Kelainan atau Gangguan Pada Sistem Pencernaan manusia

Posted on

Sistem pencernaan manusia dapat terkena gangguan apabila tidak dijaga dengan baik. Gangguan pencernaan sangat bermacam-macam, berikut ini beberapa gangguan pada sistem pencernaan yang perlu kamu ketahui.

Gastritis

Gastritis juga dapat disebut sebagai radang lambung. Penyakit ini disebabkan oleh produksi asam lambung yang tinggi sehingga dapat mengiritasi dinding lambung. Selain itu juga bisa disebabkan oleh bakteri.

Batu empedu

Batu empedu merupakan suatu penyakit yang diakibatkan oleh adanya penyumbatan pada saluran empedu. Penyumbatan tersebut dikarenakan adanya endapan di saluran empedu

Konstipasi (sembelit)

Konstipasi merupakan gangguan sulit buang air besar. Hal ini dapat terjadi karena feses bergerak secara lambat melalui kolon.  Buang Air Besar tidak lancar dikarenakan adanya feses yang sangat banyak dan kering.

PELAJARI:  Sistem Pernapasan pada Hewan

Diare

Diare merupakan suatu gangguan karena  sering buang air besar dan feses terlalu lunak. Para penderita mengalami keseringan buang air besar. Hal tersebut dapat dikarenakan oleh makanan terlalu cepat melalui usus halus dan kolon sehingga air tidak banyak diabsorpsi. Diare juga dapat terjadi karena gejala tifus, kanker, kolera, atau infeksi.