Pemodelan Teks Rekaman Percobaan

Posted on

Pada Kegiatan 1 ini kamu ditugaskan untuk mengenali dan memahami teks rekaman percobaan. Dalam pembahasan ini, teks yang dijadikan teks model rekaman percobaan teks berjudul “Percobaan Membuat Teleskop Sederhana”.

Tugas 1 Memahami Teks Rekaman Percobaan

Hal yang pertama kamu lakukan adalah memahami struktur teks rekaman percobaan. Namun terlebih dahulu bacalah teks rekaman percobaan yang berjudul “Percobaan Membuat Teleskop Sederhana”. Teks “Percobaan Membuat Teleskop Sederhana” adalah salah satu model dalam BAB ini. Setelah menyelesaikan tugas 1, kamu diharapkan termotivasi untuk melakukan percobaan-percobaan yang dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ada. Untuk itu, baca dan pahamilah makna teks berikut dengan cermat!

Percobaan Membuat Teleskop Sederhana

Supaya dapat mengamati benda-benda di langit, dibutuhkan alat canggih yang disebut dengan teleskop. Teleskop merupakan sebuah teropong besar yang digunakan di dalam astronomi. Ilmu ini mempelajari benda-benda di langit. Astronomi tidak bisa berkembang dengan baik karena banyak orang yang berpendapat bahwa astronomi membutuhkan teleskop yang mahal dan berteknologi tinggi. Padahal, teleskop sederhana dapat dibuat dan pengamatan sederhana pun dapat juga dilakukan.

Untuk membuat teleskop sederhana, diperlukan bahan dan alat berikut.

  • Lensa objektif LUP (kaca pembesar)/lensa cembung praktikum (biasa dijual di toko alat laboratorium) dengan diameter 5 cm.
  • Pipa PVC dan perlup (sambungan pipa) dengan panjang kira-kira 30 cm.
  • Perkakas seperti gergaji kecil dan lem perekat.
  • Lensa okuler (bisa menggunakan lensa binokuler atau lensa mikroskop) atau bisa juga dengan membeli lensa di toko alat laboratorium dengan diameter 2,5 cm.
PELAJARI:  Contoh Teks Eksplanasi Tentang Peristiwa Alam

Adapun cara pembuatan teleskop sederhana adalah seperti berikut.

  1. Tentukan panjang badan teleskop!
  2. Potong pipa PVC yang panjangnya sudah diketahui!
  3. Letakkan lensa objektif ke dalam sambungan pipa! Kemudian, sambungkan sambungan pipa yang sudah berisi lensa tadi di ujung paling depan pipa PVC yang sudah diukur! Ingat lensa objektif selalu terletak di depan lensa okuler.
  4. Pasangkan perlup di ujung paling belakang pipa!
  5. Letakkan lensa okuler di perlupnya!

Setelah melalui langkah-langkah tersebut, kini teleskop sederhana sudah dapat digunakan untuk mengamati benda-benda langit, seperti kawah bulan ataupun planet-planet terdekat. Teleskop sederhana dan murah ini dapat kamu gunakan untuk mengamati benda-benda yang jaraknya cukup jauh.

Untuk mengamati benda langit yang jaraknya jauh ternyata tidak selalu harus menggunakan alat yang canggih dan mahal. Kamu cukup menggunakan benda-benda yang mudah didapatkan. Sebelum melakukan pengamatan, ada baiknya kamu melihat waktu terbit dan tenggelam serta arah objek yang akan diamati.

Setelah kamu membaca teks rekaman percobaan yang berjudul “Percobaan Membuat Teleskop Sederhana”, tentu timbul pemikiranmu untuk mencoba melakukan hal yang sama sehingga dapat menghasilkan teleskop yang selama ini dianggap sebagai benda yang mahal. Pembuatan teleskop sederhana tentu tidaklah mudah. Kamu harus melalui percobaan yang gagal berulang-ulang.

Sekarang cobalah jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini! Kemudian, cocokkanlah jawabanmu dengan jawaban teman sebangkumu! Jika terdapat perbedaan jawaban, gunakanlah perbedaan tersebut sebagai ajang diskusi. Mintalah gurumu sebagai pendamping diskusimu!

1) Apakah yang dimaksud dengan teleskop?
Jawab: Teleskop adalah alat pengamatan yang berfungsi mengumpulkan radiasi elektromagnetik dan sekaligus membentuk citra dari objek yang diamati.

PELAJARI:  Mengonstruksi Ceramah

2) Apakah fungsi teleskop?
Jawab: Fungsi teleskop adalah untuk melihat objek yang sangat jauh, serta benda-benda langit.

3) Benarkah teleskop harus canggih dan mahal? Berikan alasanmu!
Jawab: Itu tergantung dengan jenis teleskop yang digunakan apakah menggunakan alat dan bahan yang bagus dan tahan atau tidak.biasanya semakin bagus canggih suatu produk maka kualitas yang dihasilkan juga akan semakin bagus.

4) Sebutkan alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan teleskop
sederhana?
Jawab: Alat & Bahan yang perlu disiapkan dalam membuat teleskop adalah:

  • Kertas karton hitam.
  • Gunting
  • Lakban Hitam
  • Lem
  • 2 kaca pembesar/lup. Yang satu diameter lebih besar dan satu lainnya diameter lebih kecil.
  • Kaleng Tabung panjang, biasanya dari kaleng makanan ringan berupa keripik kentang seperti Pringles atau Mister Potato.

5) Apa langkah pertama yang perlu dilakukan dalam pembuatan teleskop sederhana?
Jawab: Lapisi bagian luar kaleng bekas keripik kentang dengan karton hitam. Hal ini agar cahaya tidak masuk saat pengamatan. Sebelumnya potong dulu bagian bawah kaleng agar bolong.

6) Apa langkah terakhir yang perlu dilakukan dalam pembuatan teleskop sederhana?
Jawab: Gulung karton hitam lagi. Kali ini yang lebih panjang. Karton ini digunakan untuk meletakkan lensa objektif. Jangan lupa di lem dan bagian yang diberi lem dilapisi lakban hitam.

7) Benda langit apa sajakah yang dapat dilihat dengan menggunakan
teleskop?
Jawab:

  • Bintang
  • Comet
  • Meteor
  • Planet lain ( Kira-kira Harus Berjarak 1-10 KM )
  • Matahari
  • Bulan
  • Asteoroid
PELAJARI:  Menyunting Teks Cerita Pendek dengan Memperhatikan Unsur-Unsur

8) Apa yang disampaikan penulis pada paragraf 1 dan paragraf 2?
Jawab: Paragraf 1: penulis menyampaikan pengenalan pada alat canggih yang bernama teleskop. Sedangkan paragraf 2: penulis menyampaikan langkah-langkah pembuatan teleskop sederhana.

9) Apa yang disampaikan penulis pada paragraf 3?
Jawab: Cara pembuatan teleskop sederhana

10) Apa pula yang disampaikan penulis pada paragraf 4 dan 5?
Jawab: Paragraf 1: teleskop sederhana dan murah juga dapat mengamati benda-benda yang jaraknya cukup jauh. Sedangkan paragraf 2: untuk mengamati benda langit tidak harus menggunakan alat yang canggih dan mahal.

11) Apa pelajaran yang dapat kamu ambil setelah membaca dan memahami teks “Percobaan Membuat Teleskop Sederhana”?
Jawab: Pelajaran yang dapat saya ambil adalah membuat teleskop itu tidak harus canggih dan mahal, cukup dengan alat dan bahan yang mudah ditemukan kita bisa membuat teleskop yang sederhana dan kita bisa melihat bintang dan planet planet terdekat dengan harga yang murah.