Contoh Ucapan Minta Tolong, Maaf, dan Ucapan Terimakasih yang Baik

Sepanjang perjalanan hidup manusia, anda diharuskan berhadapan pada situasi dimana anda akan berjumpa dengan banyak orang baik itu orang baru atau orang – orang terdekat.

Tentu saja perlakukan mereka akan berbeda – beda. Orang baru menyebabkan munculnya rasa sungkan sedangkan orang – orang terdekat dianggap seakan – akan mampu mengerti dan memahami kondisi anda seutuhnya.

Namun sebenarnya keadaannya sama saja. Di awal berkenalan dengan mereka, anda akan sama – sama saling menjaga sehingga ada rasa untuk mengisi ruang hidup satu sama lainnya.

Anda akan menyempatkan diri untuk mengucapkan terima kasih ketika dibantu, meminta maaf ketika bersalah dan meminta tolong saat anda sedang membutuhkan bantuan dan ucapan selamat saat sudah mencapai sesuatu. Seiring anda berhubungan semakin dekat maka kadang – kadang kata – kata tersebut semakin jarang diucapkan.

 

Maka dari itu marilah budayakan kata – kata yang baik sejak dini terutama kapada anak – anak anda. Perlu untuk dibiasakan diri melakukan hal – hal baik agar kelak bisa terus mengenang dan memakai bahasa yang benar dalam menjalani kehidupan bermasyarakat.

Cobalah untuk membiasakan diri dengan memulai mengajarkan 3 kata ajaib ini yaitu tolong, maaf dan terimakasih. Anda akan melihat anak – anak tersebut tumbuh menjadi orang yang mengenal rasa empati terhadap sesamanya dan mampu menjalani kehidupan sehari – hari dengan berguna.

1/Kata ‘tolong’

Lihatlah beberapa contoh kalimat tersebut di bawah ini :

“Ambilin sendok, dong ! ”

“Buka pintu, cepat ! ”

“Pakein sepatu ini, dong ! ”

Kalau anda menjadi seseorang yang kebetulan bertemu dengan orang yang meminta bantuan dengan cara tersebut di atas ? Kira – kira anda mau dengan senang hati membantu atau merasa sedikit kesal mendengarnya ?

BACA:  Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Anekdot

Dalam kenyataannya, anda sering melupakan bahwa dengan meminta bantuan maka apapun yang berhubungan di dalamnya bisa dilakukan dengan cara yang lebih santun dan enak didengar.

Sebenarnya sangat mudah melakukannya yaitu cukup dengan menambahkan kata tolong maka semua kondisi akan terdengar lebih baik dan menyenangkan untuk dilakukan.

Coba lihat beberapa contoh kalimat tersebut di bawah ini:

“Tolong ambilkan sendok itu ya. ”

“Boleh tolong bukakan pintunya ? ”

“Tolong pakaikan sepatu ini ya Bunda. ”

Tentu saja tidak sulit menambahkan satu kata diantara sederetan kalimat permintaan bantuan tersebut di atas. Dengan menyelipkan kata tolong maka tidak akan pernah ada perasaan – perasaan negatif untuk merendahkan diri anda sebagai orang yang meminta bantuan.

Di samping itu hal tersebut menandakan bahwa anda bersedia menghormati orang yang hendak memberikan bantuan kepada anda.

Bukankah menyenangkan memperoleh pertolongan di tengah kesulitan dengan perasaan yang ringan? Jadi jangan lupa sertakan kata tolong dalam meminta bantuan pada segala kesempatan.

2/Kata ‘maaf’

Pada segala situasi mungkin kata ini menjadi salah satu kata yang paling sulit untuk diucapkan. Meskipun demikian sebagai manusia yang memiliki ego dan gengsi tetap harus bersedia mengakui jika sekali waktu anda melakukan kesalahan yang disengaja atau tidak disengaja.

Tak jarang ditemukan orang yang bersalah justru memiliki aura perdebatan paling besar semata – mata dilakukan hanya untuk membuktikan bahwa mereka tidak bersalah.

Dengan menyelipkan kata maaf maka anda dapat membantu diri sendiri untuk meruntuhkan rasa ego atas perasaan ingin menang sendiri dan paling benar di dalam diri sendiri. Karena sejatinya tidak ada manusia yang tidak mempunyai kesalahan sehingga kata maaf tetap masih dibutuhkan.

Dengan memakai kata maaf dalam setiap kalimat yang anda gunakan dalam kehidupan sehari – hari maka akan menjadi lebih mengerti bahwa di samping perasaan anda sendiri masih ada perasaan orang lain yang berhak untuk dihargai.

BACA:  Membandingkan Penggunaan Bahasa dalam Cerpen dan Hikayat

Meskipun demikian hindari menuntut lebih kepada orang lain semata – mata untuk menghargai anda. Andalah terlebih dahulu belajar untuk menghargai orang lain disamping menghargai diri sendiri. Jadilah berani untuk memulai membiasakan diri memakai kata ini ketika diperlukan.

3/Kata ‘terima kasih’

Sebuah tindakan yang dilakukan dengan ikhlas seharusnya tidak menuntut ucapan terima kasih. Meskipun demikian tidak salah jika anda memberikan ucapan ini sebagai salah satu bentuk penghargaan atas kebaikan yang sudah seseorang berikan kepada anda.

Nah bentuk penghargaan atas upaya seseorang sudah membantu anda tidak harus berbentuk medali, piala, lencana, emas apalagi uang. Bisa diungkapkan dengan cara sederhana, mudah dan murah dapat anda lakukan adalah dengan mengucapkan terima kasih.

Sekecil apapun bantuan yang telah mereka berikan kepada anda adalah sangat membantu mengatasi kesulitan. Maka dari itu ingat selalu mengucapkan kata terima kasih yang baik.

***

Ucapan minta tolong, kata maaf dan ucapan terima kasih sangat sederhana untuk dipraktikkan dalam kehidupan sehari – hari. Cobalah untuk membiasakannya mulai dari sekarang. Karena anda akan tahu manfaatnya saat anda mencoba membiasakan hal ini terutama kepada anak – anak.

Anak – anak akan lebih mudah untuk mengingat dan mempraktekkan kata – kata ajaib ini hingga dewasa kelak. Kata – kata ajaib ini mulai bisa diajarkan kepada anak – anak seperti anda sedang membacakan dongeng pengantar tidur. Lakukan dengan senang hati setiap hari.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang ucapan minta tolong, maaf, dan ucapan terimakasih yang baik. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.