Cara Membuat dan Menyusun Teks Eksposisi yang Baik

Menyusun teks eksposisi sama halnya dengan kamu mengarang teks eksposisi. Menyusun adalah keterampilan berbahasa, dimana kamu harus menguasai kosakata, diksi, penyusun kalimat, dan pembentuk paragraf.

Unsur penting sebuah karangan yaitu bentuk dan isi. Bentuk berhubungan dengan bahasa. sebaliknya, isi berhubungan dengan materi dalam karangan. Ciri-ciri karangan baik sebagai berikut.

1. Berisi hal-hal yamg bermanfaat
Karangan harus memenuhi kebutuhan pembaca. Karangan tidak perlu panjang. Karangan juga tidak harus mendalam, tetapi memberikan manfaat bagi pembaca.

2. Pengungkapan jelas
Kejelasan karangan memudahkan pembaca memahami isi karangan. Semakin jelas isi karangan, pembaca akan semakin jelas memahami isi karangan

3. Efektif dan Efisien
Karangan yang disusun harus menggunakan kata-kata yang ringkas, tetapi dapat menjangkau makna yang luas. Kata-kata yang ringkas sangat penting dalam mengarang.

Cara Membuat dan Menyusun Teks Eksposisi

Selain kemampuan berbahasa yang baik, ada beberapa langkah yang harus Anda perhatikan agar dapat membuat teks eksposisi yang baik. Beberapa langkah tersebut, sebagai berikut.

PELAJARI JUGA:  Mengidentifikasi Nilai-nilai dan Isi Hikayat

1. Menentukan topik yang akan disajikan

Langkah pertama yang harus dilakukan saat membuat teks eksposisi adalah menentukan tema. Dengan menentukan tema, pada saat menulis kita lebih terfokus pada tema tersebut sehingga dapat lebih menjiwai tulisan yang dibuat. Adapun sifat topik-topik yang dikembangkan dalam teks eksposisi, sebagai berikut.

  • Data faktual, yaitu kondisi yang benar-benar terjadi, ada, dan dapat bersifat historis tentang bagaimana suatu alat bekerja, bagaimana suatu peristiwa terjadi, dan sebagainya.
  • Suatu analisis atau penafsiran objektif terhadap seperangkat fakta.
  • Fakta tentang seseorang yang berpegang teguh pada suatu pendirian.

2. Menentukan tujuan eksposisi

Setelah menentukan topik yang akan dipaparkan, kita harus memiliki tujuan yang nantinya akan memberikan penjelasan dan pemahaman kepada pembaca.

3. Memilih data yang sesuai dengan tema

Setelah menentukan tema dan tujuan penulisan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengumpulkan data atau bahan yang diperlukan dalam penulisan teks eksposisi. Bahan dapat diperoleh dari buku, majalah, pencarian di internet, surat kabar, maupun wawancara langsung.

PELAJARI JUGA:  Unsur-Unsur Buku Harian

4. Membuat kerangka karangan

Sebelum pembuatan karangan eksposisi, terlebih dahulu membuat kerangkanya secara lengkap dan sistematis.

5. Pembahasan dengan mengembangkan kerangka karangan

Setelah kerangka karangan tersusun, mengembangkan secara lebih lengkap lagi agar ciri-ciri eksposisi dapat tersalurkan, eksposisi yang bersifat informatif, objektif, dan logis. Dalam karangan ini, pengarang lebih menjelaskan maksud dari topiknya itu dengan menyertakan bukti-bukti yang konkret sebagai penunjang dari pembahasan itu.

6. Membuat kesimpulan

Sesuai dengan tujuan menuliskan sebuah karangan eksposisi, kesimpulan harus sejalan, bahkan harus memperkuat tesis tersebut.