Yuk Kenali Sistem Lima Kingdom

Posted on

R.H. Whittaker berhasil mengelompokkan organisme menjadi lima dunia berdasarkan tingkat organisme, kondisi inti sel, dan nutrisinya. Ayo simak kelima dunia tersebut pada pembahasan berikut ini.

Kingdom Monera

Kingdom monera ini merupakan makhluk hidup yang sangat sederhana. Contoh dari kingdom ini adalah bakteri dan alga biru (Cyanophyta). Kingdom Monera bersifat prokariotik, sel-selnya mempunyai nukleus atau inti sel yang tidak bermembran. Sel-selnya dapat membelah secara sederhana atau dapat disebut dengan amitosis. Kromosomyang dimiliki monera yaitu  tunggal dan berbentuk melingkar. Sedangkan, klorofilnya tersebar dan tidak terlindung oleh membran.

Kingdom Protista

Kingdom protista meupakan organisme yang bersel tunggal bersifat eukariotik. Eukariotik memiliki inti sel-sel yang telah bermembran,contohnya seperti protozoa dan alga. Sistem klasifikasi tersebut dirintis oleh Ernst Haeckel (1834-1919).

PELAJARI:  Organ-organ Pencernaan pada Manusia

Kingdom Mycota

Kingdom mycota ini berupa makhluk hidup yang tidak mempunyai klorofil. Hal tersebut berarti bahwa kingdom mycota tidak dapat mensintesa makanan sendiri atau bersifat heterotrop, ada yang bersifat parasit, serta ada pula yang bersifat saprofit. Contoh dari kingdom ini antara lain seperti jamur, seperti jamur merang, jamur kuping dan jamur oncom.

Kingdom Plantae

Kingdom plantae merupakan makhluk hidup yang bisa melakukan fotosintesis sehingga otomatis makhluk hidup yang mempunyai klorofil. Kingdom ini dapat hidup tanpa mengambil energi dari organisme lain. Makhluk itu dapat disebut organisme autotrop. Contohnya seperti Bryophyta, Pteridophyta, dan Spermatophyta.

Kingdom Animalia

Kingdom animalia merupakan makhluk hidup eukariotik bersel banyak, bersifat heterotrop. Contoh dari kingdom animalia antara lain seperti Porifera, Platyhelminthes, Hydrozoa, Nematoda, Rotifera, Annelida, Molusca, Arthropoda, Echinodermata dan Chordata.

PELAJARI:  Jelaskan Adaptasi Pada Hewan Semut