Pengertian Kepulauan Dan Semenanjung

Posted on

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Batas wilayah teritorial laut 12 mil (19,3 km) dari garis pantai terluar kepulauan Indonesia saat air laut surut, dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) 200 mil dari wilayah teritorial Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian Departemen Dalam Negeri 2010, Indonesia memiliki 17.504 pulau. Sebanyak 7.870 pulau sudah memiliki nama dan 9.634 pulau belum memiliki nama. Dari jumlah tersebut terdapat 92 pulau terluar yang memiliki titik pangkal yang berbatasan dengan 10 negara tetangga, yaitu Australia, Malaysia, Singapura, India, Thailand, Vietnam, Fillipina, Palau, Papua Nugini dan Timor Leste.

Pengertian Kepulauan

Kepulauan adalah suatu gugusan pulau, termasuk bagian pulau, dan perairan di antara pulau-pulau tersebut, dan lain-lain wujud alamiah yang hubungannya satu sama lain demikian eratnya sehingga pulau-pulau, perairan, dan wujud alamiah lainnya itu merupakan satu kesatuan geografi, ekonomi, pertahanan keamanan, dan politik yang hakiki, atau yang secara historis dianggap sebagai demikian.

Wilayah yang berbentuk gugusan kepulauan adalah Filipina, Indonesia, wilayah Malaysia bagian timur, Singapura, dan Timor Leste.

Manfaat Terbentuknya Kepulauan Indonesia

  1. Dari Bidang Biogeografi, Kita Bisa Mempelajari Bagaimana Proses Penyebaran Dari Hewan Dan Tumbuhan, Maksudnya Asal Mula Penyebaran Hewan Dan Tumbuhan Tersebut.
  2. Dalam Hal Ini Juga Termasuk Penyebaran Oleh Nenek Moyang Kita Manusia, Mungkin Nenek Moyang Orang Indonesia Pindah Dari Daratan Asia Saat Indonesia Masih Tergabung Dengan Asia.
  3. Secara Geografi, Kita Bisa Mengetahui Bahwa Daratan Asia Yang Tergabung Dengan Asia, Dan Karena Adanya Aliran Lava Pada Lempengan Bumi Dan Peningkatan Air Laut Menyebabkan Terbentuknya Pulau-Pulau.
  4. Secara Konservasi, Dengan Mengetahui Terbentuknya Kepulauan Indonesia, Yang Salah Satu Penyebabnya Adalah Mencairnya Lapisan Es. Pada Zaman Dahulu, Sebagian Besar Bumu Kita Ditutupi Oleh Es, Dan Mencairnya Es Karena Naiknya Suhu Bumi, Mengakibatkan Naiknya Permukaan Air Laut, Sehingga Terbentulah Pulau-Pulau. Pada Saat Ini, Yang Lagi Gemparnya Isu Global Warming, Yang Menyebabkan Es Di Kutub Mencair, Tentu Saja Akan Mengakibatkan Naiknya Permukaan Air Laut. Dan Hal Itu Akan Mengakibatkan Luas Suatu Pulau Akan Menjadi Kecil Atau Bisa Jadi Tenggelam. Kembali Lagi Ke Global Warming Yang Disebabkan Oleh Efek Rumah Kaca Dan Aktifitas Manusia Lainnya Yang Merusak Lingkungan.
  5. Secara Agama, Tentu Saja Kita Akan Sangat Bersyukur Dengan Ciptaan Yang Maha Kuasa.
  6. Secara Biologi, Dengan Mengetahui Proses Terbentuknya Kepualuan Indonesia, Tentu Saja Kita Bisa Mengetahui Aliran Gen Dari Suatu Organisme, Dan Membuat Organisme Tersebut Akan Berbeda Secara Simpatrik Atau Allopatrik.
PELAJARI:  Ayo Cari Tahu tentang Kearifan Lokal

Pengertian semenanjung

Pengertian semenanjung adalah bagian daratan yang menonjol ke laut dimana ketiga sisi daratan ini berbatasan langsung dengan laut sehingga terlihat seperti tonjolan dari sebuah daratan. Apa perbedaan tanjung dan semenanjung ?

Tanjung bersifat lebih kecil sementara semenanjung daerahnya cukup luas. Semenanjung yang sangat luas dinamakan dengan jazirah, contohnya Jazirah Arab yang terletak di Asia Barat Daya di persimpangan antara benua Asia dan Afrika.

Tanjung juga dapat dimanfaatkan sebagai pelabuhan laut seperti pelabuhan Tanjung Perak yang berada di Surabaya. Semenanjung juga dapat dijadikan sebagai tempat tinggal, tempat menambak ikan, memiliki jenis ikan dan sumber daya laut lain yang lebih banyak dibandingkan teluk atau daerah dengan garis pantai yang datar, dijadikan daerah tujuan wisata, serta mengurangi dampak banjir yang disebabkan oleh pasangnya air laut.

Semenanjung adalah tanjung yang besar. Wilayah yang berbentuk semenanjung adalah Myanmar, Thailand, Laos, Kampuchea, Vietnam, dan wilayah Malaysia bagian barat.

Manfaat Tanjung atau Semenanjung

Indonesia merupakan Negara kepulauan, yang memilki banyak sekali jumlah pulau dan juga gugusan pulau. Selain itu, Indonesia juga dikelilingi oleh dua samudra luas, yaitu samudra pasifik dan juga samudra hindia. Negara kepulauan, dengan lautan yang sangat luas, sudah pasti Indonesa memiliki garis pantai yang sangat panjang, dan tentu saja memiliki banyak sekali darah tanjung dan juga teluk.

PELAJARI:  Peran Penting Bendungan Aswan dalam Beberapa Sektor

Kali ini, kita akan membahas mengenai tanjung atau semenanjung. Apa saja manfaat dari tanjung, baik bagi kehidupan warga yang tinggal di sekitarnya, maupun bagi pemerintah kita? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari tanjung atau semenanjung:

  1. Sebagai tempat tinggal
    Manfaat tanjung yang pertama adalah, tanjung sering dimanfaatkan sebagai salah satu lokasi tempat tinggal para nelayan dan juga mereka yang bermukim di sekitar pantai. Biasanya, lokasi tanjung yang digunakan sebagai salah satu lokasi bermukim warga adalah daerah tanjung yang luas, atau semenanjung.
    Masyarakat yang memiliki tempat tinggal di pinggiran pantai dan juga berdekatan dengan garis pantai biasanya memang banyak yang memanfaatkan tanjung sebagai tempat tinggal mereka, namun demikian, mereka juga harus berhati-hati, terutama ketika terjadi gelombang pasang air laut.
  2. Dimanfaatkan sebagai salah satu lokasi tambak ikan
    Tanjung juga sering dimanfaatkan oleh warga sekitar, dan juga beberapa pengusaha ikan untuk membuat tambak ikan. Lokasi tanjung sering dipilih untuk menjadi salah satu lokasi tambak ikan, karena tanjung merupakan lokasi yang dekat dengan habitat dari berbagai macam jenis ikan yang dipelihara di tambak, sehingga lebih memudahkan dalam perawatan dari tambak tersebut.
  3. Pintu masuk proses perdagangan barang sejak jaman dahulu kala
    Pada jaman dahulu kala, dan bertahan juga hingga saat ini, tanjung merupakan salah satu pusat dari perdagangan internasional. Dengan adanya pelabuhan pada tanjung, maka proses sirkulasi dan perputaran bisnis ekspor impor menjadi lebih efektif.
    Siapa tak kenal dengan semenanjung malaka, yang pada jaman keemasannya menjadi salah satu pelabuhan dan juga pintu masuk utama dari kegiatan ekspor-impor di seluruh dunia.
  4. Sebagai sumber mata pencaharian
    Bagian laut yang berbatasan langsung dengan daratan tanjung biasanya memiliki jumlah ikan dan juga biota laut yang lebih banyak dibandingkan daerah teluk ataupun garis pantai yang datar. Hal ini membuat banyak masyarakat sekitar memanfaatkan keadaan ini sebagai salah satu mata pencaharian sehari-hari mereka, yaitu dengan menangkap ikan untuk kemudian dijual, ataupun ntuk dikonsumsi dan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
  5. Meminimalisir banjir yang disebabkan oleh air laut
    Air laut juga terkadang mengalami pasang surut. Biasanya pasang surutnya air laut ini dapat menyebabkan menggenangnya air. Hal ini juga sering kita kenal dengan nama banjir rob, yaitu air laut yang naik dan meggenang hingga jauh ke daratan. Dengan adanya tanjung, maka naiknya genangan air hingga masuk jauh ke dalam daratan pun dapat diminimalisir.
  6. Sebagai lokasi wisata
    Beberapa daerah tanjung sering dimanfaatkan dan dikelola secara swasta maupun pemerintah sebagai salah satu lokasi wisata yang sangat indah. Beberapa manfaat tanjung dan juga semenanjung memang memilki potensi wisata yang sangat tinggi, karena keindahan alamnya yang dapat memukau.
    Selain itu, beberapa lokasi wisata tanjung juga menawarkan banyak sekali wisata laut yang menarik, salah satunya adalah melakukan snorkeling di sekitaran tanjung tersebut.
  7. Dimanfaatkan sebagai pelabuhan
    Manfaat tanjung lainnya yang penting, terutama bagi pemasukan Negara dan juga kegiatan transportasi adalah dimanfaatkan sebagai pelabuhan. Sebut saja pelabuhan Tanjung Perak yang berada di daerah Surabaya. Selain Indonesia, beberapa Negara lainnya yang memilki garis pantai berupa daratan tanjung pun banyak memanfaatkan tanjung sebagai pelabuhan laut mereka.
PELAJARI:  Identifikasi 3 Faktor yang Mempengaruhi Perbedaan Bentuk Pantai