Kegunaan & Cara Menjaga Keselamatan Penggunaan Energi Listrik

Posted on

Tidak dapat dipungkiri bahwa listrik sangat diperlukan oleh manusia bahkan hampi dalam setiap aktifitas. Tanpa adanya listrik, manusia akan kesulitan untuk mememuhi kebutuhannya. Listrik tergolong eergi primer karena sangat utama dan paling banyak dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan. Berikut ini beberapa manfaat sumber listrik dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya seperti:

(1) Sumber penerangan

Pada malam hari atau di ruangan gelap, kita tidak dapat beraktivitas tanpa alat penerangan. Lampu adalah salah satu alat penerangan yang paling sering digunakan. Lampu tersebut dapat berfungsi jika ada energi listrik.

(2) Sumber listrik untuk berbagai kegiatan.

Dalam kegiatan sehar-hari baik di bidang pendidikan, ekonomi, sosial, ataupun politik, manusia membutuhkan sumber listrik. Apabila listrik padm wlaupun hany dalam satu hari saja pasti sudah menimbulkan beberpa masalah. Setiap saat peralatan listrik selalu dipakai oleh manusia untuk memudahkan dan meringankan pekerjaan sehari-hari. Berbagai peralatan rumah tangga juga banyak menggunakan energi listrik.

PELAJARI:  Bagian-bagian Batang

Penggunaan energi listrik sebaiknya dilakukan dengan hati-hati agar tidak menimbulkan masalah atau kecelakaan. Berikut ini adalah cara menjaga keselmatan pengguna energi listrik yang dapat kamu simak. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga keselamatan penggunaan energi listrik adalah sebagai  berikut.

  1. Menggunakan alas kaki dari karet ketika berhubungan dengan peralatan listrik.
  2. Tidak sentuh perlatan listrik jika tangan basah.
  3. Apabila terdapat peralatan listrik yang rusak, maka jangan mencoba untuk memperbaikinya sendiri. Sebaiknya meminta bantuan orang dewasa atau ahli elektronik untuk memperbaikinya.
  4. Tidak memasukkan benda-benda logam ke dalam lubang stopkontak.
  5. Menghindari kabel yang terkelupas karena bisa menimbulkan sengatan listrik.
  6. Apabila peralatan listrik mengeluarkan asap atau mencium bau terbakar maka segera matikan alat tersebut.