Peredaran Darah Terdeoksigenasi

Posted on

Saat jantung berkontraksi dan pasukan darah ke dalam pembuluh darah, ada jalan tertentu yang mengikuti darah melalui tubuh. Darah bergerak melalui sirkulasi paru dan kemudian berlanjut pada melalui sirkulasi sistemik.

Paru dan sistemik adalah dua sirkuit dalam sistem dua sirkuit hewan yang lebih tinggi dengan sistem peredaran darah tertutup. Manusia dan mamalia lain memiliki dua sirkuit sistem peredaran darah: satu sirkuit untuk sirkulasi paru (sirkulasi ke paru-paru, pulmo = paru-paru), dan sirkuit lainnya adalah untuk sirkulasi sistemik (seluruh tubuh).

Karena setiap atrium dan ventrikel kontrak, darah dipompa ke pembuluh darah utama tertentu, dan dari sana, terus melalui sistem peredaran darah.

Darah Terdeoksigenasi

Darah terdeoksigenasi adalah darah yang kurang oksigen. Darah ini baru saja ditukar oksigen untuk karbon dioksida di membran sel, dan sekarang berisi sebagian besar karbon dioksida. Terdeoksigenasi darah memasuki atrium kanan melalui vena kava superior dan vena cava inferior.

PELAJARI:  Beberapa Jenis Hubungan Antarmakhluk Hidup

Unggul berarti lebih tinggi, dan lebih rendah berarti lebih rendah, sehingga vena kava superior adalah di bagian atas atrium kanan, dan vena cava inferior memasuki bagian bawah atrium kanan.

Dari atrium kanan, darah mengalir terdeoksigenasi ke ventrikel kanan melalui atrioventrikular kanan (AV) katup, yang dinamakan demikian karena itu adalah antara atrium dan ventrikel. Katup ini juga disebut sebagai katup trikuspid karena memiliki tiga flaps dalam strukturnya.

Ketika kontrak ventrikel, katup AV menutup off pembukaan antara ventrikel dan atrium sehingga darah tidak mengalir kembali ke atrium. Sebagai kontrak ventrikel kanan, memaksa darah terdeoksigenasi melalui katup semilunar paru dan ke arteri pulmonalis. Semilunar berarti setengah bulan dan mengacu pada bentuk katup.

PELAJARI:  Pengertian Fertilisasi (pembuahan) Serta Contohnya

Catatan bahwa ini adalah satu-satunya arteri dalam tubuh yang mengandung darah terdeoksigenasi; semua arteri lainnya mengandung darah beroksigen. Katup semilunar membuat darah mengalir kembali ke ventrikel kanan setelah berada di arteri paru-paru. Arteri pulmonalis membawa darah yang sangat rendah oksigen ke paru-paru, di mana ia menjadi oksigen.