Kewajiban dan Hak Terhadap Hewan dan Tumbuhan Peliharaan

Memelihara hewan dan tanaman peliharaan memang merupakan sebuah hobi yang cukup menyenangkan untuk dilakukan oleh anak – anak dan ibu rumah tangga.

Meskipun terlihat sepele tetapi membutuhkan kerja keras, persiapan dengan baik, melaksanakan riset dan menyayangi hewan dan tumbuhan peliharaan anda tanpa pamrih. Sebenarnya tidaklah terasa berat untuk dilakukan, yang terpenting adalah anda menyukai kegiatan yang bersangkutan.

Masing – masing hewan dan tanaman peliharaan membutuhkan waktu, uang dan kasih sayang. Khususnya terhadap hewan peranakan dan tanaman hias tertentu yang mempunyai berbagai kebutuhan khusus. Maka dari itu pastikan anda menginginkan memelihar hewan dan tanaman peliharaan dalam jangka waktu panjang.

Apabila anda mempunyai anak maka pastikan untuk memelihara hewan dan tumbuhan peliharaan yang aman untuk anak – anak.

 

Jika anda berencana untuk pindah atau akan mengubah gaya hidup secara drastis maka hindari memelihara hewan atau tumbuhan tertentu hingga hidup anda stabil.

Disarankan untuk memelihara hewan dan tanaman yang sesuai dengan gaya hidup dan pastikan anda memilih salah satu diantaranya yang cocok dengan anda dan keluarga.

Jadi sebelum memilih hewan dan tanaman apa yang tepat untuk dipelihara maka lakukan riset terkait dengan perilaku dan kebutuhan hewan yang anda suka.

BACA:  Pengaruh Suhu Bagi Proses Fotosintesis

Buka pikiran anda dan dengan demikian anda akan bisa fokus untuk memilih salah satu diantaranya. Selanjutnya perhatikan kebutuhan umum yang diperlukan oleh hewan dan tanaman tersebut.

Kewajiban dan Hak Terhadap Hewan dan Tanaman

Kehidupan di alam semesta akan berlangsung dengan teratur dimana manusia diharuskan untuk menjalani sebuah kehidupan yang saling berdampingan antara manusia dengan mahkluk hidup yang lainnya dengan tetap menjaga keseimbangan alam di dalamnya.

Manusia mempunyai banyak kewajiban dalam menjaga adanya harmonisasi alam yang seimbang termasuk terhadap hewan dan tanaman peliharaan.

Nah berikut di bawah ini kami berikan beberapa kewajiban dan hak yang dimiliki oleh hewan dan tanaman peliharaan anda agar kesejahteraan mereka terjamin.

  • Hewan dan tanaman peliharaan berhak keberadaannya dilestarikan dan dilindungi terutama untuk jenis hewan dan tanaman yang dilindungi. Anda sebagai pemeliharanya wajib melakukan hal ini.
  • Tidak menyakiti hewan dan tumbuhan yang dipelihara tanpa alasan yang jelas seperti memelihara hanya untuk bersenang – senang saja.
  • Menganggap bahwa binatang dan tanaman peliharaan adalah sama dengan anda sebagai manusia yaitu adalah mahkluk ciptaan tuhan sehingga harus diperlakukan dengan baik.
  • Tidak memanfaatkan sumber daya yang tersimpan pada hewan dan tanaman peliharaan dengan cara yang berlebihan.
  • Menjaga keberadaan hewan dan tumbuhan bersangkutan agar tidak punah.
BACA:  Pengertian Konduktor dan Isolator Fungsi dan Contohnya

Apabila kewajiban – kewajiban tersebut di atas bisa dipenuhi maka manusia memiliki hak – haknya terhadap keberadaan hewan dan tumbuhan yang sedang anda pelihara tersebut.

Hak yang diperoleh oleh manusia terhadap hewan dan tumbuhan adalah manusia berhak untuk memanfaatkan sumber daya yang tersimpan di dalam tubuh hewan dan tanaman guna pemenuhan kebutuhan hidup mereka.

Contohnya adalah mempergunakan daging binatang terutama kelompok binatang ternak untuk kebutuhan pangan. Memanfaatkan kulit dan bulu binatang untuk bahan membuat pakaian, serta memanfaatkan tumbuh – tumbuhan untuk kebutuhan pangan, obat – obatan, dan keperluan hidup manusia lainnya.

Meskipun manusia mempunyai hak untuk memanfaatkan keberadaan hewan dan tumbuhan, manusia tetap harus memperhatikan kewajiban yang diharuskan dilakukan dengan tidak memanfaatkan hewan dan tumbuhan peliharaan secara berlebihan serta mengikuti peraturan – peraturan yang berlaku dalam masyarakat demi untuk kebaikan bersama dan keselarasan alam.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang hak dan kewajiban terhadap hewan dan tumbuhan peliharaan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.