Cara Seru Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Sebagai bahasa Internasional, Bahasa Inggris dapat dikatakan bahasa asing yang wajib dipelajari karena manfaatnya yang besar dalam dunia pendidikan dan karir yang semakin global.

Tidak semua orang dapat mempelajari bahasa Inggris dengan mudah karena kemampuan dan preferensi model pembelajaran yang juga berbeda-beda.

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris seperti mengambil kursus di lembaga bahasa, kursus privat, bergabung dalam komunitas bahasa, dan lain sebagainya.

Selain belajar dalam kelompok melalui cara-cara tersebut, belajar Bahasa Inggris secara otodidak juga dapat dicoba. Berikut adalah beberapa manfaat belajar secara otodidak.

1. Waktu dan Tempat Belajar yang Fleksibel

Belajar secara otodidak dapat dilakukan kapan dan dimanapun sesuai keinginan kita. Jika kita tidak memiliki cukup waktu untuk mengambil kursus, kita bahkan dapat belajar di waktu istirahat sekolah/kuliah dan dalam waktu senggang.

2. Pilihan Media Belajar yang Sesuai Keinginan

Kita bebas memilih media apa yang kita gunakan untuk belajar bahasa Inggris, hal ini dapat kita sesuaikan dengan metode belajar yang kita suka, baik buku, media digital dan lain sebagainya. Tentu hal ini dapat kita sesuaikan dengan biaya yang kita mampu keluarkan.

Manfaat belajar otodidak di atas dapat digabungkan dengan beberapa pilihan cara seru belajar bahasa Inggris seperti berikut.

PELAJARI JUGA:  Batuan Beku yang Banyak di Alam

1. Mendengarkan Musik Berbahasa Inggris

Bagi para penyuka musik, lagu dapat menjadi salah satu cara seru belajar Bahasa Inggris. Dengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris secara rutin dan tidak lupa untuk membaca liriknya. Membaca lirik dan mendengarkan lagu akan membantu kemampuan kita dalam pelafalan kosakata Bahasa Inggris.

Tak hanya itu, lagu merupakan salah satu media yang dapat memudahkan kita menghafal kosakata berbahasa Inggris karena saat mendengarkan lagu, tak jarang kita akan ikut bersenandung dan memahami arti lagu tersebut.

2. Menonton Film Berbahasa Inggris

Jika lagu dapat dikategorikan media berbasis audio, maka film dapat menjadi media visual yang tepat dalam belajar Bahasa Inggris secara otodidak.

Luangkan waktu untuk menonton film berbahasa Inggris, baik dengan teks terjemahan dalam Bahasa Indonesia maupun yang tidak (untuk tingkat kesulitan yang lebih tinggi).

Cara ini dapat mengasah pelafalan sekaligus pilihan kosakata yang dapat kita gunakan dalam percakapan Bahasa Inggris.

Tidak hanya film, saat ini banyak acara TV dan liputan berita berbahasa Inggris yang dapat kita akses dengan mudah. Semua media tersebut dapat kita manfaatkan untuk belajar Bahasa Inggris secara otodidak.

PELAJARI JUGA:  Anatomi akar

3. Menulis Buku Harian dan Agenda dalam Bahasa Inggris

Cara ke-3 belajar Bahasa Inggris secara otodidak adalah dengan membiasakan diri menulis jadwal dalam Agenda maupun menulis buku harian dalam Bahasa Inggris.

Cara ini dapat dilakukan secara rutin setiap harinya. Dengan menulis jadwal dan buku harian dalam Bahasa Inggris, kemampuan menulis Bahasa Inggris kita pun dapat terasah dengan baik melalui pilihan kata, cara merangkai kalimat, latihan tata bahasa yang benar dan masih banyak lagi.

4. Bermain Game

Bermain game tidak selalu identik dengan aktivitas yang tidak bermanfaat. Justru, bermain game berbahasa Inggris dapat menjadi cara seru yang tepat untuk mengasah Bahasa Inggris.

Pilih jenis permainan yang saat ini dapat dengan mudahnya diunduh dalam perangkat elektronik, yang berkaitan dengan belajar Bahasa Inggris, seperti scrabble, sebuah permainan menyusun kata dengan huruf-huruf yang tersedia.