Permintaan, Penawaran, Harga dan Keseimbangan

Dalam ilmu ekonomi dikenal adanya istilah permintaan, penawaran, harga dan juga keseimbangan. Semua hal ini berkaitan dengan barang maupun jasa yang diperjualbelikan di lingkungan umum.

Berbicara mengenai permintaan maupun demand, permintaan maupun demand ialah jumlah barang maupun jasa yang dengan sukarela dan juga sesuai dengan kemampuan dibeli oleh konsumen maupun dibeli oleh pembeli pada berbagai kemungkinan harga selama periode tertentu dengan asumsi maupun dugaan faktor-faktor yang lainnya dianggap tetap maupun ceteris paribus.

Beberapa faktor-faktor yang dapat mempengaruhi permintaan pada suatu barang adalah harga barang itu sendiri ataupun biasa disebut dengan px. Harga barang lain biasanya disebut dengan py, bisa berupa barang substitusi dan juga barang komplementer. Pendapatan konsumen biasa disebut dengan Y, selera maupun preferensi konsumen biasa disimbolkan dengan t. Dan jumlah penduduk biasanya disimbulkan dengan Pop.

PELAJARI JUGA:  Memahami Ekonomi Makro dan Variabelnya

Sedangkan penawaran maupun supply sendiri ialah kesedian penjual untuk menjual maupun menjajakan ataupun menyerahkan berbagai jumlah barang pada berbagai tingkat harga dalam waktu tertentu dan keadaan tertentu.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi penawaran antara lain yaitu harga barang itu sendiri maupun px. Harga barang lainnya maupun disebut dengan py. Tingkat tekhnologi maupun biasa disebut dengan T. Dan juga harga sumber daya maupun input yang biasa disimbolkan dengan I.

Sedangkan intensitas ialah derajat kepekaan suatu gejala ekonomi terhadap suatu gejala ekonomi lainnya. Pengertian lain dari elastisitas adalah tingkat kepekaan perubahan kuantitas suatu barang yang biasanya disebabkan oleh adanya perubahan faktor-faktor lain seperti misalnya perubahan harga barang itu sendiri, harga barang lain dan juga income maupun pemasukan.

PELAJARI JUGA:  Transaksi Dalam Perusahan Dagang

Macamnya ada tiga yakni elastisitas harga maupun permintaan, elastisitas silang dan juga elastisitas pendapatan maupun income.

Dan keseimbangan pasar maupun biasa disebut dengan equilibrium price ialah harga keseimbangan maupun harga pasar biasa diartikan sebagai tingkat harga yang terjadi berdasarkan suatu kesepakatan antara pembeli dan juga penjual. Keseimbangan biasa terjadi saat kurva permintaan berpotongan dengan kurva penawaran.

Metode untuk menghitung keseimbangan dibagi menjadi tiga yakni pendekatan tabel, pendekatan grafik dan pendekatan matematis.

Nah, demikianlah sedikit informasi mengenai permintaan dan penawaran. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.