Vitamin Yang Ada dalam Kandungan Buah Tomat

Apakah anda mengetahui bahwa buah tomat berasal dari Amerika Latin dan kini menjadi salah satu jenis makanan sebagai sumber obat tradisional (herbal) yang telah terkenal sejak ratusan tahun silam.

Tomat dalam dunia nyata cenderung dikenal sebagai sayuran namun yang sebenarnya tomat merupakan salah satu jenis berry yang banyak mengandung antioksidan sangat besar berguna untuk melawan radikal bebas sehingga menjadikan anda tampil awet muda.

Daging tomat mengandung zat lycopene cukup tinggi yaitu sebagai salah satu zat antioksidan yang bermanfaat sebagai media mencegah serangan penyakit kanker prostat.

Lycopene dipercaya dapat melindungi tubuh dari terkena penyakit kardiovaskular dan diabetes, membantu menjaga tubuh tetap bergerak lincah, menambah kesuburan pada pria, menjadikan tampilan anda awet muda dan lebih sehat.

 

Meskipun buah tomat kaya akan kandungan nutrisi, anda tetap harus mengetahui bahwa tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi tomat dalam takaran yang berlebihan.

Seperti kondisi di Inggris, ada sebuah kasus dimana seorang wanita dewasa rutin mengkonsumsi jus tomat per hari hingga 2 liter.

Bukannya mendapatkan kebugaran tubuh seperti manfaat buah tomat pada umumnya, wanita tersebut akhirnya terpaksa melakukan perawatan di rumah sakit karena di dalam tubuhnya terjadi kondisi dimana ia kelebihan zat lycopene.

Zat lycopene dalam porsi pas seharusnya diubah menjadi vitamin A, tetapi karena jumlahnya yang over dosis maka tubuh tidak mampu mengubahnya menjadi nutrisi bermanfaat melainkan dibiarkan menumpuk hingga menjadi racun yang merugikan kesehatan tubuh.

Vitamin terbesar yang terkandung dalam sebutir buah tomat adalah vitamin C. Berdasarkan penelitian kesehatan menjelaskan bahwa kandungan vitamin C di dalam buah tomat jumlahnya lebih besar jika dibandingkan dengan kandungan vitamin C di dalam sebutir buah jeruk.

Vitamin C ini memegang peranan sangat penting guna dibutuhkan oleh tubuh karena bisa untuk menambah kekebalan tubuh, melawan infeksi dan sebagai antioksidan yang ampuh.

BACA:  Penyakit yang Menyerang Menyerang Kesehatan Tulang

Vitamin C berbeda dengan lycopene yang sulit larut dalam air. Vitamin C adalah zat yang mudah larut dalam air sehingga tidak mudah menjadi racun yang mematikan tubuh karena kelebihannya dapat secara langsung dibuang bersama dengan urine.

Kandungan vitamin kedua dalam buah tomat adalah vitamin B9. Berdasarkan atas beberapa penelitian kesehatan menjelaskan bahwa vitamin B9 di dalam buah tomat ampuh untuk mempercepat regenerasi sel sehingga menjadikan tubuh dan pikiran anda menjadi awet muda dan tenang.

Khasiat lain dari vitamin B9 adalah merangsang tubuh untuk bisa memproduksi enzime yang dapat mengontrol homocysteine.

Ini adalah sejenis protein berbahaya yang bersarang di dalam darah dan bila berkembang dalam jumlah berlebihan maka dapat menyebabkan terjadinya masalah pada arteri dan akan membesar sehingga menjadi penyebab utama munculnya serangan jantung.

Buah tomat juga mengandung zat bernama potassium dan folate. Rata – rata kandungan nutrisi ini menjadikan tubuh bugar dan lebih sehat alias awet muda.

Apakah Khasiat Dan Manfaat Dari Buah Tomat Untuk Kesehatan?

Dengan suka mengonsumsi buah tomat setiap hari secara rutin maka bisa membantu memberikan manfaat luarbiasa besar bagi kesehatan tubuh anda.

Berikut di bawah ini kami berikan beberapa khasiat dan manfaat tomat untuk kebugaran dan kesehatan tubuh, antara lain sebagai berikut :

1/Bisa untuk memperlancar sistem pencernaan

Buah tomat ampuh buat menjaga sistem pencernaan di dalam tubuh tetap sehat yaitu dengan mencegah sembelit dan diare.

Adapun serat yang terkandung di dalam daging buah tomat membantu merangsang gerakan peristaltik di dalam otot pencernaan yang halus untuk dapat melepaskan cairan lambung sehingga akan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Gerakan peristaltik disini adalah gerakan – gerakan yang muncul di area otot – otot pada saluran pencernaan yang membuat semacam gerakan gelombang sehingga akan menyebabkan munculnya efek menyedot atau menelan makanan ke dalam saluran pencernaan menjadi lancar.

BACA:  Bakteri Escherichia Coli dan Lactobacillus sp

2/Bisa untuk menjaga kesehatan mata

Buah tomat banyak mengandung vitamin A yang berkhasiat bagus untuk menjaga kesehatan mata anda. Vitamin A merupakan antioksidan yang ampuh buat menangkal radikal bebas serta mencegah terjadinya rabun senja disertai kondisi degenerasi makula.

3/Bisa untuk mencegah kanker

Kandungan likopin cukup besar dalam buah tomat ampuh buat mengurangi resiko anda terserang kanker prostat, kanker kolorektal, dan kanker perut.

Likopen merupakan salah satu zat antioksidan alami yang memiliki sistem kerja cukup efektif dalam memperlambat tumbuhnya sel – sel kanker.

Buah tomat yang diolah menjadi beragam masakan akan menghasilkan likopen dalam jumlah lebih banyak jika dibandingkan dengan buah tomat yang dimakan begitu saja.

4/Ampuh untuk mengurangi kadar kolesterol serta menjaga kesehatan jantung

Likopen dalam daging buah tomat ampuh untuk mencegah oksidasi serum lipid sehingga bisa memberikan efek perlindungan terhadap serangan penyakit kardiovaskular.

Maka dari itu penting untuk setiap hari mengkonsumsi buah tomat unuk dapat menurunkan kadar kolesterol LDL atau trigliserida di dalam darah.

Seperti diketahui bahwa lipid atau lemak di dalam tubuh adalah penyebab utama terjadinya penyakit kardiovaskular. Penyakit ini berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah.

Nah buah tomat mengandung potassium (kalium) yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Kolesterol yang tinggi disertai penyakit tekanan darah tinggi adalah menjadi penyebab utama anda rentan terserang penyakit jantung dan stroke.

Khasiat dan manfaat lain dari buah tomat adalah membantu memperkuat tulang, menjaga kesehatan kulit, dan mencegah depresi.

***

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang ragam vitamin yang ada dalam kandungan tomat. Semoga bermanfaat.