Penyakit yang Menyerang Menyerang Kesehatan Tulang

Posted on

Tulang manusia memang terlihat kokoh dan kuat akan tetapi banyak juga penyakit yang bisa menyerang tulang. Hal tersebut dapat diakibatkan oleh kurangnya zat tertentu pada tulang. Mineral utama yang menjadi penyusun tulang adalah kalsium. Apabila tulang kekurangan kalsium, maka tulang akan tidak kuat dan sering mendapatkan gangguan. Selanjutnya, kita akan membahas beberapa penyakit yang menyerang tulang.

  1. Osteoporosis

Osteoporosis merupakan pengeroposan pada tulang. Penyakit ini disebabkan karena kekurangan kalsium dan vitamin D. Osteoporosis biasanya ditandai oleh tulang menjadi mudah retak atau patah.Osteoporosis biasanya dialami oleh orang-orang lanjut usia.  Penyakit ini dapat dicegah dengan cara memakan makanan yang banyak mengandung vitamin D dan kalsium sejak dini.

  1. TBC Tulang
PELAJARI:  Kenali Ciri Khas Bakteri Gram Positif Dan Negatif

Penyakit TBC tulang ini ditandai oleh keluarnya nanah dari tulang kita. Selain itu, penderita juga akan mengalami rasa sakit yang luar biasa. Penyebab penyakit TBC tulang adalah bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat dicegah dengan cara tinggal di tempat yang bersih, tidak lembab, serta cukup sinar matahari.

  1. Rematik

Penyakit rematik ini menyebabkan rasa nyeri yang terjadi pada persendian. Rasa nyeri tersebut dapat dirasakan pada pergelangan tangan, kaki, dan siku. Umumnya menyerang orang dewasa dan lanjut usia.

  1. Rakitis

Rakitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin D atau kekurangan sinar ultraviolet dari matahari pagi. Penyakit tersebut biasanya dialami oleh anak-anak. Penderita rakitis akan mengalami pembentukan tulang yang tidak sempurna. Penyakit rakitis yang sering terjadi pada kaki anak berbentuk huruf O atau X.