Membedakan Teks Rekaman Percobaan

5/5 - (1 vote)

Pada bagian ini kamu ditugaskan untuk membedakan teks rekaman percobaan dengan teks prosedur. Kedua teks tersebut dapat dibedakan dari segi struktur dan kebahasaannya. Dengan begitu, kamu dapat menyusun sebuah teks yang tepat.

 

Sekarang coba bacalah dan cermati dua teks berikut ini, kemudian tentukan struktur teksnya.

Teks 1

Membuat Tinta Tidak Terlihat

Struktur tujuan serta alat dan bahan

Kalimat
Pernahkah kamu menyampaikan sesuatu yang bersifat rahasia? Kalau pernah, tentu kamu tidak ingin orang lain mengetahui rahasia tersebut. Berikut ini adalah salah satu cara untuk menyampaikan sesuatu agar orang lain tidak mengetahuinya. Hal itu dapat dilakukan dengan menggunakan tinta yang tidak dapat dilihat oleh orang lain. Kamu dapat menggunakan cara ini untuk menyampaikan pesan rahasia kepada temanmu.

Pertama-tama, siapkan alat dan bahan berikut!

  • Lemon
  • Air
  • Sendok
  • Mangkuk
  • Cotton bud
  • Kertas putih
  • Lampu bohlam

 

Struktur langkah-langkah

Kalimat
Setelah alat dan bahan sudah siap, ikuti langkah-langkah berikut ini!

  1. Peras jus lemon ke dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes air!
  2. Aduk air dan jus lemon dengan sendok!
  3. Celupkan cottonbud ke dalam campuran dan tulislah pesan di atas kertas putih!
  4. Tunggu jus tersebut kering sehingga tidak terlihat!
  5. Untuk membaca pesan rahasia yang kamu tuliskan atau ingin memperlihatkannya ke orang lain, kamu dapat melakukan dengan memanaskan kertas yang dipegang dekat bola lampu!

Struktur hasil

Kalimat
Setelah melalui langkah-langkah tadi, kini kamu telah mengetahui bagaimana cara membuat tinta tidak terlihat. Kamu dapat menggunakan cara ini untuk menulis sesuatu yang sifatnya rahasia. Tinta yang tidak terlihat ini merupakan reaksi kimia. Jus lemon adalah senyawa organik yang dapat teroksidasi dan berubah warna menjadi cokelat ketika dipanaskan. Pengenceran jus lemon dalam air membuat tulisan sulit untuk dilihat ketika kamu menuliskan pesan di kertas. Dengan demikian, tidak seorang pun menyadari keberadaan tulisan itu sampai dengan dipanaskan dan pesan rahasia terungkap.

Struktur simpulan

Kalimat
Zat lain yang dapat bekerja dengan cara yang sama, antara lain, jus jeruk, madu, susu, jus bawang, cuka, dan anggur. Tinta tidak terlihat juga bisa dibuat dengan menggunakan reaksi kimia atau melihat cairan tertentu melalui sinar ultraviolet (UV).

Setelah kamu menentukan struktur teks “Membuat Tinta Tidak Terlihat” tersebut, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1) Apa tujuan percobaan tersebut?
Jawab: Untuk membuat tinta tidak terlihat.

2) Alat apa sajakah yang harus dipersiapkan?
Jawab: Alat yang harus dipersiapkan adalah Mangkuk, cotton bud dan lampu bohlam.

3) Sebutkan langkah-langkah pembuatan tinta tidak terlihat?
Jawab: Langkah-langkah dalam membuat tinta tidak terlihat adalah sebagai berikut:

  1. Peras jus lemon ke dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes air!
  2. Aduk air dan jus lemon dengan sendok!
  3. Celupkan cottonbud ke dalam campuran dan tulislah pesan di atas kertas putih!
  4. Tunggu jus tersebut kering sehingga tidak terlihat!
  5. Untuk membaca pesan rahasia yang kamu tuliskan atau ingin memperlihatkannya ke orang lain, kamu dapat melakukan dengan memanaskan kertas yang dipegang dekat bola lampu!

4) Apakah yang dihasilkan dari percobaan tersebut!
Jawab: Yang dihasilkan dari percobaan tersebut adalah tinta yang tidak terlihat dan bersifat rahasia.

5) Apakah kamu setuju dengan simpulan tersebut?
Jawab: Saya setuju dengan smpulan itu karena simpulan pada teks tersebut sudah menjelaskan kembali inti dari bagian-bagian teks diatas.

Teks 2

Kenaikan Tarif Tol Tidak Mempertimbangkan Hak Konsumen

Struktur isu (masalah)

Kalimat
Tarif ruas tol akan kembali naik. Kali ini, PT Jasa Marga bakal menaikkan tarif ruas Tol Sedyatmo mulai Jumat (19/9). Penaikan ini dinilai tidak adil karena tidak mempertimbangkan hak konsumen sebagai pengguna jasa.

Struktur argumen menentang

Kalimat
Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi, mengatakan sudah berulang kali kenaikan tarif tol dianggap tidak adil karena berdasarkan regulasi mengatur kenaikan tarif tol setiap dua tahun, berlandaskan laju inflasi. “Ini tidak adil karena hak-hak konsumen serta hanya melainkan juga kemanfaatan jalan tol bagi pengguna,” tuturnya saat dihubungi SH, Senin (15/9) pagi.

Menurutnya, fakta selama ini, kenaikan tarif tol tidak sebanding kualitas layanan. Pertumbuhan pembangunan jalan tol yang relatif lambat juga tidak mampu mengimbangi pertumbuhan kendaraan.

Sebagai contoh grafik kecepatan rata-rata semakin bertambah sehingga waktu tempuh kendaraan lebih efisien dari segi waktu. Lihat saja kecepatan rata-rata kendaraan yang melintasi tol dalam kota setiap hari, dari arah Jagorawi menuju Semanggi, padatnya luar biasa.Jarak tempuh bisa 2-3 jam, sangat macet sekali,” ucapnya.

Tulus menyebutkan, sudah sejak lama pihaknya mengusulkan agar Undang-Undang (UU) dan Peraturan Pemerintah (PP) tentang Jalan direvisi agar tidak hanya berpihak kepada investor dan operator jalan tol. “Standar pelayanan minimum (SPM) pun harus ditingkatkan standarnya, tidak hanya itu-itu saja selama puluhan tahun. Masak tarif sudah naik, tetapi SPM tidak naik, malah turun standarnya,” tutur Tulus.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) di tol Prof. Dr. Ir. Sedyatmo akan menaikkan tarif 7,14—18,75 persen mulai Jumat mendatang, sejak pukul 00.00 WIB. Dengan kenaikan itu, PT Jasa Marga memperkirakan pendapatan perusahaan akan naik sekitar Rp100 juta per hari .

Pejabat PT Jasa Marga Tbk, Taruli M. Hutapea, mengatakan sampai Juli 2014 lalu lintas harian rata-rata (LHR) ruas tol sepanjang 14,3 kilometer (km) itu mencapai 204.000 kendaraan per hari, dengan pendapatan Rp1,1 miliar setiap hari. “Jumlah LHR ini masih sedikit di bawah target yang ditetapkan perusahaan,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, ruas Tol Sedyatmo ini menyumbang 6 persen dari seluruh ruas tol Jasa Marga. Sejauh ini, pendapatan keseluruhan perusahaan pelat merah ini dalam bisnis jalan tol mencapai Rp18 miliar per hari.

Struktur simpulan

Kalimat
Para pakar menyarankan pemerintah, dalam hal ini PT Jasa Marga, untuk menunda penaikan tarif tol tersebut mengingat efek yang ditimbulkan penaikan tersebut akan sangat terasa bagi kalangan menengah ke bawah.

Setelah kamu menentukan struktur dan jenis teks “Kenaikan Tarif Tol Tidak Mempertimbangkan Hak Konsumen” tersebut, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1) Isu apa yang disampaikan di dalam teks tersebut?
Jawab: Isu yang ingin disampaikan dalam teks tersebut adalah mengenai keterlibatan dari para konsumen selaku penyumbang pemasukan tol dalam hal pengambilan keputusan kenaikan harga.

2) Pada paragraf ke berapa masyarakat menolak atau menyanggah
kenaikan tarif tol?
Jawab: Pada paragraf ke 5 masyarakat menolak atau menyanggah kenaikan tarif tol.

3) Mengapa kebijakan penaikan tarif ditolak oleh berbagai kalangan?
Jawab: Kebijakan penaikan tarif ditolak oleh berbagai kalangan karena pada dasarnya tidak melibatkan pendapat konsumen, selain itu pemerintah dianggap tidak sensitif terhadap situasi saat ini di mana perekonomian lesu dan tidak banyak pemasukan kepada konsumen.

4) Apa saran para pakar untuk kebijakan penaikan tarif tol?
Jawab: Saran pakar sebaiknya ada subsidi silang terhadap konsumen. Dalam hal ini kendaraan yang memiliki kualifikasi paling baik akan membayar lebih mahal biaya tol. Yang kedua adalah peningkatan kualitas tol dan membuat jalan tol bebas macet. Apabila harga yang diberikan memang memberikan kualitas pelayanan. Maka konsumen tidak akan segan untuk membayar lebih mahal.

5) Apa simpulan teks tersebut?
Jawab: Simpulan dari teks diatas yaitu konsumen merupakan stakeholder atau pihak yang terlibat secara langsung terhadap pelaksanaan tol, mengabaikan mereka sama saja tidak menghargai pelaksanaan project itu sendiri.

6) Teks manakah yang termasuk teks rekaman percobaan berdasarkan struktur yang membangun teks itu?
Jawab: Pada teks pertama termasuk teks rekaman percobaan yang dilihat dari struktur yang membangun teks tersebut

7) Berikan alasan mengapa teks tersebut kamu anggap sebagai teks rekaman percobaan!
Jawab: Teks pertama merupakan teks rekaman percobaan dikarenakan pada teks pertama sudah sesuai dengan struktur dari teks rekaman percobaan, mulai dari bagian tujuan, langkah-langkah, hingga hasilnya. Semua isi teks tersebut dapat mengisi bagian-bagian dari struktur teks rekaman percobaan.