Berbagai Vitamin yang diperlukan Tubuh

Posted on

Vitamin adalah zat-zat yang yang dibutuhkan oleh tubuh dan asalnya dari luar tubuh manusia. Vitamin digunakan sebagai zat pengatur dalam tubuh. Meskipun tubuh membutuhkan vitamin dalam jumlah yang sedikit akan tetapi manfaatnya dalam tubuh sangat penting. Vitamin mampu menjaga tubuh manusia supaya tetap sehat dan dapat mencegah timbulnya penyakit.

Apabila tubuh kekurangan vitamin maka akan timbul avitaminosis. Sedangkan tubuh yang kelebihan vitamin disebut hipervitaminosis juga tidak baik bagi tubuh. Beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh antara lain seperti vitamin A, B, C, D, E, dan K. Vitamin A, D, E, dan K merupakan vitamin yang larut dalam lemak sehingga dapat disimpan di dalam tubuh. Sedangkan, vitamin B dan C dapat larut dalam air sehingga tidak dapat disimpan di dalam tubuh. Jadi, setiap hari tubuh harus mendapatkan asupan vitamin B dan C dari makanan dan minuman.

Vitamin A

Vitamin A memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan mata dan kulit. Vitamin A juga dapat untuk memperkuat daya tahan tubuh. Apabila tubuh kekurangan vitamin A maka akan mengakibatkan penyakit rabun senja,tidak hanya itu tetapi juga dapat menyebabkan kulit menjadi kusam atau kering. Vtamin A terdapat dalam sayur-sayuran dan buah-buahan yang memiliki warna merah atau jingga. Contohnya seperti wortel, tomat, pepaya, pisang, dan sayur-sayuran segar. Selain itu, vitamin A juga ada pada susu, telur, ikan, dan hati.

PELAJARI:  Simbiosis dan Klasifikasinya

Vitamin B

Vitamin B terdiri dari beberapa macam yaitu vitamin B1, B2, B6, dan B12. Gabungan dari semua vitamin B dapat disebut dengan vitamin B kompleks.

a. Vitamin B1

Vitamin B1 memiliki fungsi untuk membantu metabolisme karbohidrat dan mengatur keseimbangan air dalam tubuh. Apabila tubuh kekurangan vitamin B1 maka mengakibatkan penyakit beri-beri. Contoh makanan yang memiliki banyak kandungan vitamin B1 yaitu pada kulit ari beras, kacang hijau, sayuran, hati, otak, dan susu.

b. Vitamin B2

Vitamin B2 memiliki fungsi untuk membantu pembakaran sari-sari makanan di dalam sel, memelihara jaringan saraf, kornea, dan kulit. Apabila tubuh manusia kekurangan vitamin B2 maka menyebabkan penglihatan mata menjadi kabur, peradangan kornea mata, luka di sudut mata, bibir mengelupas, hingga radang kulit. Contoh makanan yang banyak mengandung vitamin B2 antara lain seperti ragi, telur, susu, dan hati.

c. Vitamin B6

Vitamin B6 memiliki fungsi untuk membantu metabolisme protein, pembentukan sel darah, merangsang kerja saraf, dan memelihara kesehatan kulit. Jika tubuh mengalami kekurangan vitamin B6 maka akan menyebabkan penyakit palagra, gangguan pada pusat alat pencernaan, dan radang rongga mulut. Makanan yang mengandung vitamin B6 antara lain seperti telur, daging, susu, kentang, dan kubis.

PELAJARI:  Pengaruh Suhu Bagi Proses Fotosintesis

d. Vitamin B12

Vitamin B12 memiliki fungsi untuk membantu dalam pembentukan sel darah merah. Tubuh yang kekurangan vitamin B12 akan mengalami gangguan seperti penyakit anemia dan pernisiosa, yaitu sel darah merah yang sangat sedikit dan mudah hancur. Contoh makanan yang banyak mengandung vitamin B12 adalah daging, susu, dan hati.

Vitamin C

Vitamin C antara lain memiliki peranan yang penting di dalam tubuh yaitu sebagai pembentukan dan pemeliharaan zat perekat tubuh yang mengikat sel-sel tubuh, memelihara keutuhan dan pembentukan dinding kapiler, mempercepat pembentukan sel darah merah, menjaga gigi melekat pada gusi, mempercepat penyembuhan luka, serta mencegah infeksi. Apabila tubuhmengalami kekurangan vitamin C maka dapat menyebabkan pembuluh kapiler rapuh. Hal tesebut akan dapat menimbulkan pendarahan, skorbut (pendarahan gusi), gigi mudah goyah, dan luka sulit sembuh. Contoh makanan yang banyak mengandung vitamin C yaitu jeruk, nanas, pepaya, dan pisang.

PELAJARI:  Zat-zat yang terdapat pada Makanan Sehat

Vitamin D

Vitamin D memiliki kegunaan untuk mengatur kadar zat kapur dan fosfor dalam darah. Tubuh yang kekurangan vitamin D maka dapat terserang penyakit tulang (rakitis). Contoh makanan memiliki banyak kandungan vitamin D antara lain seperti minyak ikan, mentega, susu, dan kuning telur.

Vitamin E

Vitamin E memiliki peranan penting juga dalam tubuh, terutama pada sistem reproduksi (mencegah kemandulan). Selain itu, vitamin E juga mampu mencegah pendarahan yang terjadi pada orang hamil. Nah, apabila tubuh kekurangan vitamin E maka dapat mengakibatkan kemandulan. Beberapa makanan yang banyak memiliki kandungan vitamin E antara lain seperti kecambah, telur, susu, mentega, biji-bijian, dan sayuran hijau.

Vitamin K

Vitamin K memiliki fungsi dalam tubuh karena berperan dalam pembentukan potrombin dalam hati. Potrombin sangat dibutuhkan dalam tubuh ketika pembekuan darah. Apabila tubuh kekurangan vitamin K maka menyebabkan perdarahan dan darah sukar membeku. Bahan makanan yang memiliki banyak kandungan vitamin K adalah seperti hati, biji-bijian, dan sayuran hijau.