Kelainan pada Mata Manusia

Posted on

Mata manusia bisa terkena gangguan apabila tidak dirawat dengan baik. Apalagi bila memiliki kebiasaan-kebiasaan buruk seperti membaca di tempat yang gelap atau yang lainnya. Kebiasaan tersebut harus dihindari agar tidak terkena gangguan mata. Berikut ini pembahasan singkat tentang gangguan atau kelainan yang terjadi pada mata manusia.

  1. Miopi (rabun jauh)

Miopi atau sering disebut dengan rabun jauh adalah berkurangnya kemampuan mata ketika melihat benda pada jarak yang jauh. Pada penderita miopi maka cahaya akan jatuh di depan retina. Hal tersebut mengakibatkan benda pada jarak jauh tidak dapat terlihat secara jelas. Miopi dapat dibantu dengan menggunakan kacamata berlensa cekung (negatif).

2. Hipermetropi (rabun dekat)

PELAJARI:  Zat-zat yang terdapat pada Makanan Sehat

Hipermetropi merupakan kelainan terjadi akibat dari berkurangnya kemampuan mata ketika melihat benda pada jarak dekat. Pada penderita gangguan hipermetropi maka cahaya akan jatuh di belakang retina. Hal tersebut tentu saja akan mengakibatkan benda pada jarak yang dekat tidak dapat terlihat dengan jelas. Penderita hipermetropi dapat dibantu dengan kacamata berlensa cembung (positif).

3. Presbiopi

Presbiopi merupakan gangguan pada mata yang umumnya dialami oleh orang lanjut usia. Penderita presbiopi tidak dapat melihat benda yang memiliki jarak dekat ataupun jauh. Presbiopi dapat dibantu dengan kacamata berlensa cekung dan cembung.

4. Buta warna

Buta warna merupakan gangguan pada mata yang sulit untuk membedakan warna-warna dengan jelas. Gangguan buta warna ini dapat digolongkan menjadi dua macam yaitu buta warna total dan buta warna parsial. Buta warna total tidak dapat membedakan semua warna. Sedangkan, penderita buta warna total hanya dapat melihat warna putih dan hitam. Adapun buta warna yang parsial hanya bisa melihat warna-warna tertentu misalnya saja warna merah atau biru.

PELAJARI:  Pengertian dan Fungsi Proses Reabsorpsi

5. Rabun senja

Rabun senja merupakan salah satu gangguan pada mata akibat dari berkurangnya kemampuan mata dalam melihat benda di waktu senja. Rabun senja ini sebenarnya diakibatkan oleh tubuh yang kekurangan vitamin A.

6. Mata merah

Mata merah sering dianggap sepele oleh masyarakat, padahal jika hanya dibiarkan maka akan mengganggu indera penglihatan. Gangguan mata merah ini disebabkan oleh masuknya benda asing ke dalam mata. Hal tersebut mengakibatkan mata menjadi terasa gatal, perih, dan memerah.