Penyusunan Laporan Prakerin yang Tepat

Posted on

Tidak sedikit orang yang masih kurang paham dalam menyusun laporan PKL atau prkerin, olehnya itu pada atikel ini kami bagikan cara menyusun laporan prakerin yang baik dan tepat.

Para peserta kegiatan PKL (Praktek Kerja Lapangan) mempunyai kewajiban yang harus dipenuhi untuk menyelesaikan laporan ini. Laporan PKL (Praktek Kerja Lapangan) ini nantinya disusun saat para peserta selesai menyelesaikan kegiatan secara langsung di tempat praktek kerjanya sesuai dengan jurusan yang diambil.

Hasil laporan PKL (Praktek Kerja Lapangan)/Prakerin haruslah disusun berdasarkan kaedah ilmiah seperti jenis huruf, format tulisan, dan batas ukuran halaman harus disesuaikan dengan aturan yang berlaku.

Bagi dunia pendidikan, hasil laporan PKL (Praktek Kerja Lapangan) sangat berguna sebagai salah satu hasil penelitian ilmiah. Hasil laporan ini bisa digunakan untuk menciptakan inovasi penemuan baru dalam dunia pengetahuan yang mengaitkan antara dunia kerja dengan teori ilmu pengetahuan.

Penyusunan laporan PKL (Praktek Kerja Lapangan) diantaranya adalah sebagai berikut :

Cover

Cover adalah halaman depan dari sebuah laporan pkl. Pada halaman depan (sampul) cover berisi judul, logo sekolah, biodata pembuat, tahun penulisan laporan tersebut dibuat. Jika kamu masih bingung bisa langsung lihat contohnya di bawah

PELAJARI:  Menangkap Makna Teks Tantangan "Bikin Tambah Macet, Kebijakan Mobil Murah Digugat ke MA"

Daftar Isi

Daftar isi adalah gambaran menyeluruh tentang isi sebuah laporan yang mempunyai halaman supaya pembaca mudah dalam memahami serta mencari isi laporan tersebut

Didalam Daftar isi terdapat :

BAB 1 Pendahuluan

Dalam daftar isi berisikan latar belakang, dasar hukum, maksud dan tujuan diadakannya penelitian, dan metode pengumpulan data. penjelasan :

  • Latar Belakang: berisikan latar belakang perusahaan yaitu tempat dimana kamu PKL (Praktek Kerja Lapangan).
  • Dasar Hukum: berisikan UU yang digunakan sebagai dasar dalam kegiatan operasional perusahaan
  • Maksud dan Tujuan: berisikan maksud dan tujuan kenapa kamu melaksanakan kegiatan PKL (Praktek Kerja Lapangan).
  • Metode Pengumpulan Data: berisikan dari mana data Pkl (praktek kerja lapangan) itu kamu kumpulkan

BAB 2 Gambaran Umum dari Perusahaan /Instansi yang kamu tempati

Berisikan Sejarah berdirinya Perusahaan (secara umum), dan Struktur Organisasi dalam perusahaan tersebut, penjelasan :

  • Sejarah Prusahaan: berisikan sejarah perusahan mulai dari lahirnya perusahan (detail), visi dan misi perusahaan.
  • Struktur Organisasi: berisikan struktur organisasi dalam perusahaan tersebut mulai dari direktur utama, kepala divisi, hingga sub bagian yang paling bawah.
PELAJARI:  Mengklasifikasi Teks Rekaman Percobaan "Jebakan Tikus Sederhana"

BAB 3 Laporan Kegiatan: berisikan Pelaksana Kegiatan dan Hasil Kegiatan, penjelasan :

  • Pelaksana Kegiatan: berisikan kegiatan atau tugas PKL (Praktek Kerja Lapangan) kamu mulai dari awal kamu mulai sampai selesai.
  • Hasil Kegiatan: berisikan rincian hasil kegiatan yang kamu dapat selama melakukan/menjalani PKL (Praktek Kerja Lapangan).

BAB 4 Penutup: berisikan Kesimpulan dan Saran, penjelasan :

  • Kesimpulan: berisikan Kesimpulan perusahaan tempat kalian menjalani PKL (Praktek Kerja Lapangan). (kesimpulan dari BAB 1, BAB 2,dan BAB 3)
  • Saran: berisikan saran dari kamu untuk sekolah tempat kamu belajar dan perusahaan tempat kamu menjalani PKL (Praktek Kerja Lapangan)

Lembar Pengesahan

kata pengantar berisi Judul sebuah laporan pkl, identitas penyususn, serta tanggal pembuatan laporan yang ditanda tangani oleh pihak tertentu, seperti pengajar/pembimbing.

Kata Pengantar

Kata pengantar disini berisi tentang ungkapan dari penulis mengenai karya atau laporan yang ditulisnya.

Isi

Isi merupakan bagian sebuah laporan dalam bagian isi inilah inti laporan pkl/prakerin diruliskan, Pada bagian ini akan ada banyak BAB yang dibahas.

Daftar Pustaka

Daftar pustaka berisi tentang sumber referensi dari penulis dalam menyusun laporan yang harus dicantumkan. lebih jelasnya sudah saya sertakan dalam contoh dibawah

PELAJARI:  Verba Material dan Verba Tingkah Laku(Pengertian dan Contoh

Lampiran

merupakan data-data yang mungkin terlalu banyak apabila dimasukkan dalam halaman utama/dokumen, dalama bagian lampiran ini dapat berisi tulisan, gambar, atau penjelsan lebih lanjut mengenai suatu topik tertentu dalam sebuah laporan.