Bagian Tumbuhan yang Dimanfaatkan Manusia dan Hewan

Posted on

Tumbuhan sangat mempengaruhi keberlangsungan hidup manusia dan hewan. Hal tersebut dikarenakan hampir seluruh bagian tumbuhan dapat dimanfaatkan manusia dan hewan. Tumbuhan dapat dimanfaatkan mulai dari daun, bunga, buah, batang, umbi, tunas, hingga bijinya.

  1. Tumbuhan yang akarnya dijadikan bahan makanan, contohnya adalah singkong, wortel, bengkoang, dan lobak.
  2. Tumbuhan yang dimanfaatkan batangnya sebagai bahan makanan adalah tebu, sagu, dan enau.
  3. Tumbuhan yang daunnya dijadikan bahan makanan, contohnya bayam, kangkung, selada, sawi, daun singkong, dan daun melinjo.
  4. Tumbuhan yang buahnya dijadikan bahan makanan, contohnya jeruk, apel, mangga, pepaya, pisang, terong, mentimun, tomat, dan labu.
  5. Tumbuhan yang bunganya dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan antara lain adalah kol atau kubis, bawang, turi, pisang.
  6. Tumbuhan lain yang bijinya dimanfaatkan sebagai bahan makanan adalah kacang kedelai, kacang tanah, kacang panjang, jagung, gandum, dan padi.
  7. Tumbuhan yang dimanfaatkan tunasnya yaitu kecambah dan rebung.
PELAJARI:  Sebab-Sebab Terjadinya Perubahan Pada Benda

Tumbuhan hijau merupakan sumber energi bagi manusia dan hewan. Manusia dan hewan tidak dapat melakukan fotosintesis. Hewan mendapatkan sumber energi dari tumbuhan hijau. Hewan herbivora memperoleh makanan dengan cara langsung memakan tumbuhan. Hewan karnivora memakan hewan herbivora untuk memperoleh makanannya. Hewan omnivora memakan tumbuhan dan hewan . Selain sebagai sumber makanan, tumbuhan juga dimanfaatkan manusia dan hewan sebagai berikut.

  1. Tumbuhan hijau juga bisa dijadikan bahan penyedap rasa, misalnya tebu, merica, pala, cengkih, kunyit, jahe, bawang merah, dan bawang putih.
  2. Tumbuhan hijau sebagai bahan obat-obatan, misalnya kulit pohon kina, kencur, kunyit, jahe, temulawak, kapulaga, daun jambu biji, dll.
  3. Tumbuhan hijau sebagai bahan sandang, contohnya serat kapas.
  4. Tumbuhan hijau sebagai bahan peralatan rumah tangga, misalnya pohon jati, mahoni, bambu, dan rotan.
  5. Tumbuhan untuk bahan baku industri.
  6. Tumbuhan juga dimanfaatkan manusia sebagai tempat menyimpan cadangan air dan mencegah erosi.
  7. Tumbuhan sebagai pensuplai oksigen yang dibutuhkan manusia dan hewan.
  8. Tumbuhan sebagai tempat tinggal bagi hewan.