Sumber Daya Alam Yang Bisa Diperbaharui dan Yang Tidak Bisa Diperbaharui

Secara garis besar sumber daya alam terbagi ke dalam 2 jenis yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui.

Masing – masing sumber daya alam bersangkutan menyimpan andil besar terhadap keberlangsungan hidup manusia. Cara pelestariannya pun berbeda – beda tergantung dari jenisnya.

Untuk jenis sumber daya alam yang bisa diperbaharui adalah termasuk ke dalam kelompok / jenis dapat tersedia secara terus – menerus dengan bantuan manusia.

Sedangkan sumber daya alam yang sulit untuk diperbaharui adalah yang memiliki jumlah terbatas. Jenis ini apabila digunakan secara terus – menerus dan sewenang – wenang tanpa aturan maka ke masa depan akan habis. 

 

Sumber Daya Alam Yang Mudah Diperbaharui

Sumber daya alam yang bisa dengan mudah diperbaharui adalah kelompok sumber daya alam yang memiliki ketersediaan di muka bumi ini selalu ada sehingga manusia tidak akan merasa khawatir saat memakai untuk beragam keperluan karena tidak akan habis.

Meskipun dianggap mudah, tetap saja anda perlu waspada dan berhati – hati untuk tidak mengeksploitasi sumber daya jenis ini karena bisa saja karena kelalaian manusia menyebabkan kerusakan.

Beberapa  jenis  sumber daya alam yang mudah diperbaharui adalah sebagai berikut :

1/Sinar matahari

Matahari memiliki cahaya yang selalu siap menerangi bumi selama bumi masih menjadi salah satu gugusan planet yang terletak dalam sistem tata surya.

Meskipun saat ini sinar matahari terkesan terasa berlebihan karena adanya pemanasan global yang menyebabkan lapisan ozon mulai menipis sehingga filter yang tersedia sangat tipis dan inilah yang menyebabkan sinar matahari berbalik menjadi berbahaya.

2/Angin dan air

Sama halnya dengan angin, air merupakan salah satu benda yang memiliki peranan penting untuk kebrlangsungan hidup manusia. Tanpa adanya angin dan air maka makhluk hidup di dunia ini bisa merana dan sengsara alias mati.

BACA:  Manfaat Virus untuk Kehidupan

Maka dari itu penting sekali untuk selalu melestarikan kebersihan air dengan cara tidak mencemarinya. Air yang tercemar berarti bisa mengancam kehidupan seluruh makhluk hidup di muka bumi ini.

3/ Tumbuhan

Semua jenis tumbuhan yang hidup di muka bumi ini dan produk turunannya seperti karet atau lateks, biosolar, kapas, pala, kopra, minyak nilam, biodiesel, pupuk kompos, minyak gondorukem, alkohol, spitrus, terpertin dan yang lainnya tetap mempertahankan ketersediaan tumbuhan di dunia dengan melakukan penanaman kembali dan dilarang melakukan eksploitasi hutan secara sembarangan.

4/ Semua Jenis Hewan

Semua jenis hewan disertai produk – produk turunan seperti kain, wol, sutra dan yang lainnya. Bisa dilakukan dengan cara budidaya hewan agar ketersediaan hewan tetap terjaga.

Dikenal beberapa jenis hewan yang hampir punah sehingga hewan bersangkutan tidak dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Maka dari itu penting sekali melindungi keberadaan hewan yang hampir punah tersebut karena memberikan banyak keuntungan.

5/Tanah

Tingkat kesuburan tanah perlu dijaga meskipun sepanjang zaman kondisi tanah tidak akan pernah hilang dan habis. Manusia hendaknya dilarang mencemari tanah karena tanah adalah tempat hidup bagi seluruh mahkluk hidup di dunia ini.

6/Mutiara

Merupakan salah satu benda bernilai tinggi yang diperoleh dari hewan bernama kerang. Saat ini ada banyak sekali tempat untuk melakukan budidaya kerang mutiara karena dianggap sebagai bidang yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Sumber Daya Alam Yang Tidak Mudah Diperbaharui

1/Minyak bumi

Minyak bumi adalah sumber daya alam terbesar yang sangat dibutuhkan oleh manusia saat ini. Yang mana diketahui bahwa manusia hidup membutuhkan energi guna menjalankan semua aktifitasnya masing – masing.

Minyak bumi banyak diolah menjadi hasil olahan sebagai penghasil energi yang terbanyak dimanfaatkan manusia sejak zaman dulu. Contohnya adalah untuk menyalakan listrik, menyalakan mesin – mesin pabrik, menggerakkan kendaraan bermotor, dan lain – lainnya.

BACA:  Pengertian dan Contoh Hewan Kamuflase

Di bumi ini minyak bumi jumlahnya sangat terbatas dan tidak dapat diperbarui. Ini disebabkan karena minyak bumi terbentuk dari endapan mahkluk mikroorganisme pada zaman purba yang membutuhkan waktu jutaan tahun untuk melalui rangkaian proses menjadi minyak bumi.

2/Gas Bumi

Beruntunglah negara Indonesia karena merupakan salah satu negara yang menyimpan gas bumi paling melimpah di dunia ini. Biasanya sumber gas bumi ini tersimpan berdekatan dengan sumber minyak bumi. Seperti minyak bumi, gas bumi mempunyai kegunaan utama sebagai penyedia energi.

Gas bumi difungsikan untuk menyalakan listrik, bahan bakar untuk memasak atau bahan bakar penggerak mesin. Manusia wajib menjaga ketersediaan gas bumi dengan berusaha membuat alternatif penggantinya atau dengan membatasi pemakaiannya.

3/Emas

Emas adalah termasuk ke dalam salah satu jenis dari bebatuan alam. Di dunia, emas sebagian besar digunakan sebagai alat pembayaran atau untuk perhiasan yang bernilai jual sangat mahal.

Di bumi emas jumlahnya sangat terbatas. Ini disebabkan karena butiran emas terbentuk dari proses alam yang terjadi di dalam perut bumi.

Anda sebagai manusia haruslah bijaksana dalam pemakaiannya. Jangan sampai anak cucu anda di masa depan tidak dapat menikmati keindahan alam yang dipancarkan dari kilau emas karena keserakahan di masa kini.

4/Batubara

Jenis bebatuan ini tidak termasuk ke dalam bebatuan mineral. Batubara tersusun dari bahan – bahan yang sangat mudah untuk dibakar.

Batubara ada di bumi melalui proses pembusukan bagian batang tanaman besar. Sisa – sisa tanaman akan membentuk gambut untuk selanjutnya mengendap pada suatu tempat di permukaan bumi.

Tekanan dari penimbunan dan gerakan tanah, kumpulan gambut yang mulai mengeras tersebut pada akhirnya berubah menjadi batubara. Batubara bermanfaat sebagai sumber energi seperti sebagai bahan bakar kereta api dan kapal laut.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang sumber daya alam yang bisa diperbaharui dan yang tidak bisa diperbaharui. Semoga bermanfaat.