Hukum Newton 1, 2, dan 3 dan Contohnya

Posted on

Newton adalah salah satu ilmuwan terbesar dalam ilmu fisika. Newton juga menemukan sebuah teori fisika Yang memiliki nama sama dengan namanya yakni hukum Newton. Mengenai Isaac newton sendiri ialah newton terlahir di woolstorpe by colsterworth di sebuah Hamlet maupun desa di lincolnshare pada 4 januari 1643.

Newton merupakan ilmuwan Yang termasuk pengikut heliosentris yakni matahari adalah pusat dari Alam semesta Dan juga merupakan salah satu ilmuwan Yang memiliki pengaruh besar dalam sejarah, bahkan dapat dikatakan bahwa Newton merupakan bapak ilmu fisika klasik.

Newton merumuskan hukum fisika dalam tiga sesi maupun tahap yakni hukum newton satu, dua Dan juga tiga.

Bunyi hukum newton satu adalah jika resultan gaya Yang bekerja pada benda Yang sama dengan nol pada benda Yang pada mulanya diam Akan tetap diam pada akhirnya. Benda Yang pada mulanya bergerak lurus beraturan Akan tetap bergerak lurus beraturan dengan kecepatan yang tetap. Contoh hukum newton dalam kehidupan sehari-hari manusia yakni saat Mobil bergerak cepat direm mendadak, penumpang Akan serasa terdorong ke depan. Contoh lainnya yakni ketika mobil yang anda naiki setelah direm mendadak, lalu mobil tiba-tiba akan bergerak ke depan maka anda pun akan terdorong ke belakang. Contoh terakhir adalah koin yang berada diatas kertas, yang diletakkan diatas meja akan tetap jika kertas ditarik dengan sangat cepat.

PELAJARI:  Fungsi dan Macam-macam Katrol

Sedangkan bunyi hukum newton dua yakni percepatan dari suatu benda akan sebanding dengan jumlah gaya maupun biasa disebut dengan resultan gaya yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massanya. Contoh dalam kehidupan sehari-hari hukum newton dua yakni gaya yang ditimbulkan ketika menarik gerobak yang penuh dengan bawaan berat untuk dipindahkan dari pasar tradisional ke rumah. Contoh lainnya yakni ketika jika ditarik dengan gaya yang sama maka mobil-mobil yang massanya lebih besar ataupun ada beban maka percepatannya lebih kecil, sedangkan pada mobil-mobilan dengan yang sama jika ditarik dengan gaya yang lebih besar maka akan mengalami percepatan yang semakin besar pula.

PELAJARI:  Alasan Mengapa Awan yang Beratnya Berton-ton Dapat Melayang

Dan bunyi hukum newton tiga yakni jika suatu benda memberikan gaya pada benda lain maka benda yang dikenai gaya akan memberikan gaya yang besarnya sama dengan gaya yang diterima dari benda pertama tapi dari arah yang berlawanan. Contoh hukum newton tiga dalam kehidupan sehari-hari yakni duduk diatas kursi berat badan tubuh mendorong kursi ke bawah sedangkan kursi menahan maupun mendorong badan menuju ke atas.

Nah, demikianlah mengenai hukum newton. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.