumi tersusun dari tiga lapisan yaitu kerak, selubung, dan inti. Inti terdiri terdiri dari inti luar dan inti dalam. Keadaan ketiga lapisan Bumi tersebut dijabarkan pada uraian berikut.

a. Kerak

Kerak merupakan lapisan paling luar dari permukaan bumi yang berupa batuan keras dan dingin dengan tebal 15 sampai dengan 60 km.

Lapisan kerak yang bagian atas terdapat batuan telah mengalami pelapukan sehingga membentuk tanah. Pada permukaan lapisan kerak terdapat makhluk hidup yang tinggal dan melakukan berbagai aktifitas. Daratan terbentuk oleh kerak benua. Sebagian besar kerak benua terbentuk oleh batuan-batuan granit. Sedangkan, kerak samudra sebagian terbentuk dari batuan basal.

PELAJARI:  Penyebab Kerusakan Tanah

b. Selubung atau Mantel

Mantel bumi merupakan lapisan yang berada di bawah kerak dengan ketebal mencapai 2.900 kilometer. Lapisan paling tebal ini terletak di antara lapisan inti luar dan lapisan kerak. Lapisan ini terdiri dari magma kental dengan suhu 1.400°C hingga 2.500°C.

c. Inti

Inti bumi memiliki 2 lapis yaitu inti luar dan inti dalam. Lapisan inti luar berwujud cair. Inti luar tersebut terdiri dari besi, nikel, dan oksigen. Lapisan tersebut memiliki tebal ±2.255 kilometer. Sedangkan lapisan inti dalam tebalnya ±1.200 kilometer. Inti bumi terdalam berupa bola logam yang padat dan mampat dan memiliki suhu sangat panas sekitar 4.500°C. Lapisan inti dalam terbentuk oleh besi dan nikel padat.