Inilah Cara Memelihara Kesehatan Alat Pencernaan

Posted on

Alat pencernaan manusia hendaknya dijaga dengan baik agar tidak terkena gangguan atau penyakit alat pencernaan. Beberapa cara yang mudah dilakukan untuk menjaga kesehatan alat pencernaan yaitu dapat dengan mencucui tangan sebelum makan, makan dengan teratur dan tepat waktu, mencuci sayuran maupun buah-buahan, menggunakan peralatan makan yang bersih, serta menggosok gigi sebelum tidur malam. Ayo simak pembahasan secara lebih lengkap dibawah ini.

Mencuci tangan sebelum makan

Ketika kita makan, sebaiknya tangan dalam keadaan bersih dengan cara mencucinya. Mencuci tangan sebelum makan bisa menghilangkan kotoran yang menempel pada tangan sehingga kotoran tersebut tidak masuk bersama makanan yang akan di makan.

Makan teratur dan tepat waktu

Kebiasaan menunda waktu makan akan mengakibatkan gangguan pada alat pencernaan, seperti penyakit maag. Oleh sebab itu, untuk memelihara alat pencernaan sebaiknya makan teratur dan tepat waktu. Makan yang tepat waktu dan teratur akan membuat tubuh tidak kekurangan tenaga untuk melakukan aktivitas.

PELAJARI:  Teks Editorial/Opini (Pengertian, Struktur Teks Dan Kaidah Kebahasaan)

Mencuci buah-buahan dan sayuran

Mencuci buah-buahan dan sayur-sayuran juga sangat penting untuk menjaga kesehatan lat pencernaan. Tujuan dari mencuci buah-buahan dan sayur-sayuran adalah supaya buah dan sayuran yang di makan bisa bersih dari kotoran yang dapat menggangu alat pencernaan di dalam tubuh.

Menggunakan peralatan yang bersih

Alat makan seperti piring, gelas, sendok, dan garpu yang dipakai untuk makan juga harus dalam keadaan bersih. Kebersihan peralatan yang dipakai pada saat makan bisa mencegah munculnya penyakit pada alat pencernaan. Selain itu, pada alat memasak yang digunakan juga sebaiknya memakai peralatan yang bersih sehingga makanan tidak tercampur dengan kotoran.

Menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur

Sisa-sisa makanan berada di dalam rongga mulut dan menempel di gigi tentunya akan menganggu kesehatan gigi. Oleh sebab itu, setelah makan dianjurkan unuk membersihkan sisa-sisa makanan dengan menggosok gigi. Selain itu, menggosok gigi sebelum tidur juga dianjurkan untuk mencegah gigi berlubang.