Arti Penting Kelompok Primer

Kelompok primer adalah kelompok-kelompok yang ditandai ciri-ciri kenal mengenal antara anggota-anggotanya serta kerjasama erat yang bersifat pribadi. Salah satu hasil hubungan tersebut adalah peleburan individu-individu ke dalam kelompok sehingga tujuan individu menjadi tujuan kelompok.

Terdapat dua hal penting dari penjelasan di atas,

  1. Pertama, untuk menunjukkan pada suatu kelas yang terdiri dari kelompok-kelompok yang konkret misalnya keluarga, kelompok belajar, rukun tetangga, dan lain-lain.
  2. Kedua adalah istilah saling mengenal yang menekankan hubungan antar individu seperti simpati dan kerjasama yang spontan. Kelompok-kelompok tersebut mempunyai makna utama dalam pelbagai arti terutama sangat penting bagi pembentukan ataupun perwujudan cita-cita social individu.

Pengertian Kelompok Primer

Kelompok primer merupakan sejumlah orang yang terdiri dari beberapa orang yang sering berkomunikasi dengan lainnya sehingga setiap orang mampu berkomunikasi secara langsung (bertatap muka) tanpa melalui perantara. Misalnya: keluarga, RT, kawan sepermainan, kelompok agama, dan lain-lain.

Secara psikoligis, hasil hubugan timbal balik antara anggota-anggota kelompok tersebut merupakan peleburan individu dengan cita-citanya masing-masing sehingga tujuan dan cita-cita individu juga menjadi tujuan dan cita-cita kelompok. Sudah tentu tak dapat dikatakan secara mutlak bahwa kehidupan antara anggota kelomok akan selalu harmonis, tentu adakalanya terjadi perbedaan faham, perbedaan pendapat, bahkan pertentangan namun semua itu demi kepentingan kelompok juga.

PELAJARI JUGA:  Tujuan Dibentuknya Institusi Sosial Dalam Masyarakat

Secara singkat dapat dikatakan bahwa kelompok primer adalah kelompok-kelompok kecil yang permanen dan berdasarkan kenal mengenal secara pribadi antara sesame anggotanya.

Ciri-Ciri Kelompok Primer

Ciri-ciri kelompok primer antara lain:

  1. Hubungan Sosial Yang Bersifat Informal
    Interaksi sosial diantara anggotanya bersifat informal atau tidak resmi dalam artian hubungan tersebut seperti hubungan saudara kandung, bukan hubungan formal dengan pejabat. Interaksi yang dilakukan oleh sesama mereka dilakukan dengan cara mengalir begitu saja, tidak meiliki topik tertentu sehingga keasyikan diantara mereka tampak nyata.
  2. Akrab
    Mereka saling mengenal anggota yang lain secara pribadi dan mengetahui kepribadian, serta sikap perilaku anggotanya. Bahkan, mereka merasakan kesedihan dari anggota mereka yang bersedih.

Arti Penting Kelompok Primer

Dalam kelompok primer terdapat interaksi sosial yang lebih intensif dan lebih erat diantara mereka dari pada kelompok sekunder. Dalam kelompok primer terjadi hubungan yang face to face group, yaitu kelompok sosial yang anggotanya sering berhadapan muka antara astu dengan yang lainnya dan saling mengenal dari dekat, sehingga saling berhubungan lebih erat.

PELAJARI JUGA:  Elemen - Elemen Dalam Rekonsiliasi Menurut lederach

Peranan kelompok primer dalam kehidupan individu besar sekali karena karena di dalam kelompok inilah individu berkembang dan dididik sebagai mahluk sosial. Di dalam kelompok inilah individu mengembangkan sifat-sifat sosial seperti mengindahkan norma-norma, melepaskan kepentingan dirinya demi kepentingan kelompok, belajar bekerjasama dengan individu lain,dan mengembangkan kecakapannya guna kepentingan kelompoknya.

Contoh kelompok primer adalah, keluarga, rukun tetangga,kelompok kawan sepermainan, kelompok belajar dsb. Sifat interaksi dalam kelompok primer ini bercorak kekeluargaan dan lebih berdasarkan simpati.