Berlatih Praktik Debat

Pada pembelajaran berikut, kamu akan belajar berdebat. Untuk itu hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyusun mosi.

Kegiatan 1
Menyusun Mosi

Sebelum memulai debat, terlebih dahulu harus dirumuskan mosi (permasalahan) yang akan diperdebatkan. Mosi dapat diambil dari berita yang tengah hangat beredar di masyarakat. Kamu juga dapat mengangkat masalah-masalah yang kamu hadapi di sekolah.

Berlatihlah menyusun mosi dengan berdasar tema-tema berikut ini.

 

Tugas 1
Petunjuk: Susunlah mosi berdasarkan dua berita berikut ini.

Berita 1
ACEH – Banjir akibat luapan air sungai kembali merendam ratusan rumah warga di Desa Rantau Gedang, Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh, Jumat (6/11/2015).

Akibat banjir, akses darat dari Desa Rantau Gedang menuju pusat kota putus total. Untuk mencapai pusat kota, akses satu-satunya yang bisa dilalui warga hanya melalui aliran sungai yang sedang meluap. Mereka menggunakan perahu kecil. Hal tersebut tentu mengancam keselamatan warga.

Papuk, salah seorang warga, mengaku belum menerima bantuan apa pun dari Pemerintah Daerah Aceh Singkil. Warga berharap pemerintah dapat segera menyalurkan bantuan seperti pakaian, makanan, dan air bersih. Sebab, warga mulai kehabisan bahan makanan. Hingga kini, curah hujan di Aceh Singkil masih tinggi, sehingga kemungkinan ketinggian air terus naik.

Berita 2
SERAMBINEWS.COM, SINGKIL – Banjir yang menerjang Kecamatan Singkil, Aceh Singkil, makin parah, Jumat (6/11/2015). Genangan air sudah mulai merendam badan jalan Singkil-Singkil Utara, di depan perumahan Rekompak.

Wilayah yang terendam banjir pun bertambah luas. Jika kemarin hanya empat desa yang terendam, hari ini bertambah banyak. Desa terbaru yang terendam banjir yaitu Pemuka, Takal Pasir dan Sitiambia. Sebelumnya banjir hanya menggenang Ujung Bawang, Peabumbung, Rantau Gedang dan Teluk Rumbia.

Ketinggian air pun bertambah, kali ini di titik terdalam sekitar 2 meter. Aktivitas warga mulai terganggu, salah satunya bengkel sepeda motor di Desa Ujung Bawang, tutup lantaran terendam banjir.

Jawab:

BACA:  Cara Menulis Iklan Baris

Banyak mosi yang dapat dikembangkan dari dua berita di atas, di antaranya sebagai berikut.

  1. Keterlambatan pengiriman bantuan pada para pengungsi banjir Singkil karena
    pemerintah kurang tanggap terhadap nasib para korban.
  2. Banjir yang terjadi di Singkil merupakan akibat hujan deras yang turun tiga hari
    berturut-turut.
  3. Pemerintah bertanggung jawab untuk mencegah jatuhnya korban jiwa dalam bencana
    banjir di Singkil Aceh.
  4. Penggunaan perahu karet pada saat banjir dapat mengancam keselamatan warga.