Pengertian, Ciri-ciri dan Manfaat Hutan Tropis Bagi Kehidupan

Pengertian Hutan Hujan Tropis

Apakah kalian sudah mengerti apa itu hutuan tropis? Hutan tropis merupakan sekumpulan dari berbagai jenis pepohonan dan berbagai macam tanaman yang membentuk sebuah bioma hutan dengan suhu yang hangat, lembab, dan curah hujan yang sangat tinggi.hutan tropis sangat banyak di jumpai di negara-negara Asia.

 

Namun berdasarkan beberapa pengamatan dan penelitian,Hutan tropis terletak pada garis khatulistiwa yaitu antara 23,5 derajat LU sampai 23,5 derajat LS.Namun berdasarkan beberapa pengamatan dan penelitian, hutan hujan tropis berkonsentrasi pada koordinat 10 derajat LU sampai 10 derajat LS. Dengan melihat posisi berdasarkan pada garis lintang, maka hutan hujan tropis hanya berada di wilayah Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia an Thailand dan ada beberapa di negara- negara eropa seperti Afrika.

Hutan hujan tropis terdiri dari beberapa jenis yaitu :

1. Hutan Hujan Pegunungan Tinggi

2. Hutan Hujan Pegunungan Rendah

3. Hutan Hujan Tropis Dataran Rendah

4. Hutan Subalpin / Hutan Berlumut

5. Hutan Pantai

6. Hutan Mangrove

7. Hutan Rawa Gambut

8. Hutan Rawa Air Tawar

9. Hutan Kerangas

10. Hutan Batu Kapur

11. Hutan Batu Ultra Basik

Ciri-ciri Hutan Hujan Tropis

Kita mengetahui bahwa hutan tropis biasanya di sinari matahari sepanjang tahun karena letaknya tepat berada di tengah sehingga tidak terpengaruh oleh gerak semu tahunan matahari.Suhu yang selalu hangat dan ditambah curah hujan yang sangat tinggi menyebabkan semua tumbuhan yang hidup disini dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Adapun Ciri-ciri Hutan Hujan Tropis adalah Sebagai berikut:

1. Mempunyai Pohon Tinggi dan Berdaun Lebat

Karena hutan hujan tropis terkena sinar matahari sepanjang tahun maka memungkinkan pepohonan dapat tumbuh dengan sangat maksimal.

Sehingga pepohonan yang terdapat di daerah ini mempunyai batang yang sangat tinggi serta berdaun lebat membentuk kanopi.

Ketinggian pepohonan yang terdapat di hutan hujan tropis dapat mencapai ketinggian 50 meter dan berdiameter besar dan mempunyai tingkatan atau strata mulai dari yang paling atas sampai dengan tingkatan yang terendah.

2. Kelembapan Udara Tinggi

Faktor yang dapat menyebabkan kelembapan udara yang sangat tinggi adalah curah hujan yang sangat tinggi dan relatif terjadi sepanjang tahun sehingga tidak mempunyai musim kemarau yang jelas.

Pada umumnya bulan-bulan kering terjadi kurang dari 3 bulan saja. Tanah hutan hujan tropis menyimpan banyak sekali air. Tingkat kelembapan yang sangat tinggi sebenarnya disebabkan oleh banyaknya uap air yang berasal dari dedaunan dan kemudian menguap ke atsmosfer.

3. Mempunyai Vegetasi Tanaman Berlapis

Pada hutan hujan tropis biasanya tidak ditemukan celah kosong antara lantai hutan dengan pepohonan tinggi. Karena diantaranya juga terdapat berbagai jenis tanaman dengan ketinggian yang berbeda-beda.

Mulai dari strata A sampai dengan E. Pada tingkat A terdiri atas pohon dengan ketinggian lebih dari 30 meter dan mempunyai batang lurus dan bersifat tidak menyukai naungan.

Sementara itu pada tingkatan B terdiri dari pepohonan yang mempunyai banyak cabang dan bersinggungan satu sama lain dan membentuk seperti kanopi serta mempunyai ketinggian antara 20 – 30 meter.

Pada tingkatan C tersusun atas pohon dengan ketinggian antara 4-20 meter dan mempunyai banyak ranting yang membentuk tajuk pohon yang sangat rapat.

Selanjutnya pada tingkatan D terdiri atas anak-anak pohon. Berbagai jenis tanaman herba, palm, dan tanaman pakuan besar dan mempunyai ketinggian 4 meter dari atas permukaan tanah.

Dan yang terakhir adalah tingkatan E yang merupakan lapisan tanaman pendek yang berfungsi sebagai penutup lantai hutan seperti lumut dan jamur.

4. Sinar Matahari Tidak Mampu Menjangkau Dasar Hutan

Karena strukturnya yang berlapis-lapis vegetasi mulai dari strata A sampai dengan strata E dan juga membentuk kanopi dan tajuk yang sangat rapat membuat matahari tidak dapat menjangkau lantai hutan sehingga menjadikan tanah sangat lembab dan banyak ditumbuhi dengan lumut dan jamur.

Manfaat Hutan Hujan Tropis

1. Sebagai Penyeimbang Ekosistem Dunia

Tidak hanya menjadi penyeimbang ekosistem dalam suatu daerah saja, akan tetapi hutan hujan tropis merupakan penyeimbang ekosistem bagi seluruh dunia. Manfaat hutan hujan tropis relatif sangat luas.

Hutan ini juga merupakan habitat alami dari berbagai jenis fauna dan flora. Hal ini sangat baik bagi keseimbangan alam secara menyeluruh yang ada di bumi ini.

2. Sebagai Penyuplai Oksigen

Hutan hujan tropis adalah penyuplai oksigen terbesar di bumi ini. Hampir 80% suplai oksigen dari seluruh dunia berasal dari kawasan hutan hujan tropis.

Hal ini disebabkan karena hutan hujan tropis mempunyai banyak sekali pohon-pohon yang melakukan proses fotosintesis. Sehingga banyak oksigen yang dihasilkan dalam jumlah yang sangat banyak.

3. Sebagai Daerah Resapan Air

Hutan hujan tropis merupakan salah satu hutan yang digunakan sebagai daerah penyerap air. Hutan ini mempunyai curah hujan yang sangat tinggi dibandingkan dengan hutan-hutan yang lainnya.

Hal ini menyebabkan daerah hutan hujan tropis tidak akan mengalami kekeringan dan kekurangan air karena selain mempunyai curah hujan yang sangat tinggi, manfaat hutan hujan tropis bagi kehidupan sangat penting sekali.

Selain itu, hutan hujan tropis memiliki fungsi untuk menjaga siklus air, mulai dari hujan kemudian masuk kedalam tanah dan mengalir ke sungai serta pada akhirnya kembali menguap membentuk awan.

4. Mencegah Banjir dan Tanah Longsor

Hutan hujan tropis merupakan daerah resapan air. Oleh karena itu hutan ini dapat mencegah bencana-bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

5. Sebagai Habitat Satwa

Hutan hujan tropis mempunya fungsi sebagai penyeimbang ekosistem. Hutan ini merupakan habitat bagi para satwa yang hidup di sekitar daerah ini. Selain itu, hutan ini juga menyediakan sumber makanan yang sangat melimpah untuk para satwa tersebut.

6. Sebagai Tempat Pariwisata

Manfaat hutan hujan tropis lainnya adalah dapat dijadikan sebagai tempat wisata alam yang menakjubkan. Kamu bisa membuat rute trekking atau belajar mengenal alam lebih dalam lagi.

7. Lokasi Penelitian

Tidak jarang hutan hujan tropis menjadi salah satu lokasi yang digunakan oleh para peneliti untuk menemukan berbagai penilitian baru yang belum di eksplor sebelumnya.

8. Mengatur Siklus Hujan

Hutan hujan tropis mempunyai kapasitas yang besar untuk menampung air. Hutan ini juga mempunyai berbagai jenis pepohonan yang dapat berfotosintesis dengan baik sehingga dapat melepaskan uap air dalam proses tersebut.

9. Sumber Obat-Obatan Alami

Berbagai tumbuhan yang ada di hutan hujan tropis biasanya banyak terdapat tanaman obat-obatan modern yang sampai saat ini masih digunakan.