Inilah Tokoh Tersohor di Kerajaan Aceh

Apakah kalian mengetahui datangnya agama islam ke nusantara? Agama islam masuk ke nusantara pertama kali di Aceh. Aceh sering disebut sebagai Serambi Mekah karena sebagai pusat persebaran agama islam di Indonesia. Selain itu juga pertama kali muncul kerajaan Islam di Indonesia. Nah, berikut ini beberapa tokoh-tokoh tersohor di kerajaan Aceh yang perlu kamu ketahui.

Sultan Ali Mughayat Raja Pertama Aceh

Sultan Ali Mughayat Syah merupakan raja pertama di kerajaan Aceh dari tahun 1514 hingga 1528. Dengan pemerintahannya maka Aceh dapat berkembang pesat dan wilayahnya dapat meluas di sebagian besar Pulau Sumatera.

PELAJARI JUGA:  Klasifikasi Tumbuhan

Sultan Iskandar Muda Mengusir Penjajah Portugis

Pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda, kerajaan Aceh mengalami kejayaan dan berhasil membangun kerajaan Aceh menjadi aman dan makmur. Namun disaat itu juga pada masa pemerintahannya, bangsa Portugis datang untuk menghancurkan Aceh.

Kemunduran Kerajaan Aceh

Iskandar Muda digantikan oleh menantunya yaitu Iskandar Thani. Ia memerintah Kerajaan Aceh pada tahun 1636 Р1641. Pada tahun 1641, Iskandar Thani digantikan oleh permaisurinya (putri Iskandar Muda). Namun, sejak saat itu pemerintahan Aceh mengalami kemunduran. Hal tersebut dikarenakan oleh pengganti Iskandar Muda yang kurang mampu  dalam menghadapi kelicikan Belanda.