Gangguan pada Peredaran Darah Manusia

Posted on

Sistem peredaran darah manusia dapat erkena gangguan karena kesalahan gaya hidup atau pola makan. Gangguan dan penyakit pada peredran darah manusia dpat dialami oleh orang muda ataupun dewasa. Oleh karen itu kita hrus menjaga tubuh dengan baik. Nah, simak pembahasan berikut tentang gangguan dan penyakit yang menyerang peredaran darah.

Anemia

Anemia dapat terjadi akibat kekurangnya sel-sel darah atau cairan darah. Beberapa penyebab anemia antara lain seperti pendarahan di dalam atau di luar tubuh, kekurangan vitamin B12, kekurangan zat besi, dan lain sebagainya. Apabila terjadi pendarahn maka tubuh akan kekurangan cairan. Oleh karena itu maka apabila terluka atau mengalami pendarahan harus dihentikan dan ditangani dengan tepat.

PELAJARI:  Sifat-Sifat Cahaya

Gejala-gejala pada anemia yaitu seseorang akan merasa mudah lemah, mudah lelah, mata berkunang-kunang, dan mudah kesemutan. Anemia yang tidak terlalu parah disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan vitamin B12. Sedangkan, anemia yang parah bisa dibantu dengan menambah darah atau melakukan transfusi darah.

Hipertensi

Hipertensi merupakan penyakit yang membuat tekanan darah seseorang bisa melebihi normal. Hipertensi atau darh tinggi disebabkan oleh adanya penyumbatan pada pembuluh darah. Penyumbatan tersebut dapat terjadi kren adanya lemak atau zat kapur. Hipertensi ini juga bisa menyebabkan gangguan pada organ vital seperti jantung, ginjal, serta pecahnya pembuluh darah di otak sehingga bisa stroke.

PELAJARI:  Nilai-nilai Positif yang Ditanamkan Sejak Usia Dini

Penderita hipertensi diharuskan untuk mengurangi makanan yang banyak mengandung garam. Selain itu penderita hipertensi juga disarankan untuk memperbanyak minum, mengurangi pekerjaan berat, dan lebih banyak istirahat.

Leukemia

Leukemia merupakan penyakit yang disebabkan oleh kelebihan produksi sel darah putih. Sel darah putih yang berproduksi secr berlebihan tesebut akan memakan sel-sel darah merah. Leukemia atau kanker darah ini  memiliki gejala-gelaja berupa badan lemah dan kurang nafsu makan.

Hemofilia

Hemofilia marupakan penyakit yang disebabkn oleh darah yang sukar membeku. Penyakit tersebut bisa disebabkan oleh faktor gen atau keturunan. Hemofilia ini sebenarnya juga dapat disebabkan oleh kekurangan zat makanan tertentu, seperti vitamin K. Para penderita hemofilia yang tidak terlalu parah maka pendarahan dapat dihentikan dengan menaburi serbuk trombin, sedangkan penderita yang cukup parah maka pngobatan dapat diserahkan kepada dokter.