Bagian – Bagian Penyusun Rangka Manusia

Tulang merupakan alat gerak pasif yang memiliki kerangka protein. Nutrisi utama penyusun tulang adalah kalsium. Tulang memiliki lapisan luar tulang berisi saraf dan jaringan pembuluh darah kecil. Tulang merupakan unsur utama dalam penyusun rangka manusia dan sistem gerak pada manusia yang perlu kita ketahui untuk memaksimalkan fungsi serta cara memelihara kesehatan rangka tubuh manusia.

Rangka adalah sekumpulan tulang-tulang yang saling berhubungan. Tulang tersebut saling berhubungan dan menyambung. Tulang penyusun rangka manusia dapat dibedakan menjadi tiga kelompok utama yaitu rangka kepala atau lebih dikenal dengan tulang tengkorak, tulang badan, dan tulang anggota gerak (anggota tubuh).

Sebagai penyusun rangka tubuh manusia, tulang memiliki fungsi sebagai penyokong, pelindung, penahan dan penegak tubuh, tempat otot rangka melekat, penyimpan mineral (Calcium dan Phosphat), produsen sel darah (sumsum merah tulang), dan penyimpan energi berupa simpanan lemak (sumsum kuning).

Berikut Ulasan Mengenai Organ Penyusun Sistem Gerak (Rangka manusia) di bawah ini!

1. Rangka Kepala (tulang tengkorak)

Rangka kepala atau yang dikenal dengan nama tengkorak, terdiri dari tulang penyusun yang berbentuk pipih dan saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya, sehingga membentuk rongga. Tulang-tulang tersebut mengelilingi dan melindungi organ tubuh yang vital seperti otak.

Tulang tengkorak terdiri atas:

1. Tulang tempurung kepala, atau yang disebut juga tulang tengkorak bagian kepala ini terdiri atas beberapa tulang yang saling berhubungan namun tidak dapat digerakkan. Pada bayi, dua buah tulang ubun-ubunnya belum menutup dengan sempurna.

PELAJARI JUGA:  Ayo Cari Tahu tentang Jaringan Darah

2. Tulang wajah, Tulang tengkorak bagian muka ini berperan dalam pembentukan wajah manusia. Semua bagian tulang wajah ini menyatu dan tidak dapat digerakkan kecuali tulang rahang bawah.

2. Rangka badan

Tiga kelompok tulang, masing-masing adalah kelompok tulang belakang, tulang dada dan tulang rusuk, saling berhubungan sehingga membentuk rongga. Rangka badan manusia terdiri dari kelompok tulang belakang yang terdiri atas ruas-ruas tulang belakang yang berfungsi sebagai penyangga tulang tengkorak dan merupakan tempat melekatnya tulang-tulang rusuk yang berbentuk pipih dengan panjang sekitar 15 cm.

Tulang badan terdiri atas 5 kelompok yaitu:

1. Tulang belakang, yang merupakanpembeda antara hewan vertebrata dan invertebrata, merupakan salah satu susunan terpenting dalam sistem rangka manusia. Kelainan tulang belakang atau penyakit tulang belakang akan mempengaruhi sistem gerak dan kesehatan manusia secara keseluruhan. Tulang belakang tersusun atas 33 ruas tulang-tulang pendek

2. Tulang dada merupakan tempat tulang rusuk bagian depan melekat. Tulang dada mempunyai bagian yang terdiri atas:

  • Bagian hulu, tempat tulang selangka melekat,
  • Bagian badan, tempat 7 pasang tulang rusuk melekat,
  • Bagian taju pedang, berbentuk pipih dan ujungnya menyerupai mata pedang

3. Tulang rusuk berjumlah 12 pasang dan terdiri dari tiga jenis tulang, yaitu:

  • Tulang rusuk sejati, berjumlah 7 pasang yang melekat pada tulang dada bagian badan dan tulang punggung.
  • Tulang rusuk palsu, berjumlah 3 pasang yang bagian belakangnya melekat pada tulang punggung dan bagian depan melekat pada tulang rusuk sejati di atasnya.
  • Tulang rusuk melayang, berjumlah 2 pasang yang bagian belakangnya melekat pada tulang punggung sementara bagian depan melayang dan tidak melekat pada tulang apapun.
PELAJARI JUGA:  Proses Otot Mengalami Atrofil, Hipertrofil dan Distrofil

4. Kelompok tulang bahu berada di samping kanan dan kiri tubuh bagian atas, di atas tulang dada. Tulang selangka di masing-masing kelompok tulang bahu menghubungkan masing-masing gelang bahu kanan dan kiri dengan tulang dada. Tulang belikat yang berbentuk segitiga pipih menghubungkan masing-masing gelang bahu dengan tulang rusuk. Tulang belikat memiliki sebuah tonjolan yang disebut paruh gagak.

5. Kelompok gelang panggul terdiri atas 3 jenis tulang yang saling bergabung menjadi satu, yaitu:

  • Tulang ilium atau tulang usus, yang dihubungkan oleh jaringan sendi dengan tulang kelangka
  • Tulang pubis atau tulang kemaluan
  • Tulang iskium atau tulang duduk

3. Rangka Anggota Gerak

Rangka anggota gerak meliputi tulang anggota gerak atas dan tulang anggota gerak bawah. Tulang anggota gerak atas berhubungan dengan gelang bahu, sedangkan tulang anggota gerak bawah berhubungan dengan gelang panggul. Tulang anggota gerak atas terdiri dari tangan kanan dan kiri yang masing-masing terdiri atas satu buah tulang lengan atas, satu buah tulang pengupil, satu buah tulang hasta, delapan buah tulang pergelangan tangan lima buah tulang telapak tangan dan empat belas buah tulang jari.

Bagian-bagian tulang anggota gerak bagian atas :

1. Tulang lengan atas (humerus)
2. Tulang pengumpil (radius)
3. Tulang hasta (ulna)

Bagian-bagian tulang anggota gerak bagian bawah :

1. Tulang paha (femur)
2. Tulang betis (fibula)
3. Tulang kering (tibia)