Hablu Minannas dan Penerapannya

Manusia adalah mahluk sosial. Mahluk sosial sendiri adalah mahluk yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain, manusia selalu membutuhkan orang lain dalam segala hal. Misalnya hubungan antara pembeli dan juga penjual. Misalnya seorang pembeli membutuhkan pakaian maka penjual pakaian akan menyediakan pakaian yang diinginkan oleh si pembeli. Nah, bagaimana kalau seandainya tidak ada penjual yang menjual pakaian maka dapat dipastikan bahwa kita akan mirip dengan manusia purbakala yang belum mengenal pakaian.

Karena itulah maka dibutuhkan suatu hubungan yang baik antara satu individu dengan individu yang lainnya. Dan dalam agama islam cara untuk menjaga hubungan antar sesama umat manusia dan sesama umat muslim disebut dengan hablu minannas.

Hablu minannas menurut arti harfiahnya adalah amalan-amalan lahir manusia yang termasuk dalam bidang muamalat atau kerja yang berhubungan langsung dengan masyarakat, munakahat ataupun yang berhubungan dengan kekeluargaan, jinayah, tarbiyah islamiyah, fisabilillah, jihad dan juga persoalan lain yang berhubungan dengan lingkungan dan juga sekitarnya.

PELAJARI JUGA:  Ukiran Karya Bani Umayyah di Istana Amrah

Allah SWT berfirman dalam Q.S. An Nisaa’ 36 menerangkan tentang kriteria manusia yang harus diperlakukan
dengan baik serta dengan hormat yakni kedua orangtua yang telah merawat dan mendidik kita, sanak famili, anak yatim yakni seorang anak yang sudah tidak memiliki ayah dan ibu lagi, orang miskin yang bahkan sangat sulit untuk makan dan memenuhi kebutuhannya sendiri, tetangga dekat dan juga tetangga yang jauh, teman sejawat, ibnu jamil dan juga hamba sahaya.

Hal ini pun menunjukkan bahwa menjaga hubungan baik dengan
sesama manusia sangat penting dilakukan oleh umat muslim. Bahkan pada akhir ayat ini pun dijelaskan bahwasanya Allah sangat tidak menyukai orang-orang yang suka menyombongkan dirinya dan juga suka membanggakan dirinya sendiri.

PELAJARI JUGA:  Pengertian dan Perbedaan Antara Hadas dan Najis

Cara menjalin hubungan yang baik dengan sesama manusia diantaranya dapat anda lakukan dengan cara memberi salam, memenuhi undangan, memberikan nasihat maupun saran yang baik, mendoakan seseorang yang sedang bersin, menjenguk orang yang sakit dengan ikhlas dan mendoakannya agar cepat sembuh dan kembali pulih seperti sedia kala dan juga mengiringi jenazah.

Agama islam selalu mendorong pemeluknya untuk menjaga hubungan sesama manusia agar selalu terjaga dengan baik.

Nah, demikianlah sedikit informasi mengenai hablu minannas. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.