Prasasti-prasasti Kerajaan Tarumanegara

Posted on

Kerajaan Tarumanegara memiliki banyak benda peninggalan sejarah. Peninggalan-peninggalan tersebut dapat menunjukkan letak dari kerajaan Tarumanegara. Nah, berikut ini merupakan peninggalan-peninggalan dari kerajaan Tarumanegara yang perlu kamu ketahui.

  • Prasasti Ciaruteun

Prasasti Ciaruteun ini berada di Ciampea, Bogor, Jawa Barat. Prasasti ini menggambarkan telapak kaki Raja Purnawarman dan lukisan labalaba. Dalam prasasti tersebut menunjukkan bahwa Raja Purnawarman  merupakan perwujudan Dewa Wisnu.

  • Prasasti Jambu

Prasasti Jambu ini berada di Bukit Koleangkak tepatnya di 30 km sebelah barat daya Kota Bogor. Pada prasasti tersebut terdapat kata tarumayam atau Tarumanegara.

  • Prasasti Lebak (Cidanghiang)

Prasasti Lebak ditemukan di Kampung Lebak, Pandeglang, Banten. Prasasti ini menceritakan bahwa Raja Purnawarman sebagai raja yang agung, pemberani, dan perwira.

  • Prasasti Kebon Kopi
PELAJARI:  Macam-macam Kegiatan Ekonomi

Prasasti Kebon Kopi ini berasal dari Kampung Muara Hilir, Bogor. Pada prasasti tersebut ada lukisan telapak kaki Airawata yaitu gajah kendaraan Dewa Wisnu.

  • Prasasti Tugu

Prasasti Tugu ini letaknya adda di Desa Tugu, Cilincing, Jakarta Utara. Prasasti ini ternyata mempunyai tulisan yang terpanjang. Prasasti tersebut menceritakan tentang pembuatan saluran air dari Raja Purnawarman.

  • Prasasti Pasir Awi

Prasasti Pasir Awi ini ditemukan di Pasir Awi, Bogor, Jawa Barat. Prasasti ini belum bisa dibaca karena dalam huruf ikal dan terdapat lukisan kaki..

  • Prasasti Muara Cianten

Prasasti Muara Cianten ini ditemukan di Muara Cianten, Bogor, Jawa Barat. Prasasti Pasir Awi ini juga belum dapat terbaca.

PELAJARI:  Mengembangkan Cerita Rakyat ke dalam Bentuk Cerpen

Nah, selain prasasti ternyata juga  ditemukan beberapa arca seperti arca Rajarsi yang ditemukan di Jakarta. Di Desa Cibuaya ditemukan arca Wisnu Cibuaya I dan arca Wisnu Cibuaya II.