Interaksi Antar Individu, Syarat dan Contohnya

Interaksi antar individu atau populer dengan istilah interaksi sosial adalah sebuah hubungan yang terjadi diantara dua atau lebih individu yang saling mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya.

Interaksi sosial bisa terjadi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok.

Beberapa ahli memiliki pendapat yang berbeda – beda tentang pengertian interaksi sosial namun kami rangkum menjadi satu bahwa interaksi sosial adalah sebuah kondisi dimana menjadi tempat untuk suatu kejadian yang di dalamnya terdapat keadaan saling mempengaruhi diantara satu sama lainnya terutama ketika dua orang atau lebih hadir bersama – sama.

Syarat Terjadinya Interaksi Antar Individu

Interaksi antar individu merupakan istilah yang menjelaskan tentang bagaimana dua atau lebih orang hadir / bertemu lalu satu sama lainnya saling mempengaruhi.

 

Kondisi ini akan terjadi apabila sudah mampu memenuhi syarat – syarat di dalamnya yang pada akhirnya nanti akan membentuk interaksi sosial yaitu adanya kontak sosial dan komunikasi.

1/Adanya kontak sosial

Kontak sosial berasal dari Bahasa Latin yaitu “con” yang artinya secara bersama – sama menunjukkan kondisi yang menyangkut orang banyak dan “tangere” yang artinya bersentuhan atau menyentuh.

BACA:  Bentuk-Bentuk Proses Interaksi Sosial

Jadi kontak sosial adalah segala bentuk hubungan sosial yang terjadi diantara individu dengan individu lainnya, individu dengan suatu kelompok atau kelompok dengan kelompok tertentu.

Kontak sosial merupakan sebuah hubungan yang terjadi diantara individu yang saling berinteraksi dengan individu – individu lainnya atau kelompok. 

2/Terjadi komunikasi

Komunikasi merupakan sebuah proses interaksi yang terjadi dimana seorang individu, kelompok, organisasi atau masyarakat tertentu sedang menciptakan dan mengaplikasikan beberapa informasi agar menjadi media penghubung dengan orang lain dan lingkungan sekitarnya.

Komunikasi adalah serangkaian proses untuk penyampaian kata – kata atau pesan dari pihak satu ke pihak lainnya agar terjadi interaksi yang saling mempengaruhi antar keduanya.

Agar komunikasi bisa berjalan dengan lancar maka kedua belah pihak harus memakai kata – kata yang mudah dipahami.

Interaksi antar individu akan kesulitan untuk berjalan apabila tanpa kedua syarat tersebut di atas. Di samping itu manusia hidup wajib berinteraksi sosial karena pada hakikatnya manusia adalah mahkluk sosial yaitu yang membutuhkan bantuan manusia atau orang lain untuk mampu memenuhi kebutuhan hidupnya.

Terlebih lagi dalam hidup bermasyarakat dimana masing – masing individu ataupun kelompok pasti akan melakukan interaksi sosial.

Contoh Interaksi Antar Individu

Di bawah ini kami berikan beberapa contoh interaksi individu yang dilakukan oleh antar individu antara lain sebagai berikut :

BACA:  Hubungan Kelompok Sosial Dengan Realitas Sosial

1/Polisi memberikan hukuman terhadap pelanggar.

2/Terjadi tawar menawar diantara penjual dan pembeli.

3/Komunikasi yang dilakukan diantara dua teman akrab atau sahabatan.

4/Saling menyapa diantara tetangga dalam lingkungan tempat tinggal.

5/Komunikasi yang terjadi diantara 2 orang presiden secara pribadi.

6/Terjadinya perkenalan diantara 2 orang asing.

7/Komunikasi yang terjadi diantara operator warnet dengan pelanggan.

8/Komunikasi yang terjadi antara dokter psikolog dengan pasiennya.

9/Komunikasi yang terjadi antara anak dengan ibu.

10/Seseorang yang berjabat tangan dengan rekan kerjanya.

11/Komunikasi yang terjadi antara adik dengan kakak.

12/Mengobrol melalui media sosial.

13/Antara pegawai bank sedang melayani nasabah bank.

14/Dua orang sedang melakukan diskusi.

15/Sepasang kekasih yang sedang jalan – jalan di mall atau taman.

Ada banyak sekali contoh lainnya tentang interaksi antar individu yang bisa diambil dari kehidupan sehari – hari.

Interaksi antar individu dengan individu lainnya dapat dilakukan secara langsung dan sebagian besar melakukan ini yaitu dengan bertatap muka meskipun bisa juga dilakukan secara tidak langsung atau menggunakan bantuan media komunikasi.

***

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang interaksi antar individu, syarat, dan contohnya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.