Penyakit dan Gangguan Pernapasan pada Manusia

Proses pernapasan dapat terganggu jika ada salah satu alat pernapasan mengalami gangguan. Gangguan tersebut dapat disebabkan oleh kuman maupun polusi udara. Beberapa gangguan maupun penyakit pada alat pernapasan sebagai berikut.

  1. Influenza (flu) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. Lendir yang keluar dari hidung menutup lubang hidung sehingga udara terhalang masuk dan mengganggu pernapasan.
  2. Asma atau sesak napas, merupakan suatu penyakit penyumbatan saluran pernapasan yang disebabkan alergi terhadap rambut, bulu, debu, atau tekanan psikologis.
  3. Tuberkulosis (TBC) merupakan penyakit paru-paru karena adanya bintil-bintil atau peradangan pada dinding alveolus yang diakibatkan serangan bakteri mycobacterium tuberculosis.
  4. Bronkitis adalah radang pada cabang tenggorokan akibat infeksi.
  5. Kanker paru-paru merupakan penyakit pada organ paru yang sangat berhubungan dengan aktivitas yang sering merokok.
  6. Laringitis atau sering disebut dengan radang pada laring. Penderita serak atau kehilangan suara. Penyebabnya antara lain karena infeksi, terlalu banyak merokok, minum alkohol, dan terlalu banyak serak.
  7. Pneumonia atau sering disebut radang paru-paru. Penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri.
  8. Polip yaitu pembengkakan di rongga hidung.
PELAJARI JUGA:  Unsur yang Mempengaruhi Kelangsungan Hidup Organisme

Cara Menjaga Kesehatan Alat Pernapasan

Agar alat pernapasan kita dapat bekerja dengan baik pada saat bernapas maka kita perlu menjaga dan memeliharanya dengan baik. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk memelihara alat pernapasan kita adalah dengan melakukan pola hidup sehat. Berikut ini beberapa contohnya.

  1. Olahraga teratur
  2. Menjaga sirkulasi udara di rumah
  3. Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi
  4. Istirahat teratur
  5. Mengenakan masker saat berkendaraan
  6. Tidak merokok
  7. Menghindari asap rokok
  8. Menjaga kebersihan lingkungan dari debu
  9. Melakukan penghijauan