Pendapatan Nasional dan Inflasi

Posted on

Di dalam pelajaran ekonomi terdapat yang namanya pendapatan nasional dan juga inflasi. Jika kita melihat berita yang ada di televisi pasti kita sering mendengar yang namanya pendapatan nasional dan juga inflasi. Jadi apa sebenarnya pendapatan nasional dan juga inflasi? Nah, daripada penasaran mari kita bahas bersama-sama.

Pendapatan nasional adalah suatu pendapatan suatu negara. Di dalam suatu pendapatan nasional terdapat Tiga pendekatan yakni pendekatan produksi, pendekatan pengeluaran dan juga pendekatan pendapatan.

Yang dimaksud dengan pendekatan produksi adalah perhitungan suatu pendapatan nasional dengan cara menjumlahkan nilai tambah semua barang jasa yang biasanya dihasilkan.

Sedangkan pendekatan pengeluaran adalah perhitungan pendapatan nasional dengan cara menjumlahkan pengeluaran dari masing-masing sektor dalam perekonomian.

PELAJARI:  Pengertian dan Kurva Investasi Tetap dan Terpacu

Dan pendekatan pendapatan ialah perhitungan pendapatan nasional dengan cara menjumlahkan suatu pendapatan yang diterima oleh pemilik suatu faktor produksi.

Konsep pendapatan nasional terdiri dari GDP ataupun merupakan singkatan dari gross domestic bruto maupun dalam bahasa indonesia disebut dengan produk domestik bruto. NNP ataupun merupakan singkatan dari nett national product ataupun produk nasional bersih. NNI adalah nett national income ataupun dapat disebut sebagai pendapatan nasional bersih. PI dapat diartikan sebagai personal income maupun pendapatan perseorangan. DI merupakan disposable income maupun pendapatan siap dibelanjakan.

Cara menghitung GNP yakni dengan cara GDP-Netto Luar Negeri. Cara menghitung NNP yakni dengan cara GNP-Penyusutan. Cara menghitung NNI yakni dengan cara NNP-Pajak tidak langsung. Cara menghitung PI yakni dengan cara NNI+transfer payment-(laba ditahan+asuransi). Cara menghitung DI yakni dengan cara PI-Pajak tidak langsung.

PELAJARI:  Perbedaan Antara Tenaga Kerja, Angkatan Kerja dan Kesempatan Kerja

Sedangkan pengertian inflasi ialah suatu keadaan dimana tingkat harga secara umum maupun biasa disebut dengan price level cenderung dalam keadaan yang naik dan laju inflasi sendiri ialah kenaikan maupun suatu penurunan inflasi dari periode ke periode maupun dari tahun ke tahun. Sebab timbulnya suatu inflasi diantaranya ialah kenaikan permintaan melebihi penawaran, kenaikan biaya produksi, meningkat nya jumlah uang yang beredar di masyarakat, berkurang nya jumlah barang di pasaran, inflasi dari luar negeri dan juga adanya inflasi dari dalam luar negeri.

Nah, demikianlah sedikit informasi mengenai pendapatan nasional dan juga inflasi. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.